4 Tips Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat Pada Remaja

gaya hidup sehat remaja
4 Tips Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat Pada Remaja

Remaja adalah golongan umur yang paling sulit dibiasakan untuk hidup sehat. Karena hal ini, bahasan gaya hidup sehat remaja selalu hangat didiskusikan. Saat masih kecil, kebutuhan kesehatan mereka bisa diawasi penuh oleh orang tua. Tapi saat remaja, mereka menjadi lebih bebas dan terkadang hidup semaunya tanpa memikirkan kesehatan.

Tips Gaya Hidup Sehat Remaja:

Bagi orang tua yang ingin anak remajanya belajar cara hidup sehat dan bersih dalam keseharian, mari bahas tips – tipsnya dalam artikel ini!

1. Tanamkan dengan Memberi Contoh

Tips yang paling jitu untuk ajarkan anak untuk hidup lebih sehat adalah memberi contoh. Bagi remaja, panutan utama mereka adalah orang tua. Jadi selama Anda bisa memberi contoh hidup sehat yang baik setiap harinya, si remaja pasti meniru.

Contoh saja Anda ingin mengajarkan kebiasaan olahraga. Mengapa tidak biasakan diri olahraga tiap pagi lari ringan keliling komplek? Lakukan hal ini berulang sambil mengajak si remaja. Pasti lama kelamaan mereka mau ikut dan akhirnya terbiasa olahraga tiap pagi.

2. Berikan Pengawasan Tapi Jangan Memaksa

Tips ajarkan gaya hidup sehat remaja yang berikutnya adalah soal pengawasan. Bagi Anda yang ingin pastikan si remaja tidak coba – coba rokok atau konsumsi terlalu banyak makanan instan, pastikan pengawasan Anda baik.

Pengawasan ini bukan paksaan. Untuk hindari makanan instan banyak, ceritakan saja hal negatif dari makanan itu. Scare tactic ini lebih efektif memberikan image negative akan sesuatu. Jika sudah dilakukan lama, si remaja dengan sendirinya membatasi diri. Jika Anda menggunakan taktik memaksa, hal ini malah tidak efektif.

Baca juga  4 Contoh Gaya Hidup Sehat yang Bisa Anda Terapkan di Kantor

Jangan marah – marah saat mereka membeli snack kemasan, tapi cukup beritahu saja agar tidak makan terlalu banyak. Pengawasan Anda ini dilakukan berulang, pasti si remaja terbiasa dan ingat harus mematuhi batasan yang sudah Anda berikan sebelumnya.

3. Sesuaikan Kebiasaan Hidup Sehat dengan Gaya Hidup Mereka

Memastikan gaya hidup sehat remaja bisa disesuaikan dengan kebiasaan hidupnya. Remaja memiliki aktivitas yang full untuk sekolah, mengerjakan tugas, ekstrakulikuler dan bahkan hiburan sendiri. Anda tidak bisa paksakan kebiasaan sehat yang mengganggu aktivitas tersebut.

Contoh saja waktu kumpul bersama keluarga, Anda luangkan lebih sehat. Contoh daripada kumpul nonton TV bersama, coba buat hal ini untuk jalan – jalan ke taman. Saat makan bersama di luar, coba datangi restoran yang menawarkan hidangan sehat tapi nikmat. Melakukan perubahan kecil ini akan mengubah perspektif hidup sehat tidak perlu repot pada remaja.

4. Arahkan Remaja Ke Trend Sehat yang Menarik

Gaya hidup sehat remaja saat ini tergolong lebih mudah diatur dengan trend. Contoh saja soal olahraga. Beberapa tahun terakhir, trend bersepeda sangat menjamur. Jika Anda ingin biasakan anak lebih sering olahraga, manfaatkan trend ini untuk menggoda mereka.

Coba belikan sepeda pada si remaja dan bersama – sama berkunjung ke taman. Melakukan kegiatan ini dan melihat para pesepeda lain yang ikut trend, pasti efektif mengajarkan cinta olahraga pada si remaja.

Sekian bahasan tentang tips ajarkan gaya hidup sehat remaja. Mudah – mudahan dengan bahasan ini, Anda bisa lebih terbantu untuk membentuk pola hidup anak agar lebih sehat. Terima kasih sudah membaca! Info lain: Sebab Akibat Terjadinya Pergaulan Bebas Dikalangan Anak Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *