Komunikasi Bisnis Adalah : Definisi dan Jenisnya

Komunikasi Bisnis Adalah berikut definisi, jenis dan manfaatnya
Komunikasi Bisnis Adalah berikut definisi, jenis dan manfaatnya

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah salah satu kunci utama pada kesuksesan suatu perusahaan.

Bagaimana tidak, tanpa adanya komunikasi antar anggota dalam suatu perusahaan, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan sulit untuk berkembang dan mencapai tujuannya.

Oleh karena itu, komunikasi bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan.

Menjalankan perusahaan tentunya bukanlah hal yang mudah. Membawanya ke arah yang lebih baik juga membutuhkan kemampuan komunikasi bisnis yang konsisten.

Komunikasi bisnis memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang bisa membuatnya tumbuh dan berkembang.

Apa Itu Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis adalah kegiatan bertukar pesan yang dilakukan dalam bentuk simbol-simbol dan melibatkan lebih dari satu pihak.

Komunikasi bisnis ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memiliki tujuan komersial, sehingga bentuknya pun berbeda dengan komunikasi pada umumnya.

Yang bukan salah satu alasan kegagalan pebisnis saat menjalankan bisnis adalah komunikasi bisnis, karena ia lebih terarah dan fokus pada kepentingan perusahaan, baik itu dalam wilayah komunikasi internal atau eksternal dari suatu perusahaan.

Jenis-Jenis Komunikasi Bisnis

Berikut adalah jenis-jenis komunikasi bisnis yang biasanya sering dijumpai dalam kepentingan bisnis suatu perusahaan :

1. Komunikasi Bisnis Internal

Komunikasi bisnis internal ini merupakan komunikasi bertukar pesan yang dilakukan antar karyawan dalam satu perusahaan yang meliputi :

Baca juga  Fitur Terbaru Windows 11 Berikut Link Downloadnya

a. Komunikasi ke Atas

Merupakan penyampaian informasi dari orang dengan posisi bawahan kepada atasan mereka yang tentunya berdasarkan pada hierarki organisasi perusahaan.

b. Komunikasi ke Bawah

Merupakan penyampaian pesan dari atasan kepada bawahannya yang sesuai dengan struktur perusahaan.

c. Komunikasi Lateral atau Teknis

Merupakan penyampaian yang dilakukan antar departemen kerja atau teman kerja dalam satu divisi atau departemen.

2. Komunikasi Bisnis Eksternal

Berbeda dengan jenis komunikasi bisnis yang pertama, komunikasi ini berkaitan dengan penyampaian pesan kepada orang-orang yang berada di luar lingkungan perusahaan, meliputi :

  • Pelanggan
  • Kompetitor
  • Vendor
  • Mitra Perusahaan
  • dan pihak lainnya yang berpengaruh pada kelangsungan bisnis

Manfaat Komunikasi Bisnis Untuk Perusahaan

Komunikasi bisnis adalah salah satu hal yang bisa dibilang memberikan manfaat cukup besar bagi perusahaan, sebagai berikut :

1. Mempermudah Perusahaan dalam Mencapai Tujuan

Setiap perusahaan tentunya memiliki visi dan misinya masing-masing. Semua visi misi tersebut bisa terwujud jika semua anggota atau bagian dari perusahaan memahami dan menyadarinya. 

Hal tersebut kemudian memerlukan koordinasi, rapat, pertemuan, dan hal lainnya yang berhubungan dengan komunikasi.

Bahkan, bukan hanya secara internal perusahaan saja, melainkan juga eksternal perusahaan. Dengan menggunakan komunikasi bisnis, maka bukanlah hal yang tidak mungkin bagi perusahaan untuk bisa mencapai tujuan mereka secara lebih mudah dan terarah.

2. Menambah Sikap Saling Pengertian

Banyaknya sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan tentunya membuat perusahaan tersebut semakin kompleks karena mereka muncul dari berbagai macam latar belakang dan mereka memiliki isi kepala yang berbeda-beda.

Dengan begitu, penting untuk menerapkan komunikasi bisnis di perusahaan untuk membuat hubungan mereka menjadi harmonis dan siap untuk mencapai tujuan bersama.

Baca juga  Cara Menggunakan Facebook Bisnis Untuk Mempermudah Marketing

3. Mudah Memperoleh Informasi Penting

Saat menjalankan sebuah perusahaan, bersandar pada informasi-informasi yang akurat merupakan sebuah keharusan. Semuanya merupakan aset dalam menetapkan strategi, tujuan, keputusan, dan lainnya.

Informasi yang seperti itu tentunya tidak muncul begitu saja, namun mereka akan tersampaikan dengan lancar ketika budaya komunikasi bisnis berjalan dengan optimal dalam suatu perusahaan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu komunikasi bisnis,jenis-jenisnya, hingga manfaat yang diberikan oleh komunikasi bisnis bagi sebuah perusahaan.

Komunikasi bisnis adalah hal penting yang bisa membuat perusahaan bisa tumbuh dan berkembang dengan mencapai visi dan misi yang telah dimilikinya.

Artikel ini bisa anda lihat videonya di channel mikaylabinar.com Komunikasi Bisnis Adalah : Definisi dan Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *