Gadget  

Ini Penyebab HP Boros Baterai yang Sering Tidak Disadari

Ini Penyebab HP Boros Baterai yang Sering Tidak Disadari
Ini Penyebab HP Boros Baterai yang Sering Tidak Disadari (Photo by Raden Prasetya on Unsplash)

Memiliki handphone (HP) yang boros baterai memang cukup mengganggu dan menyusahkan, kemana-mana harus membawa charger dan powerbank. Terkadang ada beberapa hal yang tidak disadari menjadi penyebab HP boros baterai.

Kadang pada ponsel dengan kapasitas baterai yang besar juga kerap kali mengalami boros baterai, padahal tidak digunakan secara berlebihan. Untuk mengatasi ponsel yang boros baterai, perlu mengetahui hal-hal yang menjadi penyebabnya terlebih dulu.

Berbagai Penyebab HP Boros Baterai

Selain, karena usia baterai ada beberapa hal lain yang membuat baterai ponsel menjadi cepat habis, kadang ada banyak kebiasaan pengguna yang membuat kualitas baterai menjadi menurun dan cepat habis. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab baterai cepat habis yang perlu diketahui untuk dihindari.

1. Kualitas Jaringan Seluler yang Buruk

Jaringan seluler secara tidak langsung dapat mempengaruhi persentase daya baterai pada ponsel, jaringan seluler yang lemah akan membuat ponsel bekerja lebih keras untuk mencari sinyal.

Dalam proses pencarian sinyal tersebut, ponsel membutuhkan banyak daya, dan baterai pun menjadi lebih boros dibandingkan dengan ponsel yang menggunakan jaringan seluler yang stabil. Jadi, sebaiknya gunakan provider seluler yang memiliki jaringan kuat agar baterai ponsel tidak cepat habis.

Selain, berpengaruh terhadap daya tahan baterai jaringan seluler yang buruk juga akan mengganggu kinerja ponsel saat menjalankan aplikasi, terutama saat digunakan untuk streaming film ataupun bermain game online.

2. Komponen Charger yang Tidak Sesuai

Penyebab HP boros baterai selanjutnya bisa dikarenakan oleh komponen charger yang tidak sesuai dengan standar ponsel yang digunakan. Atau bisa juga karena menggunakan charger palsu. Komponen charger yang tidak tepat akan berpotensi merusak cel-cel pada baterai.

Baca juga  Smartphone Honor 9i Dan Xiaomi Mi A2 Lite Serta Kisaran Harganya

Jadi, untuk menghindarinya selalu gunakan charger bawaan ponsel tersebut, jangan sekali-kali menggunakan charger dari ponsel lain atau menggunakan charger palsu. Karena akan berisiko memperburuk kondisi dan kualitas baterai ponsel jika digunakan secara terus-menerus.

3. Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Jika, di dalam ponsel terdapat berbagai macam aplikasi, sebaiknya hanya gunakan aplikasi yang penting-penting saja. Bila perlu hapus semua aplikasi yang tidak pernah digunakan agar baterai ponsel lebih tahan lama.

Penyebab baterai ponsel cepat habis juga bisa diakibatkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Meskipun tidak membuka dan menggunakan aplikasi tersebut, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat mengkonsumsi banyak daya baterai.

4. Penyebab Boros Baterai Bisa Juga Karena Kualitas Baterai yang Digunakan

Biasanya vendor ponsel ternama pasti akan menggunakan baterai dengan kualitas yang baik. Namun ada kalanya ketika mengganti baterai di jasa reparasi ponsel, konsumen diberikan kualitas baterai yang di bawah standar. Sehingga membuat baterai ponsel lebih cepat habis dari baterai bawaan pabrik.

Biasanya jasa reparasi ponsel memberikan penawaran pengganti baterai dengan harga yang lebih murah, karena mereka menggunakan baterai palsu yang tidak sesuai dengan standar. Itulah mengapa meskipun baterai sudah diganti dengan yang baru masih saja bermasalah.

Jadi, sebaiknya ketika melakukan perbaikan pada komponen-komponen ponsel, pergilah ke servis center resmi dari vendor ponsel tersebut. Agar kualitas komponen yang dipasang memenuhi standar yang sudah ditentukan oleh vendor ponsel tersebut.

5. Sistem Ponsel Sedang Bermasalah

Penyebab HP boros baterai yang terakhir bisa disebabkan karena sistem di dalamnya sedang mengalami masalah, yang menyebabkan indikator persentase baterai tidak sesuai dengan daya baterai yang sebenarnya. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan kalibrasi baterai pada fitur ponsel.—

Baca juga  Spesifikasi hp OPPO Reno Series Terbaru dan Dilengkapi 5G

Dari beberapa penyebab HP boros baterai tersebut, bisa diketahui bahwa ada banyak kemungkinan yang membuat baterai menjadi cepat habis.

Info lain: Tanda Powerbank Rusak Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengganti Dengan Yang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *