Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak dan Macet Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak dan Macet Berputar-2d50dcbd
Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak dan Macet Berputar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak dan Macet Berputar. Kendala kipas angin yang macet atau berputarnya lambat biasanya di bagian dinamo dan kelistrikan. Maka dari itu bagi pemilik kipas angin harus benar-benar merawat kipas angin supaya gak menimbulkan kendala seperti macet dan berputar lambat.

Alat Yang Digunakan Untuk Memperbaiki Kipas Angin

  1. Obeng
  2. Kain kering
  3. Kuas
  4. Solar

Kegunaan Dari 4 Alat Tersebut Adalah :

1. Obeng

Obeng berguna untuk membuka baut-baut agar bisa membersihkan kotoran di dalamnya. Bila tidak menggunakan obeng maka kalian tidak akan bisa membersihkan kotoran di dalamnya.

2. Kain kering

Kain kering berguna untuk membersihkan debu-debu di dalamnya agar gak kelihatan kotor saat di lihat orang. Usahakan untuk membersihkan debunya benar-benar bersih supaya tidak ada kendala lagi.

3. Kuas

Kuas berguna untuk membersihkan bagian dalam dinamo agar gak terlihat kotor. Dan juga bisa membersihkan as rotor yang sudah di beri solar agar karatnya bersih.

4. Solar

Solar berguna untuk membersihkan karat yang ada di dinamo agar gak mengganggu aktivitas dinamo dan agar gak macet dan bergerak lambat. Dan solar berguna untuk membersihkan as rotor yang karat.

Penyebab kipas angin macet dan Cara memperbaiki kipas angin

Penyebab kipas angin macet

Bila Kipas angin yang kalian punya tidak dapat berputar dengan sempurna bagaimana mestinya itu yang di sebut dengan kerusakan yang di sebabkan oleh beberapa kondisi di bawah ini:

Baca juga  4 Tips Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat Pada Remaja

Pengertian as rotor yang sudah aus

As rotor adalah besi di bagian depan dinamo yang berfungsi untuk memutar kipas angin. Karena pemakaiannya sudah lama maka debu akan menggangu putaran as tersebut.

Cara mengatasinya, perlu kita lakukan pembersihan dinamo dengan kuas dan solar biar bekerjanya dinamo gak lambat dan macet. Jika as rotor mengalami perkataan takutnya akan menimbulkan putarannya semakin berkurang kerjanya dan akan melambat.

Karena dari itu, kalian harus siap-siap memeriksa kondisi as rotor biar gak karat.

Kapasitor kipas angin yang melemah

Kipas angin yang berputar lemah atau macet biasanya terjadi akibat kapasitor kipas angin yang melemah. Hal tersebut karena kapasitor sudah berubah nilai disebabkan umur kipas angin sudah tua atau sudah lama.

Biasanya kapasitor kipas angin yang melemah bisa di tandai dengan cairan elektrolit di bagian fisik yang sudah kembung. Tetapi kondisi tersebut di sertai pertanda fisik kapasitor yang sudah kembing

Kapasitor juga dapat menurun nilainya meski keadaan tidak mengembung secara fisik. Jika anda dapat memperbaiki masalah di bagian kapasitor lama dengan yang baru untuk menggantinya.

Penyebab kipas angin macet dan berputar lambat solusinya silahkan di perbaikinya. Jika tidak mampu silahkan bawa aja ke ahlinya supaya kipas angin normal seperti biasanya.

Cara memperbaiki kipas angin

Setelah alat-alat sudah lengkap kalian fokus terhadap obeng terlebih dahulu. Karena obeng alat yang pertama digunakan seperti membuka baut-bautnya.

Setelah itu, fokus ke kain kering. Karena kain kering alat yang di gunakan untuk membersihkan debu-debu di bagian kipasnya.

Setelah itu, fokus ke kuas untuk membersihkan debu-debu di bagian dalam dinamo agar terlihat bersih. Selanjutnya, fokus ke solar untuk membersihkan karat-karat di dalam dinamo agar karatnya gak semakin bertambah.

Baca juga  Cara Transfer Pulsa Ke Rekening Bank, Termudah!

Setelah semuanya sudah tertangani, coba kalian test hidupkan kipas angin yang tadi bermasalah siapa tau sekarang sudah gak ada gangguan kelambatan putaran kipas angin.

Sekian artikel mengenai Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak dan Macet Berputar semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *