Bisnis  

7 Inspirasi Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda Diantaranya Bisnis Kaos

7 Inspirasi Bisnis yang Cocok Untuk Anak Muda
7 Inspirasi Bisnis yang Cocok Untuk Anak Muda

Beberapa ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi anak muda diantaranya adalah bisnis kaos. Saat ini mencari pekerjaan memang cukup sulit.

Meskipun lapangan pekerjaannya makin luas, namun tenaga kerjanya pun makin banyak dan seringkali jumlah lapangan pekerjaan dan permintaan kerja tidak berimbang.

Hal tersebut membuat banyak anak muda yang bahkan lulusan perguruan tinggi kesulitan untuk mencari pekerjaan.

Sehingga banyak yang mencoba untuk membuka bisnis sendiri seperti bisnis kaos, makanan, ternak lele dan lain sebagainya.

Jika tidak ada lowongan pekerjaan, maka buatlah lowongan kerja itu sendiri. Mungkin itulah yang jadi semboyan atau pegangan kuat para pebisnis muda. Saat ini banyak anak muda yang tertarik menjadi pebisnis. Usaha ikan lele misalnya.

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi juga jadi penyebab lainnya. Saat ini untuk membuka suatu bisnis anda tidak perlu memiliki segalanya dalam hak kepemilikan anda. Cukup hak guna saja maka anda sudah bisa memulai sebuah bisnis.

Jika dahulu orang mau buka bisnis harus punya modal yang tak sedikit, saat ini anda bisa buka usaha tanpa modal bahkan.

Yang dibutuhkan sekarang bukanlah banyak-banyakan kepemilikan modal, namun cerdas dalam menjalin kerja sama atau kolaborasi dan membuat brand sendiri.

Jika anda tidak memiliki modal, maka anda harus pintar menjalin hubungan dengan mereka yang punya banyak modal dan aset namun bingung mau diapakan yang akhirnya sering nganggur dibanding digunakan. Nah aset atau modal macet tersebut bisa anda gunakan jika pintar dalam negosiasi dan cocok untuk bisnis remaja sma.

Selain itu menemukan ide yang bagus dan eksekusi yang ciamik juga diperlukan supaya bisnis yang dirintis bisa berhasil dan konsisten.

Baca juga  Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika anda Tertarik Membangun Usaha Foto copy

Namun dalam hal mencari ide biasanya banyak anak mudah yang kesulitan sehingga stuck di situ-situ aja. Untuk membantu anda menemukan inspirasi, berikut ide-ide bisnis yang cocok dilakukan anak muda:

Membuka coffee shop

Trend anak muda yang suka nongkrong semakin berkembang dewasa ini. Nongkrong bukan lagi di pinggir jalan atau jembatan yang telah dianggap sebagai kebiasaan yang tidak baik, kesannya bad boy. Tapi nongkrong saat ini yang estetik adalah di kafe atau kedai kopi jadi salah satu cara menjadi pebisnis muda.

Untuk membuka bisnis kedai kopi biaya yang dibutuhkan tidak besar-besar amat. Anda cukup membuka kedai kopi kecil-kecilan terlebih dahulu dengan suasana yang nyaman untuk nongkrong, free wifi, dan menu makanan yang enak tapi terjangkau. Pasti akan banyak yang suka tempat anda. Baru jika sudah cukup berhasil anda bisa mengembangkannya.

Selain itu enaknya usaha kedai kopi adalah bisa disambi pekerjaan lainnya. Jadi misal anda memiliki pekerjaan tetap di kantor yang dari pagi hingga sore, maka anda sepulang kerja bisa membuka kedai kopi karena umumnya waktu nongkrong memang enaknya dari sore hari ke malam. Bisa juga disambi usaha nasi goreng.

Tempat cuci kendaraan

Mau bisnis yang sangat terjangkau modalnya? Bukalah usaha tempat cuci kendaraan mobil dan motor. Anda bisa memulainya dari halaman rumah.

Ide bisnis ini bisa sangat menjanjikan karena makin hari makin banyak orang yang memiliki kendaraan baik motor maupun mobil. Bahlan satu individu bisa memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor.

