Cara Membut Konten Media Sosial Yang Menarik Untuk Bisnis

Cara Membut Konten Media Sosial Yang Menarik Untuk Bisnis
Cara Membut Konten Media Sosial Yang Menarik Untuk Bisnis

Cara Membut Konten Media Sosial Yang Menarik– Membuat konten marketing di media sosial menjadi sebuah kewajiban dalam dunia bisnis di era yang serba digital ini. Media sosial menjadi sumber berinteraksi dan tempat mencari informasi.

Sebuah studi yang dilakukan BrightLocal menemukan bahwa 85% orang mempercayai ulasan online sebagaimana mereka mempercayai rekomendasi pribadi.

Media sosial juga memberi Kamu kekuatan untuk menjangkau lebih banyak orang daripada yang Kamu bisa dengan pemasaran tradisional.

Dengan lebih dari 2,3 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook adalah jaringan media sosial terbesar. Di antara sekelompok besar orang, Kamu dapat dengan mudah menemukan orang-orang yang mungkin menyukai merek dan produk Kamu.

Oleh karena itu, media sosial menjadi tempat yang tepat  dalam menyebarluaskan merk dengan audiens target dalam berbisnis.

Dengan konten marketing yang menarik, pebisnis akan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Selain itu saat ini, hampir seluruh kegiatan marketing difokuskan pada pemasaran digital, yang berarti berfokus pada konten yang ditampilkan.

Lalu apakah sulit cara membuat konten marketing di media sosial agar menarik? Ada dua hal yang pada umumnya membuat sesuatu terasa sulit, pertama karena tidak membiasakan dan tidak mengetahui langkah-langkahnya.

Tips Membuat Konten Menarik

Tenang! Kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat konten marketing yang menarik agar media sosial dan produk kita didatangi banyak audiens.

1. Perbanyak riset

Kenapa memperbanyak riset? Seperti saya akan melakukan penelitian tugas akhir saja. Mungkin banyak yang menyepelekan kegiatan ini.

Baca juga  Cara Mempercantik Feed Instagram, Dijamin Jadi Lebih Estetik

Tapi perlu kita ketahui, dengan memperbanyak riset kamu akan menemukan kelebihan danh kekurangan dari produk kamu.

Oleh karena itu, di era digital ini perusahaan mencari seoarang data analisis untuk menganalisis perkembangan bisnis mereka.

Namun untuk UMKM, kamu bisa menganalisis dengan sederhana melalui testimoni pelanggan.

Dengan memperbanyak riset, kamu akan menemukan sesuatu yang baru untuk konten marketing kamu di media sosial masing-masing.

2. Mengikuti konten yang sedang trending topic

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah membuat konten yang sedang tren saat ini. Cara menemukan trending topic bisa dilakukan dengan membaca informasi dari Google Trends. Selain itu, kamu juga bisa mengambil topik yang sedang ramai diperbincangkan oleh netizen.

Contoh di media sosial yang bisa mencoba menarik perhatian netizen adalah konten tentang tren fashion terbaru, seperti tabungan yang menjual berbagai t-shirt, dll.

Konten yang sedang trending topic akan terasa lebih dekat dengan pelanggan karena saat ada sesuatu yang sedang trending, pikiran mereka terarah kepada sesuatu yang trending tersebut.

3. Buat konten yang bernilai positif

Untuk membuat konten yang baik, Kamu dapat memilih untuk menghasilkan konten yang bermanfaat dan positif bagi pembaca potensial.

Jenis konten ini biasanya bisa membuat banyak orang tertarik untuk menonton atau membaca sampai selesai.

Contoh tutorial untuk membuat cerita Instagram dan postingan Instagram agar lebih menarik dapat kita pelajari di Youtube dengan gratis. Tutorial tersebut tentunya akan berguna bagi pembaca yang tidak memiliki pengetahuan.

4. Samakan dengan tema media sosial yang digunakan

Saat membuat konten di media sosial, Kamu juga harus memperhatikan jenis media sosial yang digunakan.

Setiap platform memiliki karakter yang berbeda. Misalnya, jika Kamu ingin membuat konten pemasaran digital untuk Twitter, itu bisa menjadi tweet saja atau tweet yang dikombinasikan dengan gambar atau video.

Baca juga  Cara Share Video Youtube di Instagram Story

Berbeda dengan kasus aplikasi IG, Kamu biasanya harus menggabungkan gambar atau video dengan deskripsi dan tagar.

5. Buat konten yang kompleks

Tidak hanya menarik, konten konten Anda juga harus lengkap. Yang terbaik adalah tidak membuat konten yang terlalu pendek atau terlalu panjang.

Jika Anda ingin membuat artikel di blog, artikel lengkap akan memberikan kepuasan kepada pembaca. Kemungkinan besar, pembaca juga akan dapat berbagi artikel dengan orang lain, jika terasa sangat menarik.

Sementara itu, jika Anda membuat konten video di YouTube, sebaiknya lakukan dengan durasi 5 hingga 10 menit agar tidak terlalu singkat dan sebaiknya buat tumbnail yang bagus dan menarik karena orang ingin melihat video Anda di youtube pertama kali Anda melihat bahwa ada judul dan tumbnail tidak hanya konten karena penasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *