Intip Manfaat Training Pengembangan Diri dari Perusahaan

Intip Manfaat Training Pengembangan Diri dari Perusahaan
Manfaat Training Pengembangan Diri dari Perusahaan

Saat ini hampir seluruh perusahaan-perusahaan besar sudah sadar akan pentingnya kesehatan mental dari para pegawainya. Tak jarang bagi perusahaan untuk mengadakan training pengembangan diri yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai.

Bentuk training pun berbeda-berbeda, ada yang sekalian melakukan outbond dan acara bersama di luar kantor.

Sebuah training pengembangan diri yang diadakan oleh perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawainya.

Supaya nantinya memiliki dampak yang baik bagi perusahaan. Meski begitu ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengikuti pelatihan.

Manfaat Mengikuti Training

Training yang berfokus pada SDM memiliki banyak sekali manfaat. Apabila kantor anda menyediakan fasilitas seperti ini, anda perlu bersyukur. Pasalnya, ada juga kantor yang kurang aware terkait masalah mental pegawai.

Biasanya, training dari kantor lebih berfokus pada self development karena berpengaruh langsung pada pekerjaan dibandingkan training self improvement yang berfokus pada memperbaiki diri sendiri. Itu perbedaan antara self improvement dan self development.

Training ini nantinya akan sangat berpengaruh pada kondisi mental anda. Misalnya seperti anda yang sudah lama jenuh dan merasa lelah berkutat dengan pekerjaan tiba-tiba mendapat “siraman air” bagi mental anda. Akhirnya jiwa anda seakan di-refresh kembali.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa andaperoleh dari pelatihan pengembangan diri.

1. Memperbaiki Kualitas Diri

Sebuah pelatihan yang diadakan oleh perusahaan bukanlah tanpa tujuan. Salah satu tujuan sekaligus manfaat yang akan andaperoleh adalah kualitas diri yang jadi lebih baik.

Baca juga  6 Cara Mengembangkan Potensi Diri agar Bisa Berkembang

Dengan meningkatnya kualitas anda, tentunya cara kerja anda akan berpengaruh terhadap perusahaan, seperti hasil omzet yang meningkat, proposal banyak yang disetujui atasan, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

2. Membuat Diri Jadi Lebih Produktif

Ketika anda sudah melewati fase “penyegaran” dari mengikuti training, secara tidak langsung anda akan menjadi lebih semangat saat bekerja. Nah, produktivitas ini yang diperlukan oleh perusahaan dari karyawannya.

3. Mempunyai Jenjang Hidup yang Baik

Seseorang yang memiliki kemampuan yang lebih, serta pengendalian diri dengan baik akan memperoleh kesempatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya. Anda bahkan bisa saja mendapatkan karier yang bagus atau jabatan yang tinggi karena kemampuan anda.

4. Mampu Mengenal Diri Lebih Dalam

Berbeda dengan karyawan biasa, karyawan yang mengikuti pelatihan tentang pengembangan diri biasanya lebih mampu mengenali diri mereka sendiri. Perihal pekerjaan yang cocok untuk diri, hal-hal yang mampu untuk dikerjakan, hal-hal yang di luar batasan, itu semua dipahami.

5. Paham Kelebihan dan Kekurangan Diri

Ketika anda memahami kelebihan dan kekurangan anda, di situ anda bisa berfokus pada peningkatan diri anda. Kekurangan pada diri anda bisa anda cover dengan baik karena anda paham apa yang harus anda lakukan untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Sebaliknya, terkait kelebihan anda bisa bekerja menjadi lebih maksimal karena sudah memahami kelebihan pada diri sendiri.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengikuti training pengembangan diri yang diberikan oleh perusahaan. Selalu ingat bahwa program-progam seperti sangat penting bagi diri anda. Jadi, ketika ada acara seperti ini lagi anda tidak perlu ragu-ragu untuk mengikutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *