Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Menggunakan Bahan Alami
Rambut berkilau dan tidak rontok (photo: Element5 Digital on Unsplash)

Banyak orang yang sudah menjalani berbagai cara mengatasi rambut rontok, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan pada rambut yang bermasalah memang harus dilakukan secara bertahan karena hasilnya tidak bisa terlihat instan.

Jika selama ini hanya mengandalkan perawatan salon untuk mengatasi rambut rontok, cobalah untuk beralih menggunakan bahan alami.

Diperkaya dengan kandungan nutrisi yang melimpah membuat bahan alami bisa menjadi cara andalan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Daftar Bahan Alami Sebagai Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penggunaan bahan alami untuk perawatan rambut jauh lebih aman, karena tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, bahan alami lebih mudah didapatkan dan tentunya ekonomis.

Selain mengatasi rambut rombot, beberapa bahan alami diketahui memiliki kandungan vitamin yang mampu memberikan nutrisi bagi kulit kepala, sehingga terhindar dari berbagai masalah rambut.

Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok? Simak informasinya sebagai berikut:

1. Santan

Kelapa memang sudah dikenal mampu menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Bukan hanya minyak kelapa saja, nyatanya santan kelapa juga bisa bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

Kandungan protein dalam kelapa mampu secara efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Sebelum keramas, aplikasikan santan ke seluruh kepala. Diamkan selama 20 menit, dilanjutkan dengan keramas seperti biasa. Selain mengurangi rambut rontok, perawatan dengan santan akan membuat rambut menjadi lebih halus dan bersinar.

2. Lidah Buaya

Sejak dahulu lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk perawatan rambut.

Baca juga  10 Manfaat Pasta Gigi Yang Jarang Diketahui

Kandungan dalam lidah buaya dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga mampu secara efektif merawat rambut rontok.

Lidah buaya yang dioleskan di kulit kepala dapat menurunkan masalah rambut patah. Sebelum keramas, oleskan lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan rambut dengan menggunakan air.

3. Jambu Biji

Selain sebagai sumber vitamin C, ternyata jambu biji bisa digunakan untuk merawat rambut rontok. Buah ini mengandung banyak vitamin diantaranya B6, B3 dan B5.

Kandungan nutrisinya bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala, memperbaiki kerusakan rambut dan menghentikan kerontokan. Jambu biji bisa dijadikan sebagai masker dengan cara dihaluskan hingga menjadi bubur yang lembut.

Oleskan secara merata ke kulit dan batang rambut. Biarkan selama 40 menit, pijat sebentar dengan lembut. Bersihkan dan bilas dengan shampo.

4. Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa secara efektif meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini membuat teh hijau bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Cara menggunakannya cukup mudah, seduh 2 kantong teh hijau dengan menggunakan air hangat. Kemudian siram kulit dan batang rambut dengan teh hijau perlahan. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, bilas sampai bersih.

5. Alpukat

Alpukat mengandung protein alami yang sangat bagus digunakan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Jadikan alpukat sebagai masker rambut sebagai alternatif cara mengatasi rambut rontok.

Cara membuat masker alpukat tidaklah sulit. Hancurkan satu buah alpukat hingga kental. Oleskan keseluruh bagian rambut, diamkan selama 15 menit. Cuci rambut dengan menggunakan air.

6. Bawang + Madu

Bukan hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur saja, bawang ternyata juga mampu secara efektif mengatasi rambut rontok. Bawang memiliki kandungan sulfur tinggi dan efektif untuk dijadikan masker rambut.

Baca juga  Mengusir Semut dari Rumah dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Haluskan bawang putih dengan blender hingga halus dan ambil air perasannya. Campurkan air perasan bawang dengan 1 sdm madu. Oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama satu jam lalu dibilas.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami harus dilakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan agar rambut tetap sehat, indah dan terhindar dari berbagai masalah.

Info lain: Cara Memasak Mie Goreng Sedaap Yang Enak, Hal Sepele Bisa Buat Mie Goreng Anda Rasanya Tidak Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *