Family  

Tidak Sulit, Beginilah Cara Membuat Anak Gemar Membaca

Tidak Sulit, Beginilah Cara Membuat Anak Gemar Membaca
Tidak Sulit, Beginilah Cara Membuat Anak Gemar Membaca (Image by Sasin Tipchai from Pixabay )

Membiasakan anak gemar membaca buku merupakan hal yang sangat bagus. Membaca buku diketahui bisa menambah ilmu dan wawasan anak sehingga perlu dibiasakan sejak dini. Namun, sayangnya banyak orang tua yang belum tahu bagaimana cara membiasakannya.

Padahal, membiasakan anak membaca buku perlu dilakukan sejak dini. Semakin kecil usia anak maka semakin mudah untuk menanamkan kecintaan terhadap buku. Oleh sebab itu, bagi para orang tua yang ingin anaknya gemar membaca sebaiknya perhatikan artikel ini sampai habis.

Tips Agar Anak Gemar Membaca

Sebenarnya membiasakan anak membaca buku bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk menerapkan kebiasaan tersebut. Jika masih bingung untuk memulai, berikut adalah beberapa tips agar anak gemar membaca sejak dini.

1. Orang tua memberikan contoh

Anak-anak cenderung mengikuti perilaku orang tuanya. Oleh sebab itu, agar anak akrab dengan buka ada baiknya jika orang tua juga rutin membaca buku di depan anak sehingga lama-kelamaan anak akan mengikutinya.

Usahakan agar para orang tua membiasakan setidaknya membaca buku setidaknya 1 kali sehari. Bahkan, bila perlu mengajak anak untuk membaca bersama-sama. Bisa juga anak dan orang tua bergantian dalam membaca buku. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa dengan buku sejak dini.

2. Berikan buku bacaan sesuai dengan usia

Selain memberikan contoh, pemilihan buku juga sangat penting dalam memupuk minat baca anak. Pilihlah buku yang sesuai dengan usia dan kegemaran anak sehingga anak-anak akan lebih tertarik dan tidak cepat merasa bosan.

Jika anak masih balita maka buku bacaan bergambar yang minim tulisan bisa menjadi alternatif terbaik. Selain dilengkapi dengan gambar, buku semacam ini biasanya memiliki warna-warna yang cerah sehingga bisa menarik perhatian anak.

3. Mengenalkan berbagai jenis buku

Setelah anak mulai terbiasa dengan buku maka anak bisa diperkenalkan dengan berbagai jenis buku yang lebih ‘berat’ seperti ensiklopedia, cerita rakyat, dan sebagainya. Bisa juga memilih buku bacaan ringan yang menggunakan Bahasa Inggris.

Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa dengan bahasa asing sejak dini. Perlu diketahui, semakin kecil usia anak maka akan semakin mudah untuk diajarkan bahasa asing.

Tidak hanya itu,para orang tua juga bisa mengajak anak ke tempat-tempat yang berkaitan dengan buku seperti perpustakaan dan toko buku secara rutin. Jangan lupa biarkan anak memilih buku bacaan yang disukai asalkan buku tersebut masih diperuntukan untuk anak-anak.

4. Agar Anak Gemar Membaca Berikan buku sebagai hadiah

Agar anak semakin mencintai buku maka ada baiknya untuk sekali-kali memberikan buku sebagai hadiah untuk anak. Memberikan hadiah buku tidak melulu dilakukan saat anak ulang tahun tapi juga bisa dilakukan saat anak berhasil mendapatkan prestasi.

Hal ini perlu dilakukan sejak dini agar anak-anak semakin akrab dengan buku serta memiliki kesempatan untuk memiliki koleksi bukunya sendiri. Dengan koleksi yang lengkap maka anak bisa rajin membaca.

5. Memanfaatkan gadget

Saat ini sudah banyak berbagi aplikasi yang dibuat khusus untuk anak-anak. Orang tua bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk membuat suasana membaca buku terasa semakin meriah. 

Tidak hanya itu, sekarang juga banyak aplikasi untuk membaca buku gratis seperti perpustakaan online.

Menurut beberapa informasi, adabanyak perpustakaan online yang menyediakan soft copy dari berbagai buku anak populer dunia. Dengan begitu, anak-anak bisa membaca buku kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Meski sebenarnya masih ada banyak tips-tips lain yang bisa digunakan untuk membuat anak gemar membaca namun kelima cara diatas merupakan yang paling mudah dan banyak disarankan oleh para ahli. Selain sederhana, cara-cara di atas juga tidak membutuhkan banyak biaya. 

Info lain: Tips Menghadapi Pembelajaran Daring Anak Bagi Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *