Tips Menghadapi Konsumen Rewel, Dijamin Ampuh!

Tips Menghadapi Konsumen Rewel, Dijamin Ampuh!
Tips Menghadapi Konsumen Rewel, Dijamin Ampuh!

Menjadi seorang pebisnis maka akan dihadapkan dengan berbagai jenis pelanggan salah satunya adalah pelanggan rewel. Tidak setiap pelanggan yang dihadapkan memiliki sifat yang cerewet akan tetapi jika menghadapi pelanggan rewel ada tips menghadapi konsumen rewel dan dijamin ampuh.

Jangan sampai salah ketika berhadapan dengan pelanggan yang rewel. Bagaimanapun juga itu adalah konsumen yang membantu bisnis menjadi lebih berkembang. Adapun untuk informasi mengenai tipsnya adalah sebagai berikut:

Tips Menghadapi Konsumen Rewel

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelanggan rewel di bawah ini bisa diterapkan. Ingat bagaimanapun cerewetnya seorang pelanggan ia tetaplah pelanggan yang harus disikapi dengan baik. Untuk tips-tipsnya adalah:

1.     Memberikan Kompensasi Kecil ke Pelanggan

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kompensasi atau ganti rugi sederhana kepada konsumen. Jadi jika sejak awal membangun bisnis, sudah memikirkan tentang kompensasi yang diberikan maka cobalah untuk memberikannya kepada pembeli.

Beberapa contoh ganti rugi yang dapat diberikan adalah potongan harga, hadiah menarik, penawaran promo dan sebagainya. Hal ini tentu akan membuat pelanggan tidak akan terlalu kecewa, atau mungkin pelanggan akan senang dan tidak rewel lagi.

Kekecewaannya terhadap usaha yang sedang dijalankan juga akan berkurang karena ada niat baik dari pemilik bisnis untuk memberikan ganti rugi. Hal ini juga bisa termasuk ke dalam peningkatan kualitas pelayanan agar bisnis semakin maju.

Baca juga  5 Tips Menyiasati Rumah Sempit agar Terkesan Luas

2.     Meminta Saran dan Kritik dari Pelanggan

Tips menghadapi konsumen rewel yang berikutnya adalah dengan meminta saran serta kritikannya. Jadi ketika pelanggan mengadukan kekecewaan, cobalah untuk bertanya bagaimana seharusnya untuk mengatasi hal tersebut. Pendapat pelanggan itu sangat penting untuk perkembangan usaha tersebut.

Pelanggan rewel jangan dijadikan sebagai beban akan tetapi cobalah untuk menjadikannya sebuah kesempatan emas. Barangkali niat baik yang diberikan membawa dampak yang baik pula. Bisa saja saran dan kritikan tersebut sangat bermanfaat untuk pemilik bisnis.

3.     Tidak Mengabaikan Konsumen

Tips yang berikutnya adalah dengan tidak mengabaikan kekecewaan dari konsumen. Sikap abai kepada konsumen dapat menurunkan citra bisnis di mata pelanggan. Pemilik bisnis akan dicap sebagai orang yang tidak peduli terhadap pelanggannya.

Walaupun pelanggan tersebut merepotkan dan membuat pemilik usaha pusing akan tetapi itu tetaplah pelanggan. Bagaimana pun juga pelanggan adalah orang yang berarti tertarik dengan bisnis tersebut. Sebisa mungkin untuk tetap memperlakukannya dengan baik.

4.     Berusaha Menjawab Keresahan dengan Penuh Kesabaran

Tips menghadapi konsumen rewel yang berikutnya adalah dengan menjawab pertanyaannya penuh kesabaran. Apapun yang ditanyakan oleh pelanggan, sebagai pemilik usaha cobalah untuk menjawabnya lama kelamaan pelanggan akan mengerti.

Apabila tetap melayani pelanggan dengan penuh kesabaran maka hal itu juga dapat dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan citra bisnis. Jika bisnisnya sudah besar, pastikan ada karyawan yang bisa mengajak berbicara pelanggan agar mau mengerti. 

5.     Tips Menghadapi Konsumen Rewel dengan Mau Mendengarkan Keluhan

Tips menghadapi konsumen yang bawel berikutnya adalah dengan mau menjadi seorang pendengar. Alangkah baiknya untuk mendengarkan terlebih dahulu apa yang dikeluhkan oleh pelanggan untuk mengetahui di mana letak permasalahannya.

Baca juga  Tips Memilih Perlengkapan Hiking Wanita untuk Naik Gunung

Apabila keluhan tersebut terjadi ketika hari pertama jualan maka yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkannya juga. Tempatkan diri sebagai seorang pendengar yang setia dan mau mengerti pelanggan. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

6.     Tips Menghadapi Konsumen Rewel dengan Berusaha Memberikan Solusi

Cara yang berikutnya adalah cobalah dengan memberikan solusi kepada pelanggan. Solusi yang tepat untuk masalah yang tepat akan membuat pelanggan menjadi lebih percaya. Pelanggan tidak akan kecewa lagi dengan bisnis tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya sebelum memulai bisnis, cobalah untuk membuat rencana mengenai solusi yang terjadi jika ada masalah.

Tips menghadapi konsumen rewel yang telah dipaparkan di atas bisa dijadikan sebagai alternatif jika ada pelanggan rewel. Bagaimana pun juga pelanggan ada karena menyukai produk yang dijual, oleh karena itu sebaiknya jaga kepercayaan dari konsumen sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *