Family  

Cara Mengetahui Kecerdasan Anak Sejak Dini

Inilah Deretan Cara Mengetahui Kecerdasan Anak Sejak Dini
Inilah Deretan Cara Mengetahui Kecerdasan Anak Sejak Dini

Mengetahui kecerdasan anak tidak hanya terpaut pada keterampilan menghitung secara cepat. Menurut para ahli, ada banyak jenis kepandaian manusia, bahkan dikategorikan menjadi berbagai jenis. Bagaimana mengetahui tanda kepandaiannya?

Sebuah kepandaian berhubungan dengan kumpulan kemampuan unik manusia. Setiap manusia mempunyai cara khusus untuk menunjukkan keterampilan tersebut di depan orang lain. Sehingga, tidak semua orang bisa dianggap sama rata.

A. Mengetahui Kecerdasan Anak, Perhatikan Tanda-tanda Ini

Kemampuan mengingat sesuatu dari penglihatan atau pendengaran merupakan tanda pertama buah hati mempunyai tingkat kepintaran di atas rata-rata. Cara mengetesnya adalah dengan melakukan beberapa permainan mengandalkan daya ingat.

Salah satunya melakukan beberapa susunan kata, jika buah hati bisa mengingatnya dengan tepat, maka hal itu menjadi pertanda kepintaran di atas rata-rata. Bakat alami tersebut harus terus diasah supaya meningkat.

Aktivitas bermain bukanlah sesuatu yang harus disepelekan oleh para orang tua. Saat itu merupakan momen paling tepat untuk mengetahui minat serta kecerdasan si kecil. Biasanya mereka mempunyai daya imajinasi tinggi.

Imajinasi bisa dituangkan dalam wujud kreasi gambar, tulisan, susunan benda-benda atau goresan warna-warni. Setiap kreasi tentunya mempunyai arti berbeda, kemudian kamu dapat mendengarkan penjelasannya.

Buah hati bisa dikatakan mempunyai IQ cukup dari dari caranya berkomunikasi menggunakan pilihan kata yang baik, serta perkataannya bisa dipahami oleh orang lain. Kosakata pilihan sangat beragam sejak dini.

Di luar sana banyak orang salah menanggapi fenomena seperti ini, terkadang mereka malah tidak mengapresiasi dan melakukan labelling dengan stigma negatif. Padahal kemampuan seperti itu patut dihargai.

Sebaliknya, dukung mereka dengan menjawab seluruh pertanyaan dengan jawaban membangun. Selain itu, jangan memarahi mereka apabila membuat rumah berantakan akibat rasa ingin tahu tinggi atau sedang memuaskan rasa penasaran.

Si kecil akan suka mengungkapkan apa yang ia rasakan ketika mengalai perkembangan kemampuan berpikir analitis. Terkadang, hal kecil saja menjadi sebuah perdebatan karena bertentangan dengan pemikiran.

Sifat penasaran mendorong buah hati kamu banyak mencoba hal baru. Kemudian dari sana, ia mempunyai minat tersendiri terhadap sesuatu. Dari minat tersebut apabila dilakukan secara rutin, maka akan muncul keterampilan.

B. Mengetahui Kecerdasan Anak yang Ternyata Banyak Tipenya

Supaya keterampilan si kecil berkembang, orang tua harus memahami cara mengembangkannya dengan tepat. Berikut merupakan penjelasan mengenai berbagai jenis kecerdasan di dunia. Penting untuk diketahui sebagai wawasan kamu.

1. Logical-Mathematical Intelligence

Melatih logika matematika sebenarnya mudah, tinggal mengajarkan untuk mengelompokkan mainan, membagi makanan, menghitung buah, memilah warna, serta menghitung benda lainnya. Lakukan dengan cara paling menarik.

2. Kinesthetic Intelligence

Kepintaran ini meliputi keterampilan melakukan koordinasi gerak tubuh secara tepat, serta menikmati berbagai aktivitas berhubungan dengan fisik. Melakukan aktivitas seperti berlari, menari, pantomim, bisa mengembangkan tipe kepintaran ini.

3. Visual-Spatial Intelligence

Kemampuan ini meliputi berbagai skill seperti mengidentifikasi objek berdasarkan bentuk, posisi, pola, mampu membaca sebuah peta atau denah, serta berpikir kreatif. Ajaklah si kecil menggambar, menyusun benda, serta mengenali pola.

4. Mengetahui Kecerdasan Anak Tipe Musical Intelligence

Mempunyai tanda mengetahui kecerdasan anak kategori musik dilihat dari kepekaan tinggi terhadap nada, suka bernyanyi, juga menghafal irama atau lagu. Orang tua bisa mulai mengajarkan berbagai alat musik atau bernyanyi.

5. Interpersonal Intelligence

Berhubungan dengan orang di sekitar, memahami perasaan orang lain, serta menikmati aktivitas berkumpul atau berada di kelompok adalah tanda kepintaran interpersonal. Ajak buah hati kamu beraktivitas dengan melibatkan orang terdekat.

6. Intrapersonal Intelligence

Keterampilan mengenali diri sendiri, percaya dengan dirinya, mengekspresikan pendapat, serta menentukan sikap tentang suka atau tidak suka, adalah bagian dari intrapersonal intelligence. Latih mereka untuk selalu bertanggung jawab serta tekun.

7. Naturalistic Intelligence

Kepintaran ini mencakup ketertarikan akan alam di sekitarnya, hewan, tumbuhan, lingkungan, serta ruang angkasa. Untuk mengembangkannya, orang tua bisa memelihara hewan, berwisata, serta edukasi alam.

8. Moral Intelligence

Mencakup keterampilan memahami adab serta perilaku di masyarakat sekitar, tidak lupa berbagai norma sosial di dalamnya. Untuk membangun kemampuan ini, ajak si kecil berdiskusi serta membaca cerita berpesan moral.

9. Linguistic Intelligence

Jika buah hati kamu pandai mengolah kata, memberikan informasi serta ide lewat tulisan, serta menggunakan tata bahasa baik, maka ia mempunyai kepandaian bahasa atau linguistik. Cara mengembangkannya yaitu mengajak berbicara.

Apabila orang tua sudah berhasil mengembangkan, pastikan juga tidak melupakan asupan gizi untuk mereka, seperti memenuhi kebutuhan omega-3. Untuk mengetahui kecerdasan anak membutuhkan usaha atau dorongan untuk belajar yang variatif.

Info lain: Jenis Permainan Anak untuk Dukung Tumbuh Kembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *