Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet

Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet
Promosi Bisnis (Photo by Artem Beliaikin on Unsplash)

Pemasaran adalah salah satu bagian penting pada bisnis karena dengan adanya pemasaran maka bisnis akan mudah dikenal oleh masyarakat. Apalagi untuk usaha mikro menengah yang membutuhkan kegiatan promosi agar produknya bisa terkenal. Jadi pemilik usaha harus tahu cara mempromosikan bisnis itu.

Khusus bagi pemilik bisnis yang baru maka ada beberapa cara untuk mempromosikan produk kepada masyarakat. Pemasaran juga dapat dilakukan untuk menarik minat dan kepercayaan dari masyarakat terhadap produk tersebut. Beberapa caranya adalah sebagai berikut: 

Cara Mempromosikan Produk dengan Cepat

Promosi harus dilakukan jika ingin masyarakat mengetahui mengenai produk tersebut. Barangkali produk tersebut adalah kebutuhan yang dicari oleh masyarakat. Berikut cara mempromosikannya agar cepat laku.

1. Melibatkan Diri pada Event Besar

Untuk cara yang pertama adalah dengan melibatkan diri pada kegiatan atau event besar. Misalnya di sebuah tempat mengadakan acara dan mengundang pebisnis kecil untuk membuka stand. Cobalah menggunakan kesempatan tersebut untuk mempromosikan produk tersebut.

Ketika rajin mengikuti kegiatan tersebut maka hal yang akan didapatkan adalah pelanggan. Apalagi jika baru buka dan menawarkan promo menarik tentu hal tersebut akan meningkatkan minat dari konsumen untuk membelinya.

2. Mengumpulkan Data Konsumen

Cara mempromosikan bisnis yang berikutnya adalah dengan mengumpulkan data dari konsumen. Dengan melakukan pendataan maka lebih mudah untuk melakukan pemasaran. Misalnya dimulai dari memberikan penawaran kepada anggota keluarga.

Selain itu semua data yang telah ditulis mulailah untuk menawarkan produk satu persatu sesuai dengan datanya. Hal ini akan membantu pemilik usaha agar tidak mengalami kebingungan saat akan mempromosikan usahanya.

Baca juga  Instagram Marketing Untuk Pemula Dalam Bisnis

3. Melakukan Survei Terlebih Dahulu

Agar proses promosi dapat menghasilkan banyak pelanggan, cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu. Survei yang dimaksud adalah mencari informasi mengenai harga beli di pasaran.

Lalu berikutnya tinggal menyesuaikannya saja dengan produk tersebut, jika harganya tidak jauh berbeda dari harga pasaran maka pembelinya bisa bertambah banyak. Survei juga penting dilakukan sebelum membangun bisnis. Apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat bisa dijadikan sebagai ide bisnis.

4. Melakukan Kegiatan Amal

Cara mempromosikan bisnis yang berikutnya adalah dengan mengadakan kegiatan amal. Ini bisa dijadikan momen penting untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Rasa peduli yang ditujukan dalam kegiatan amal dapat membuat pelanggan percaya terhadap bisnis tersebut.

Tentu rasa penasarannya juga akan bertambah apalagi jika yang mengikuti kegiatan amal itu banyak. Selain meningkatkan rasa percaya dari pelanggan, tentu hal ini juga dapat dijadikan sebagai ajang memperkenalkan perusahaan kepada konsumen.

5. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Cara berikutnya yang juga terbukti ampuh adalah dengan menggunakan media sosial. Sudah banyak pebisnis yang menggunakan cara ini dan terbukti efektif. Apalagi sekarang hampir semua orang bermain sosial media apapun.

Adapun langkah pertamanya adalah dengan memilih akan memanfaatkan sosial media apa misalnya Instagram. Langkah berikutnya adalah dengan membuat akun dari usaha tersebut. Lalu kemudian dilanjut dengan membuat postingan yang menarik.

Buatlah caption yang bisa membuat masyarakat penasaran dan jangan lupa sertakan hastag sesuai dengan bisnisnya. Jika ingin mencoba sosial media lain juga bisa menggunakan Facebook Ads, Youtube Ads, TikTok Ads, Google Ads dan lain sebagainya.

Pebisnis juga dapat memanfaatkan fitur iklan yang terdapat pada sosial media tersebut. Tentu akan memerlukan biaya tambahan dan sebaiknya persiapkan hal tersebut sebaik mungkin.

6. Memberikan Promo atau Tawaran Menarik

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penawaran menarik. Misalnya karena bisnis baru buka maka coba untuk memberikan diskon atau potongan harga. Masyarakat sangat menyukai yang namanya promo.

Baca juga  Marketing Mix Adalah : Pengertian Dan Definisi

Beberapa cara mempromosikan bisnis yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan sebagai alternatif promosi. Pebisnis dapat memilih salah satu atau mencoba semua cara di atas agar produk menjadi laku keras.

Keuntungan Promosi Online

Promosi adalah salah satu bagian dari bisnis yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya promosi merupakan kegiatan yang akan menentukan perkembangan sebuah bisnis dan bisa dilakukan secara online. Ada banyak keuntungan promosi online yang bisa didapatkan untuk kemajuan sebuah bisnis.

Keuntungan-keuntungan ini yang kemudian menjadikan promosi online jadi banyak diterapkan oleh para pebisnis. Apalagi di zaman yang sudah serba canggih ini, promosi online banyak dijadikan sebagai cara utama untuk memasarkan suatu produk.

Ternyata ada banyak keuntungan yang akan didapatkan dari memulai promosi memakai cara online. Keuntungan tersebut dapat menghemat waktu, tenaga dan pikiran. Berikut beberapa keuntungannya.

1. Tidak Mengenal Batas

Manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan jika melakukan promosi online adalah tidak mengenal batas. Maksudnya adalah seorang pebisnis bisa melakukan kegiatan promosi kapan saja dan di mana saja, tidak mengenal batas.

Berapa banyak yang dipromosikan juga bebas, sesuai dengan produknya. Jadi promosi online lebih mudah dilakukan karena juga menghemat tenaga, prosesnya cepat dan hanya mengandalkan ponsel saja. Pebisnis tidak perlu lagi bertemu dengan pelanggan secara langsung untuk memasarkan produk.

Kini hanya bermodalkan paketan data internet dan ponsel kegiatan promosi jadi bisa dilakukan dalam sekali klik. Promosi online juga dapat menjangkau banyak orang karena hampir semua orang sudah menggunakan ponsel.

Selain itu jika ada yang mau membeli produk tersebut maka akan menghubungi akun sosial media atau lewat email. Untuk itu ketika melakukan promosi jangan lupa untuk mencantumkan nomor ponsel atau alamat email dari pemilik bisnis.

2. Dapat Menghemat Waktu

Keuntungan promosi online yang berikutnya adalah dapat melakukan penghematan waktu. Karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja, walaupun mempromosikan saat tengah malam juga tidak akan masalah. Keesokan harinya konsumen akan melihat informasi tersebut dan jika tertarik akan langsung membelinya.

Baca juga  7 Tips Memanfaatkan TikTok Untuk Digital Marketing

Selain itu waktu yang biasanya digunakan untuk melakukan promosi secara langsung kini bisa untuk melakukan hal lainnya. Karena bisa dilakukan kapan saja jadi tidak akan mengganggu kegiatan yang lainnya. Oleh karena itu cobalah untuk melakukan kegiatan promosi secara online saja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mempromosikan suatu produk lewat sosial media. Adanya sosial media akan membantu pebisnis untuk menjangkau banyak pasar. Hampir semua orang menggunakan sosial media khususnya yang sedang menjalani bisnis.

3. Menghemat Biaya Pengeluaran

Adapun untuk keuntungan yang berikutnya adalah dapat menghemat pengeluaran. Para pebisnis tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang seperti yang digunakan untuk promosi secara langsung. Tingga memanfaatkan ponsel saja maka sudah bisa melakukan kegiatan promosi.

Selain itu uang yang digunakan untuk bisnis juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Inilah yang akan menguntungkan pebisnis karena bisa menghemat pengeluaran. Apalagi perlengkapan yang dibutuhkan untuk promosi online juga sangat mudah didapat dan digunakan.

4. Bisa Mengontrol Stok Barang

Keuntungan promosi online yang berikutnya adalah terdapat kemudahan dalam melakukan kontrol persediaan barang. Pebisnis bisa menggunakan sistem PO atau pre order untuk bisnisnya, jadi tidak menyetok barang banyak-banyak.

Pebisnis bisa menyiapkan barang sesuai dengan jumlah yang dipesan oleh pembeli. Hal ini tentu akan memudahkan pengelolaan bisnis jadi lebih cepat. Selain itu jika sudah menyetok barang, maka gunakan jasa supplier untuk menyimpan barangnya.

5. Mudah Ketika Melakukan Riset

Untuk keuntungan yang berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan riset lapangan. Sudah banyak pebisnis yang sukses dengan melakukan promosi secara online. Sembari promosi, pebisnis juga bisa melakukan riset pasar lewat online.

Ada banyak ternyata keuntungan promosi online yang bisa didapatkan oleh para pebisnis. Sebagai pebisnis pemula tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan promosi online ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *