5 Strategi Bisnis Properti yang Menguntungkan Bagi Pemula

  • Share
5 Strategi Bisnis Properti yang Menguntungkan Bagi Pemula

Mikaylabinar.com– 5 Strategi Bisnis Properti yang Menguntungkan Bagi Pemula. Bisnis properti memang populer sebagai bisnis yang menjanjikan dalam jangka panjang.

Itu karena produk bisnis properti, seperti rumah hunian merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh manusia. Bisa dibilang kebutuhan akan rumah hunian terus meningkat setiap tahunnya.

Bagi pemula yang ingin memulai bisnis properti harus belajar sejak dini. Perlu kamu ketahui, kunci sukses dari bisnis properti adalah strategi yang jitu.

Nah, berikut ini akan dijelaskan 5 strategi bisnis properti. Namun sebelum mengetahui strategi bisnis properti, simak lebih dulu tentang contoh bisnis properti yang menjanjikan ini.

Contoh Bisnis Properti yang Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Pada dasarnya, bisnis properti merupakan aktivitas bisnis yang berkaitan dengan transaksi jual beli barang atau jasa properti. Contoh bisnis properti yang menguntungkan untuk investasi jangka panjang adalah sebagai berikut.

  1. Bisnis rumah hunian dan perumahan, seperti: rumah susun, apartemen, kondominium, asrama sampai dengan perumahan. Umumnya, bisnis ini dijalankan oleh developer atau pengembang yang memiliki modal besar.
  2. Bisnis properti untuk tempat usaha atau sebagai tempat menjalankan bisnis. Umumnya, bisnis properti jenis ini menyediakan gedung perkantoran, hotel sampai dengan gedung pusat perbelanjaan.
  3. Bisnis properti untuk kebutuhan pertanian dan industri. Adapun contoh bisnis properti jenis ini adalah sebagai berikut.
  4. Bangunan khusus di bidang pertanian, seperti: gedung untuk perkebunan, pertanian, peternakan sampai dengan perikanan.
  5. Bangunan khusus di bidang industri, seperti: gedung khusus untuk manufaktur atau pabrik, bangunan untuk penelitian sampai dengan bangunan khusus untuk perakitan barang produksi.
  1. Bisnis properti untuk bangunan pelayanan publik, bisnis properti jenis ini menyediakan bangunan atau gedung untuk umum. Adapun contoh bisnis properti jenis ini adalah menyediakan bangunan atau gedung untuk tempat ibadah, bandar udara, terminal bus, sekolah, stasiun kereta api sampai dengan gedung untuk rumah sakit.

5 Strategi Bisnis Properti yang Wajib Diketahui oleh Pemula

Tentu saja, dalam setiap menjalankan bisnis ada strategi tertentu untuk menjalankannya. Adapun strategi untuk menjalankan bisnis properti yang wajib diketahui oleh pemula adalah sebagai berikut.

1.    Tentukan Segmen Pasar

Strategi utama dalam menjalankan bisnis properti adalah menentukan segmen pasar. Memang, sebagai pemula di bisnis properti dalam menentukan segmen pasar tidaklah mudah.

Namun, jika kamu telah mempelajari dasar segmentasi pasar, maka akan mudah menentukan segmen pasar untuk bisnis properti.

Perlu kamu tahu, hal-hal utama dalam menentukan segmen pasar dalam berbisnis adalah sebagai berikut.

  • Terukur atau dapat diukur (measurable), artinya segmen pasar dapat diukur dan dibuktikan dengan data yang akurat.
  • Terjangkau (accessible), artinya produk yang ditawarkan harus mudah dijangkau konsumen.
  • Segmen pasar yang kamu tentukan harus realistis dan rencana yang dibuat harus dapat diwujudkan.
  • Produk yang kamu tawarkan harus menghasilkan keuntungan.
  • Produk bisnis yang kamu tawarkan mudah dibedakan dengan produk lainnya. Jadi, konsumen dapat membedakan antara produk yang kamu tawarkan dengan produk orang lain.

2.    Menentukan Target Pasar

Pastinya, setelah menetapkan segmen pasar bisnis properti, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar. Umumnya, target pasar untuk bisnis properti adalah usia 25 – 45 tahun atau usia produktif.

3.    Tawarkan Harga Properti yang Kompetitif

Tentunya, dalam bisnis properti tidak sembarangan dalam menentukan harga. Oleh karena itu, dalam menentukan harga properti harus melakukan riset harga supaya kamu mengetahui harga properti pesaingmu.

Nah, setelah kamu melakukan riset, langkah selanjutnya adalah menetapkan harga jual propertimu. Pastikan, kamu menawarkan harga properti yang kompetitif kepada konsumen supaya bisnis propertimu diminati pelanggan.

Selain itu, pastikan fasilitas dan kualitas properti yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang bagus. Namun, harga properti tetap kompetitif.

Dengan strategi tersebut, kemungkinan besar properti yang kamu tawarkan akan diminati oleh karangan menengah ke atas.

4.   Rajin Melakukan Promosi

Hal utama yang menjamin kesuksesan dalam setiap bisnis adalah rajin melakukan promosi. Bisa dibilang promosi adalah kunci sukses suatu bisnis. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis properti.

Di era teknologi ini, promosi dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan terjangkau, yaitu melalui media sosial atau email.

Kamu pun juga dapat melakukan promosi bisnis propertimu melalui media sosial dan email. Pastikan, kamu rajin melakukan promosi supaya propertimu dikenal dan diminati banyak pelanggan.

5.   Berikan Pelayanan Terbaik kepada Konsumen

Seperti kata pepatah, pembeli adalah raja. Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis properti. Jika bisnis propertimu sudah dikenal banyak konsumen dan memiliki pelanggan, pastikan berikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Perlu kamu tahu, pelayanan terbaik dapat menjadikan bisnis propertimu dikenal banyak pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat memberikan bonus atau reward kepada pelanggan setia yang membeli atau menggunakan jasa bisnis propertimu.

Tersebut di atas adalah 5 strategi bisnis properti yang menguntungkan dijalankan oleh pemula. Pastikan, kamu tidak salah dalam menjalankan strategi bisnis supaya bisnis propertimu tidak merugi. Manfaatkan momentum terbaik untuk mempromosikan bisnis propertimu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *