Family  

Jangan Sampai Salah, Beginilah Cara Memilih Sekolah Anak

Jangan Sampai Salah, Beginilah Cara Memilih Sekolah Anak
Kiat memilih sekolah untuk buah hati anda (Photo: xframe.io)

Tidak bisa dipungkiri jika memilih sekolah anak merupakan hal yang lumayan sulit. Oleh sebab itu,tidak heran jika banyak orang tua bingung akan sekolah untuk anak-anaknya yang sudah masuk usia sekolah. Sebab, tidak semua sekolah memiliki fasilitas dan kualitas yang sama.

Biasanya sekolah yang bagus membutuhkan biaya yang mahal. Namun perlu diingatkan jika biaya besar tidak menjamin anak akan betah di sekolah tersebut. Oleh sebab itu, para orang tua harus benar-benar menemukan sekolah yang disukai baik oleh anak maupun orang tua.

Kiat Mudah Memilih Sekolah Anak

Perlu diketahui jika ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memilih sekolah untuk anak. Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara memilih sekolah yang bagus.

Kebanyakan hanya melihat dari kondisi gedung serta biaya yang perlu dibayarkan. Lalu, sebenarnya apa sajakah cara-cara untuk memilih sekolah yang bagus untuk anak? Berikut adalah penjelasannya.

1. Melibatkan anak

Seringkali orang tua tidak memikirkan pendapat anak ketika memilih sekolah. Padahal, nantinya anaklah yang akan belajar di tempat tersebut. Orang tua seharusnya turut melibatkan anak ketika memilih sekolah agar nantinya sekolah yang dipilih benar-benar bisa sesuai dengan kebutuhan anak.

2. Perhatikan peringkat sekolah

Biasanya setiap sekolah punya peringkat dan reputasi sendiri di masyarakat. Kedua hal tersebut tidak boleh diabaikan begitu saja karena akan memengaruhi kualitas pendidikan anak. Perlu diketahui, sekolah dengan reputasi bagus baik negeri maupun swasta biasanya memiliki fasilitas memadai.

Meski begitu orang tua juga perlu melihat kemampuan anak. Lihat apakah kemampuan anak memang sesuai dengan standar sekolah tersebut. Sebab, jika tidak sesuai hal ini justru akan membebani anak dan membuatnya stres.

3. Tidak hanya fokus soal akademis

Sekolah yang baik  tidak hanya fokus pada hal-hal akademis saja tapi juga hal-hal non akademis khususnya yang berkaitan dengan minat dan bakat siswanya. Sekolah seperti ini biasanya mampu menggali dan memoles bakat dan potensi anak agar bisa berkembang dengan baik.

4. Perhatikan Peran guru dalam Memilih Sekolah Anak

Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mengajarkan anak di sekolah sudah sepatutnya orang tua memperhatikan kualitas dan peran guru. Sekolah yang berkualitas seharusnya juga memiliki guru-guru yang berkualitas.

Kualitas guru bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang tua serta dari cara mengajarnya. Oleh sebab itu, ketika memilih sekolah para orang tua sebaiknya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan para guru.

5. Memilih Sekolah Anak Perhatikan Lokasi

Mau tidak mau lokasi juga menjadi faktor penting bagi para orang tua ketika memilih sekolah untuk anak. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus menghemat waktu sebaiknya pilihlah sekolah yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal dan jauh dari jalan raya yang ramai.

Pemilihan lokasi merupakan hal yang sangat penting terutama jika usia anak masih kecil. Jika jarak antara sekolah dengan tempat tinggal terlalu jauh dikhawatirkan anak akan lebih cepat lelah sehingga kurang bersemangat ketika mulai belajar.

6. Fasilitas

Sudah menjadi rahasia umum jika fasilitas yang dimiliki sekolah akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar-mengajar siswanya. Agar bisa belajar dengan baik, siswa tentu membutuhkan berbagai sarana dan prasarana pendukung sehingga faktor ini tidak bisa disepelekan.

Ketika memilih sekolah para orang tua sebaiknya juga mengecek kondisi gedung sekolah, taman, perpustakaan, laboratorium, serta kelengkapan alat-alat olahraga dan kesenian. Jika dirasa fasilitas yang dimiliki sekolah kurang sesuai atau bahkan kurang maka sebaiknya cari sekolah lain.

Tips di atas bisa digunakan baik ketika mencari sekolah negeri maupun swasta. Hanya saja, perlu diingat jika aturan di sekolah swasta bisa berbeda-beda tergantung yayasan yang menaunginya.  

Info lain: Penyebab Gigi Tumbuh Berantakan yang Terjadi pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *