Investasi Rumah KPR yang Menguntungkan

Investasi Rumah KPR BTN yang Menguntungkan
Investasi Rumah KPR BTN yang Menguntungkan

Mikaylabinar.com Cara investasi Rumah KPR BTN yang Menguntungkan. Selain paper assets instrument investasi yang patut diperhatikan adalah properti.

Terdapat banyak jenis investasi bagi pemula salah satunya properti misalnya tanah, bangunan, rumah, atau kepemilikan barang secara spesifik lainnya, namun kali ini yang dibahas adalah investasi properti berupa rumah atau bangunan.

Capital Gain Dan Cash Flow

Investor yang sudah lama berkecimpung dalam investasi saham atau paper assets lainnya kebanyakan juga akan berinvestasi di properti atau real estate.

Investasi properti memberikan dua keuntungan berupa capital gain dan cash flow. Capital gain adalah keuntungan yang didapat dari selisih kenaikan harga awal dengan harga akhir.

Misalnya, tiga tahun yang lalu anda membeli properti berupa rumah dengan harga 350 juta.

Kemudian pada saat anda jual harga rumah tersebut sudah menjadi 450 juta maka capital gain yang didapatkan sebesar 100 juta.

Membeli properti khususnya rumah bisa menjadi pilihan untuk investasi bagi pemula, saat ini untuk mendapatkan rumah semakin mudah karena ada fasilitas KPR, dimana pembeli tidak harus membayar secara tunai harga rumah tersebut tapi cukup hanya dengan 30% dari total harga rumah.

Kemudian, properti  yang berupa rumah bisa di kelola lagi untuk lebih produktif guna menghasilkan arus kas ( cash flow ). Arus kas dari properti bisa di dapatkan dengan cara disewakan, dikontrakkan, dijadikan kosan atau dijadikan tempat bisnis misalnya toko sehingga memperoleh penghasilan dari pembayaran tersebut baik bulanan, semesteran atau tahunan.  

Baca juga  Cerdas dalam Investasi Properti

Jadi keuntungan yang di dapat dari investasi properti adalah capital gain dan cash flow. Jika dibandingkan dengan menabung atau deposito yang keuntungannya sedikit bahkan kena potongan administrasi tentu investasi properti lebih menarik.

Memang, kalau kita amati selama ini tidak pernah ada pengembang yang menawarkan penurunan harga properti bahkan harganya semakin naik tiap tahun.

Investasi rumah KPR BTN atau di sektor properti tidak memerlukan pengetahuan yang rumit. Biasanya yang menjadi patokan bagi investor yaitu lokasi tanah atau bangunan yang strategis, harga yang murah, bangunan yang sudah pasti jadi, pengembang yang terpercaya dan yang pasti properti tersebut bebas dari masalah sengketa hukum dan terletak ditempat yang tidak rawan bencana.

Keuntungan Investasi Properti

Secara sederhana kami rangkum beberapa keuntungan dari investasi properti.

1. Nilai properti selalu naik

Pernahkah anda menjumpai harga rumah tiap tahun semakin turun ? dipastikan harga rumah tiap tahun semakin naik kecuali rumah yang terletak di daerah konflik atau rawan bencana. Harga rumah yang semakin naik inilah keuntungan yang akan di dapat.

2. Bisa dijaminkan di BANK

Mendapatkan uang tanpa harus menjual properti bisa dilakukan dengan cara menjaminkan ke bank atau juga dengan cara refinancing ( pendanaan atau pembiayaan kembali ), cukup mengundang pihak appraisal ( penilai properti) untuk menilai kembali harga properti saat ini.

Kemudian hasil dari kenaikan penilaian itu dapat digunakan untuk memperoleh pinjaman lebih besar sehingga memperoleh dana segar yang bisa digunakan untuk usaha atau membeli properti lainnya.

3. Sumber cashflow

Jika properti yang kita punyai di jadikan tempat usaha seperti kosan, kontrakan, tempat usaha laundry atau toko, tempat parkir atau bisnis lainnya akan menjadi sumber pemasukan rutin atau cash flow. ( Untuk memahami aset produktif anda bisa baca Cashflow Quadrant )

Baca juga  Tips Desain Interior Rumah Kontrakan Kekinian dan Estetik

4. Hemat Waktu

Punya properti menghemat waktu karena tidak diperlukan kontrol tiap hari. Properti dengan perbaikan atau renovasi sedikit akan menaikkan harga jual. Investasi di properti masih menjadi pilihan yang layak untuk dilakukan karena bisnis properti tiap tahun memiliki prospek baik dan menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *