5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat

5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat
5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Cara menumbuhkan rambut- Rambut adalah mahkota bagi setiap pemiliknya. Sangatlah wajar, jika setiap orang ingin tampil menarik dengan rambut yang dimilikinya.

Tidak sedikit yang mengalami rambut rontok dengan intensitas cukup tinggi, membuat mereka mencari cara menumbuhkan rambut yang paling efektif.

Dari mulai membeli berbagai perlengkapan untuk rambut, seperti: shampoo, minyak rambut bahkan obat penumbuh rambut sudah pernah mereka coba. Tidak jarang mereka juga sudah mulai sedikit frustasi dengan rambut yang dimilikinya.

Kenapa Rambut Bisa Rontok?

Pada dasarnya, rambut tersusun atas keratin yaitu sejenis protein yang secara khusus diproduksi oleh akar rambut atau folikel.

Saat rambut baru kita tumbuh, maka akan mendorong sel rambut yang lama, sehingga rambut lama akan terdorong keluar dan bisa kita lihat seperti saat ini.

Sebenarnya, rambut yang terlihat di luar adalah untaian sel keratin yang sudah mati dan berkumpul menjadi satu.

Penyebab yang paling banyak dirasakan dari rontoknya rambut adalah adanya stres emosional ataupun fisik yang dirasakan oleh tubuh. Stres ini bisa terjadi akibat terpapar oleh polusi ataupun radikal bebas dari lingkungan sekitar.

Pada beberapa kasus, rambut rontok juga dapat terjadi saat seseorang mengalami sakit, proses pasca melahirkan, berhenti meminum pil KB, hingga penurunan badan secara drastis.

Untuk mencegah kerontokan rambut, Anda bisa mengunjungi laman Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Menggunakan Bahan Alami

Hal ini tentu membuat banyak orang mencari berbagai cara menumbuhkan rambut, untuk mengembalikan mahkotanya.

Baca juga  Tips Tidur Berkualitas di Malam Hari

Cara Menumbuhkan Rambut

Kerontokan rambut merupakan salah satu respon tubuh dalam menanggapi rangsangan yang diterimanya, sehingga dibutuhkan cukup banyak waktu untuk memulihkannya seperti sediakala.

Bahkan bisa mencapai 6-9 bulan untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Berikut beberapa cara tumbuhkan rambut yang dapat dipraktekkan:

1.     Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Cara tumbuhkan rambut yang paling awal untuk dilakukan adalah mencukupi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh rambut. Cara ini untuk menjaga menumbuhkan rambut dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa vitamin yang dapat menunjang kebutuhan vitamin rambut adalah omega-3, omega-6, vitamin B5, biotin, dan juga vitamin C. Omega-3 dan omega-6, bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Sedangkan untuk mendapatkan asupan biotin, bisa didapatkan dari kuning telur ataupun jenis kacang-kacangan. Untuk vitamin C, bisa didapatkan dari berbagai macam buah yang segar seperti: jeruk, nanas, ataupun jenis buah lainnya.

2.     Menggunakan Minyak Esensial pada Rambut

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan hasil riset bahwa 40% pria yang memiliki keluhan rambut rontok, bisa menjadi tebal kembali dengan meneteskan minyak biji labu ke dalam shampoo.

Cara ini bisa digunakan sebagai alternatif cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain minyak biji labu, minyak jojoba, minyak rosemary, dan peppermint juga bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut secara alami.

Hindari menggunakan minyak esensial tersebut secara langsung. Pastikan minyak tersebut telah diencerkan sebelum digunakan.

3.     Mengonsumsi Suplemen Keratin

Meningkatkan konsumsi suplemen dengan kandungan keratin 500 gr berhasil meningkatkan kualitas rambut pada seseorang. Hasil ini didapatkan dari sebuah riset yang telah dilakukan sebelumnya. Peningkatan tersebut berupa:

  • Rambut rontok berkurang hingga 12,5%.
  • Kekuatan rambut meningkat hingga 5,9%.
  • Kilau rambut semakin tampak nyata.
Baca juga  6 Tahap Cara Mengubah Kebiasaan Buruk

4.     Konsumsi Protein

Kandungan protein pada makanan, bisa melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh bahan kimia. Protein yang cukup bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi yogurt, kacang-kacangan, dan juga telur.

5.     Menggunakan Bantuan Salep

Saat ini, banyak sekali yang menjual produk salep penumbuh rambut. Langkah ini bisa menjadi alternatif cara tumbuhkan rambut lainnya yang bisa dicoba. Pilihlah salep yang memiliki kandungan sedikit bahan kimia ataupun sudah teruji klinis.

Lima cara menumbuhkan rambut secara alami dan cepat tersebut bisa menjadi alternatif dalam menumbuhkan rambut kembali. Jika masih belum terlihat perubahannya, cobalah untuk melakukannya dengan intensitas yang rutin.

Info lain: Ampuh! Cara Hilangkan Ketombe Secara Alami Bahan Natural

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *