Strategi Pemasaran Saat Pandemi Covid-19

6 Strategi Pemasaran yang Tepat Selama Pandemi Covid-19
Strategi Pemasaran yang Tepat Selama Pandemi Covid-19

Setiap bisnis tentu membutuhkan strategi pemasaran agar tetap bertahan dan berjalan dalam kondisi atau tantangan apapun. Terutama, saat masa pandemi covid-19 yang mana keadaan tidak  memungkinkan untuk menjalani aktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu, bagi anda para pebisnis memerlukan strategi pemasaran saat pandemi yang tepat demi keberlangsungan bisnis anda kedepannya.

Ada beberapa strategi pemasaran saat pandemi covid-19 yang dapat dilakukan, agar bisnis masih tetap berjalan dan bertahan di tengah kondisi sulit tersebut, salah satunya dengan menyediakan apa yang dibutuhkan customer. 

Strategi Pemasaran yang Efektif Di tengah Pandemi Covid-19

Penerapan strategi pemasaran modern yang baik akan membantu keputusan pembelian terhadap produk anda. Berikut strategi-strategi pemasaran yang bisa anda gunakan:

1. Dengarkan keluh kesah customer

Untuk menjadi pebisnis yang baik artinya anda mau mendengarkan keluh kesah customer, minimal anda harus tahu apa yang mereka rasakan. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa melakukan riset terhadap sekelompok orang , dan lakukan juga pertemuan rutin dengan tim anda untuk membahas solusi yang tepat dalam membantu customer melalui produk dan layanan anda.

2. Tingkatkan rasa peduli dan empati

Agar postingan anda dapat menarik perhatian banyak orang, maka cobalah untuk menyajikan konten yang menunjukkan kasih sayang dan empati terhadap audiens anda. Mengapa hal tersebut perlu? Karena sebagian besar dari mereka memiliki kemungkinan sedang dalam masalah baik secara emosional maupun finansial.

Baca juga  10 Cara Menemukan Ide Bisnis Serta peluang Usaha Bagi Pemula

3. Beri apa yang customer butuhkan saat ini

Strategi pemasaran saat pandemi, cobalah untuk menempatkan diri anda sebagai customer. Lalu, pikirkan tentang apa yang mereka butuhkan selama pandemi. Kemudian, berusahalah untuk menyediakannya. Ingat, tidak harus sesuatu yang berdampak besar, misalnya menjual makanan beku (frozen food), masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan strategi digital marketing

Di masa pandemi seperti sekarang ini strategi pemasaran offline dinilai kurang efektif. Jadi, sudah saatnya anda beralih ke pemasaran digital. Untuk mendukung jalannya pemasaran, anda bisa menggunakan website dan media sosial, bahkan jika memungkinkan tambahkan opsi pemesanan dan pengiriman produk supaya customer tetap bisa membeli produk anda selama pandemi covid-19.

5. Manfaatkan social media marketing

Banyak orang terjebak pada keadaan yang mengharuskan mereka menjalani karantina di rumah, dan untuk mengisi waktu luang, mereka memilih menghibur diri dengan olahraga, bersih-bersih rumah, nonton televisi, mendengarkan radio, menonton film, mendengarkan berita dan lainnya. 

Di antara kegiatan tadi, tidak sedikit dari mereka yang membuka aplikasi media sosial untuk melihat perkembangan dunia luar atau hanya sekedar mencari hiburan saja. Hal tersebut bisa menjadi peluang baru yakni sebagai sarana untuk memasarkan produk yang anda jual. 

6. Perhatikan keamanan produk

Strategi pemasaran saat pandemi selanjutnya adalah, memperhatikan keamanan produk. Meskipun promosi melalui online terlihat mudah, namun anda tetap harus memperhatikan segi keamanan produk, misalnya dengan menyertakan video sebagai bukti jaminan keamanan produk telah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *