Cara Alami Mencerahkan Bibir

Cara Alami Mencerahkan Bibir
Cara alami membuat bibir tampak merah

Menggunakan bahan alami untuk mencerahkan bibir merupakan cara alternatif yang bisa dicoba selain menggunakan poduk-produk kosmetik. Cara alami mencerahkan bibir bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan bibir.

Mencerahkan bibir dengan cara alami termasuk langkah aman yang bisa dilakukan karena tidak membawa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. 

5 Cara Alami Mencerahkan Bibir

Beberapa cara di bawah ini bisa dicoba untuk mencerahkan bibir secara alami tanpa efek samping yang berbahaya:

1. Eksfoliasi Bibir

Melakukan eksfoliasi bibir secara rutin setiap hari dipercaya mampu mencerahkan bibir secara alami. Hal ini dikarenakan proses eksfoliasi mampu mengelupasi sel kulit mati pada bibir sehingga warnanya menjadi lebih cerah.

Cara melakukannya cukup mudah yakni menggunakan waslap atau handuk yang basah lalu digosokkan ke permukaan bibir pada pagi hari sampai kulit-kulit kering dalam bibir terkelupas. Cara ini juga bisa dilakukan sesaat sebelum mandi.

Setelah itu, bisa gunakan lip balm agar bibir tetap lembab dan tidak kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini bisa dilakukan secara rutin setiap harinya.

2. Scrub Gula

Pada dasarnya, Teknik scrub gula dan eksfoliasi bibir tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati atau kulit kering dalam bibir. Cara ini dinilai mampu memberikan hasil yang lebih permanen sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Cara melakukannya yakni dengan mencampurkan 1 sdt madu dengan 2 sdt gula, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, gosokkan pada bibir secara lembut sampai kulit-kulit keringnya terkelupas kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga  5 Tips Cara Menghilangkan Mata Panda yang Menghitam

3. Cara Alami Mencerahkan Bibir Dengan Masker Kunyit

Selain digunakan sebagai masker wajah, kunyit juga bisa dipakai sebagai bahan alami untuk mencerahkan bibir. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan inhibitor melanin yang berkhasiat untuk merubah warna bibir.

Adapun cara untuk membuatnya yakni dengan mencampurkan 1 sdm susu dengan ½ sdm bubuk kunyit lalu aduk hingga keduanya tercampur menyerupai pasta kental. Setelah itu, basahi bibir dan gosokkan campuran kedua bahan tersebut.

Selanjutnya, biarkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih. Ketika bibir sudah bersih maka dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab atau lipbalm agar bibir tidak kering.

4. Masker Madu dan Gula Jawa

Cara alami mencerahkan bibir selanjutnya bisa menggunakan campuran madu dan gula jawa. Kedua bahan ini bisa digunakan sebagai scrub bibir agar sel kulit mati dan kulit kering bisa mudah terangkat.

Cara untuk membuatnya cukup mudah hanya dengan mencampurkan 1 sdt gula jawa yang telah dihaluskan dan 1 sdm madu. Selanjutnya aduk sampai tercampur dan gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar. Setelah itu, diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

5. Masker Bunga Mawar Merah

Sama seperti warnanya, bunga mawar merah dipercaya berkhasiat untuk memberikan warna merah secara natural pada bibir. Selain itu, bunga ini juga bisa menyegarkan dan melembabkan bibir.

Adapun cara pembuatan masker alami dari bunga mawar merah ialah dengan mencampurkan 5-7 kelopak bunga ke dalam air madu atupun air susu murni dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, blender kedua campuran tersebut sampai halus.

Oleskan pada bibir dan biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seharinya.

Baca juga  Tips Bermain Mobile Legends agar Cepat Sampai Mythic

Meski tidak bisa memberikan efek atau hasil secara cepat, namun tidak ada salahnya jika mencoba beberapa cara alami mencerahkan bibir di atas karena bahan-bahan yang digunakan tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *