Cara Mudah Membuat Brand Sendiri

Membuat brand sendiri- Brand atau merek merupakan jantungnya dari sebuah bisnis. Suatu brand akan memiliki tanggung  jawab dalam memberikan pengaruh terhadap persepsi audiens dan membedakan Anda dari para  pesaing.

Sayangnya, masih banyak pengusaha e-commerce tidak tahu caranya membangun brand sendiri yang menarik. Cara membuat brand sendiri bukan hanya sekedar memilih logo atau membuat nama yang sempurna.

Brand yang tepat adalah saling berhubungan, semuanya dirancang untuk membuat cara orang berpikir dan juga merasakan bisnis Anda. 

Hal ini nantinya bukan hanya akan mencakup aset visual, seperti desain situs web, logo, warna merek, dan juga kartunama, tetapi juga nada suara, misi perusahaan, nilai, dll.

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana untuk membangun brand sendiri dari awal :

1. Melakukan Identifikasi Audiens 

Pada saat membangun sebuah merek, penting untuk mengetahui siapa yang nantinya ingin Andajangkau. Pikirkan jenis produk yang nantinya akan Anda jual dan siapa yang akan di layani. Cobalah untuk lebih spesifik siapa saja nantinya yang akan menjadi target pilihan pelanggan Anda. 

Mengidentifikasi audiens ini bisa membantu Anda dalam memilih suara merek, desain, dan juga bahkan strategi pemasaran yang tepat agar bisa terhubung dengan pembeli potensial.

Anda juga dapat membangun pengetahuan berkaitan dengan para audiens Anda sehingga akan lebih memudahkan langkah-langkah membuat brand sendiri selanjutnya.

2. Kembangkan Posisi Brand yang Dimiliki 

Mengembangkan pengetahuan tentang audiens target Anda ini akanmemberikan Anda wawasan tentang dimana posisi merek Anda. Anda harus memutuskan di mana Anda nantinya akan memasuki pasar.

Baca juga  Startup Top 100 : Cara Mendapatkan Funding

Cara yang paling termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat sebuah pernyataan pemosisian.

Hal ini nantinya akan terdiri dari satu atau dua baris yang bisa Anda pakai untukmembantu menentukan siapa Anda dan apa yang nantinya akan Anda lakukan. 

3. Memilih Nama Bisnis 

Pada tahap ini merupakan salah satu fitur pendefinisian yang paling penting dari merek Anda. Nama yang paling tepat harus menyaring semua yang harus diketahui pelanggan tentang Anda hanya dalam satukata.

Nama merek bisnis kaos Anda juga akan menentukan URL/domain toko online yang akan Anda miliki nantinya. Pastikan terlebih dahulu melakukan riset untuk melihat apa yang tersedia sebelum nantinya memutuskan namanya.

4. Membuat Logo 

Logo Anda akan menjadi sebuah elemen yang paling utama lainnya dalam mempelajari cara membuat brand sendiri.

Di samping nama Anda, logo ini akan menjadi salah satu hal yang paling pertama yang akan dikenali pelanggan Anda pada merek Anda. Logo yang bagus harus memiliki makna dan mudah untuk dimengerti. 

Contohnya seperti yang ada di gambar apel ikonik dengan Apple yang gigitan dan tidak membutuhkan penjelasanapa pun.

Cara yang  terbaik untuk memastikan logo Anda mempunyai dampak yang tepat adalah bekerja dengan para desainer profesional untuk membantu dalam menangkap esensi visual yang Anda miliki.

x

Leave a Comment