Dengan segala kesibukan mereka tentu saja mereka memilih untuk merawat kendaraan mereka dengan menggunakan jasa orang lain, salah satunya menjaga kebersihan kendaraan dengan menggunakan jasa cuci kendaraan bermotor.

Baca juga  Langkah Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

Toko Thrift

Belakangan ini trend berburu pakaian bekas sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu pakaian owol atau bahasa kerennya thrift shop sedang banyak dicari, terutama dari kalangan muda-mudi. Modal untuk membuka bisnis ini pun sangat terjangkau. Sama halnya dengan usaha ritel.

Untuk bisa mendapatkan satu karung baju bekas yang berisi sekitaran 50 hingga 100 pakaian, anda hanya memerlukan dana sekitar 1 juta saja.

Memang tidak semua pakaian dalam satu karung bisa dalam kondisi baik semua, namun anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu dan mencucinya agar kelihatan masih seperti baru.

bisnis kaos bekas ini sangat menjanjikan karena banyak kelebihan yang bisa didapat konsumen darinya. Seperti mendapatkan pakaian merk terkenal dengan harga miring, mencari pakaian yang sudah tidak diproduksi lagi, dan lain sebagainya. Berburu thrift shop seakan-akan sudah bagaikan berburu harta karun.

Usaha laundry

Laundry adalah jenis usaha dimana anda menawarkan jasa cuci pakaian orang lain sekaligus setrika. Jasa ini akan sangat laku jika anda membukanya di lingkungan perkotaan padat penduduk.

Penduduk disana pasti banyak yang bekerja bahkan suami-istri sama-sama bekerja sehingga seringkali tidak memiliki waktu atau tenaga untuk mencuci pakaian mereka dengan modal usaha umkm.

Anda juga bisa membuka usaha laundry di lingkungan sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang akan menggunakan jasa anda. Apalagi jika harganya murah dan kualitasnya menjanjikan.

Untuk bisa berhasil anda memerlukan strategi marketing yang baik di samping modal mesin cuci dan pengeringnya. Misalnya saja anda tawarkan berbagai promo atau diskon menarik pada calon pelanggan.

Jadi dropshipper atau reseller

Apabila anda belum memiliki modal sama sekali tapi tetap mau buka usaha yang gak ribet, anda bisa pilih jadi reseller atau dropshipper. Anda sama sekali tidak butuh modal karena tugasnya adalah menjualkan produk atau jas milik orang lain.

Baca juga  Apa Itu Bank Mandiri Internet Bisnis !

Anda hanya membutuhkan alat komunikasi, jaringan internet paket data atau wifi, dan platform yang digunakan untuk menjual produk tersebut seperti bisnis sepatu misalnya.

Jika tertarik anda perlu tahu dulu perbedaan keduanya meski sering tampak sama. Jika jadi reseller maka anda tetap menggunakan nama produk dan toko dari perusahaan asal. Sedangkan jika anda jadi dropshipper maka anda menjual produk tersebut menggunakan nama dan toko anda sendiri.

Bisnis makanan

Bisnis ini tidak akan pernah tergerus oleh waktu karena setiap waktu orang pasti akan membutuhkannya. Dan bisnis tersebut pun bisa sangat menguntungkan.

Modalnya sedikit tapi keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat bergantung pada seberapa laku jualan anda dan bagaimana anda mengolahnya.

Bisnis makanan pun sangat luas. Anda perlu memfokuskannya lagi. Misalnya saja ada bisnis makanan ringan, bisnis kue kering, bisnis catering, usaha bubur ayam dan lain sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan diri anda dan dinilai paling menguntungkan.

Membuat berbagai macam aksesoris cantik

Apabila anda memiliki keterampilan tangan dalam membuat dan menyusun berbagai bahan jadi aksesoris yang menarik maka bisnis tersebut bisa anda coba.

Pasarnya sangat potensial, terutama di kalangan wanita yang seringkali tertarik menggunakan berbagai aksesoris untuk keperluan sehari-hari atau jalin kerjasama dengan cara menjadi distributor pabrik.

Modal yang diperlukan pun tidak besar. Anda bisa menggunakan berbagai bahan untuk membuat aksesoris. Mulai dari kain rajut, mutiara rantai, manik-manik dan lain sebagainya seperti halnya bisnis kaos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *