6 Cara Menyimpan Parfum untuk Menjaga Baunya Tetap Awet

cara menyimpan parfum
6 Cara Menyimpan Parfum untuk Menjaga Baunya Tetap Awet

Sudah menjadi hal yang  wajar untuk dilakukan dan termasuk keharusan sebelum keluar rumah untuk menggunakan parfum. Agar parfum tetap awet perlu diperhatikan cara menyimpan parfum yang benar

Aroma wangi yang dihasilkan oleh parfum tentu bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun sayangnya, beberapa parfum tidak memiliki bau yang awet.

Hal ini bisa saja disebabkan dari banyak faktor, dan salah satunya adalah karena parfum tersebut tidak disimpan dengan baik dan benar oleh pemiliknya.

Tidak perlu parfum berharga mahal untuk mendapatkan keharuman yang awet, cukup membeli parfum murah namun disimpan dengan benar maka akan memiliki aroma yang bisa bertahan lama.

Nah, agar parfum yang Anda miliki tersebut memiliki wangi atau aroma parfum yang tetap segar dan wangi, maka coba pastikan terlebih dahulu bahwa parfum disimpan dengan baik.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara dalam menyimpan parfum dengan baik dan benar agar aromanya tetap awet.

Tutup Rapat Botol Parfum

Cara menyimpan parfum yang bisa Anda lakukan pertama adalah dengan memastikan bahwa Anda telah menutup botol dengan rapat.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa sering membiarkan botol parfum terbuka akan menyebabkan terjadinya proses oksidasi.

Nah, proses oksidasi ini akan membuat aroma dari parfum Anda berkurang secara perlahan. Aroma inilah yang nantinya akan berangsur menguap dan terekspos menjadi udara, sehingga parfum Anda pun tidak akan memiliki wangi segar seperti sedia kala ketika baru pertama kali dibuka setelah dibeli.

Baca juga  Rumah Bernuansa Alam yang Nyaman

Simpan Parfum di Dalam Boks Aslinya

Untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada parfum kesayangan Anda, maka sebaiknya Anda tetap menyimpan botol parfum tersebut di dalam boks aslinya.

Hal ini juga bisa menghindarkan parfum dari paparan sinar matahari yang malah akan merusak bau dari parfum Anda tersebut.

Cahaya yang masuk dalam bentuk apapun ke dalam botol parfum dipercaya mampu merusak aroma asli dari parfum tersebut.

Dan menyimpan parfum pada boks aslinya merupakan cara menyimpan parfum yang benar untuk menjaga keawetan wanginya.

Simpan Parfum di Tempat Bersuhu Konsisten

Perlu Anda ketahui juga bahwa menyimpan parfum tidaklah bisa dilakukan dan diletakkan di sembarang tempat. Terutama meletakkan parfum Anda di kamar mandi atau mobil.

Jangan pernah meletakkan atau menyimpan botol parfum Anda di dalam kamar mandi, karena suhu kamar mandi sangatlah lembab. Hal ini malah akan membuat menguapnya dan hilangnya aroma pada parfum Anda tersebut.

Jangan juga meletakkan atau menyimpan botol parfum Anda di dalam mobil. Hal ini malah akan membuat botol parfum sering terpapar sinar matahari dan panas dari mobil yang mana bisa membuat wangi parfum menguap dan perlahan menghilang sehingga parfum Anda pun akan kehilangan wangi segarnya.

Sebaiknya, simpanlah botol parfum Anda pada tempat yang memiliki suhu ruangan lebih konsisten atau ruangan yang tidak mengalami perubahan suhu secara ekstrim.

Jangan Kocok Parfum

Cara menyimpan parfum selanjutnya adalah jangan pernah mengocok botol parfum Anda, baik sebelum menggunakan atau setelah menggunakannya.

Banyak sekali orang yang selama ini beranggapan bahwa mengocok botol parfum bisa membuat aromanya tercampur dengan baik.

Padahal, pada kenyataannya hal ini justru bukanlah cara yang benar untuk mengawetkan wangi parfumnya. Mengocok parfum malah akan mengurai molekul di dalamnya sehingga membuat wangi parfumnya menjadi cepat hilang.

Baca juga  Tips Sederhana Hidup Lebih Mudah

Letakkan Parfum di Botol Aslinya

Mungkin Anda merupakan seseorang yang sering kali membeli bibit parfum atau parfum kemasan share in jar, sehingga tidak pernah menggunakan botol parfum aslinya sebagai tempat penyimpanan cairan parfumnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa proses pemindahan parfum ini bisa membuat  cairannya menguap dan menjadikan baunya tidak awet.

Jika memang Anda merasa kurang praktis jika membawa botol parfum besar untuk dibawa jalan-jalan, maka Anda pun bisa menyiasatinya dengan membeli parfum dengan kemasan mini, tapi bukan kemasan share in jar, ya.

Simpan Parfum di Tempat Sejuk dan Gelap

Cara menyimpan parfum terakhir adalah dengan menyimpannya di tempat sejuk dan gelap. Hal ini dikarenakan paparan dari cahaya matahari bisa memecah molekul parfum sehingga akan mempengaruhi kualitas dari aroma parfum tersebut.

Jika Anda memang ingin wangi parfum lebih awet, maka Anda bisa menyimpannya di tempat bersuhu sejuk, seperti di dalam laci atau lemari yang tidak terlalu panas.

Selain itu, usahakan juga untuk menyimpan botol parfum pada tempat gelap untuk menghindari sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Inilah rekomendasi parfum yang cocok untuk anak kuliahan

Demikianlah beberapa cara menyimpan parfum yang baik dan benar untuk Anda perhatikan. Hal ini tentunya bisa Anda coba dan praktekkan di rumah jika memang ingin memiliki wangi parfum yang lebih awet.

Upayakan untuk tidak meletakkan botol parfum di sembarang tempat lagi untuk menghindari bau parfum yang menguap dan tidak segar, ya!

Info lain: Peluang Bisnis Parfum di Era 2021 Dengan Beragam Nilai Keuntungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *