Cara Hidup Sehat dan Bersih yang Mudah Diterapkan

  • Share
Cara hidup sehat dan bersih
Photo: Artem Kniaz/unsplash

Mikaylabinar.com Cara hidup sehat dan bersih masih belum sepenuhnya diketahui oleh banyak orang. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, penting sekali hidup sehat dan bersih.

Sayangnya, tidak semua orang mempedulikannya. Padahal di masa pandemi kita dihimbau untuk lebih aware dengan kesehatan serta kebersihan. 

Jelaskan pengertian hidup sehat secara simple! Pengertian dari hidup sehat adalah hidup yang bebas dari masalah kesehatan baik dari kesehatan mental maupun fisik. Siapa yang tidak ingin hidup sehat?

Sudah pasti semua orang pasti ingin hidup sehat. Oleh karena itu untuk mendapatkannya perlu dimulai dari diri sendiri dengan mulai bergaya hidup sehat. 

Tidak hanya karena masa pandemi saja kita menyadari cara hidup sehat dan bersih. Namun dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya kita perlu perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Menerapkan PHBS tidak berlaku hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga hingga lingkungan di sekitar. Penerapannya pun harus bisa dimana saja seperti lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, sekolah termasuk tempat umum lainnya.

Kualitas hidup juga perlu ditingkatkan terlebih berhubungan dengan masalah kesehatan. Karena tanpa menerapkan gaya hidup sehat maka semakin lama tubuh juga akan merasakan dampak negatif.

Salah satu contohnya dengan memperhatikan pola istirahat yang baik dan benar. Jika Anda abai terhadap waktu istirahat yang kurang tepat maka tubuh akan mengirimkan sinyal-sinyal permasalahan pada kesehatan.  

1.3 Cara Hidup Sehat yang Mudah Diterapkan

Anda harus menghilangkan rasa malas dari dalam diri sendiri agar bisa menjalankan gaya hidup sehat. Kumpulkan niat dan kemauan yang kuat untuk mewujudkan gaya hidup sehat. Lantas bagaimana cara yang tepat?

Hal pertama yang perlu Anda atur adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Meski terkesan mudah tapi hal ini bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Mengapa demikian? Karena tidak semua orang paham akan kandungan gizi yang terkandung dalam sebuah makanan. Bagi sebagian orang yang penting makan dengan porsi cukup dan tentunya kenyang.

Padahal makan cukup dan kenyang saja belum tentu memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apalagi masing-masing orang mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda-beda.

Jadi alangkah baiknya jika Anda mengetahui kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Usahakan untuk mengurangi makanan berlemak yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Perbanyaklah konsumsi serat dari sayur dan buah sebagai upaya dalam menerapkan cara hidup sehat dan bersih.

Hal kedua juga perlu diterapkan adalah rajin berolahraga. Luangkan waktu setidaknya 15-30 menit per hari untuk melakukan olahraga.

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang kurang memiliki waktu luang untuk sekedar berolahraga karena padatnya rutinitas.

Padahal olahraga sangat dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap sehat dan bugar. Jangan mengira jika olahraga hanya melatih kekuatan otot tubuh.

Selain menyegarkan tubuh, olahraga dapat mengoptimalkan kinerja otak dan menjaga hormon serta fungsi tubuh secara optimal. Racun dalam tubuh juga dapat keluar melalui keringat saat Anda melakukan olahraga.

Bahkan dengan rajin berolahraga turut membantu mengurangi tingkat stres. Tidak hanya kalori saja yang terbakar tetapi juga dapat mengurangi resiko penyakit kronis seperti jantung hingga diabetes. 

Bagi Anda yang tidak mempunyai cukup waktu maka bisa melakukan olahraga di rumah. Apalagi saat ini sudah banyak panduan latihan yang bisa Anda temukan di internet. Jadi tidak ada alasan malas olahraga.

Hal ketiga yang biasanya cukup sering dilupakan adalah air putih. Ya, meski terlihat mudah tapi ada saja orang yang tidak suka minum air putih. Padahal dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. 

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika minum air putih sesuai dengan anjuran minimal 8 gelas per hari. Selain mengeluarkan racun, air putih dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menurunkan berat badan serta memperbaiki mood menjadi positif.

Jadi bagi Anda yang banyak beraktivitas jangan lupa untuk minum air putih untuk memenuhi 3 cara hidup sehat dan bersih. 

2. Tips Hidup Sehat dan Awet Muda

Setelah menerapkan 3 cara hidup sehat dan bersih seperti poin sebelumnya, tak jarang Anda bertanya-tanya akan pola hidup sehat lainnya.

Bagaimana menjaga gaya hidup agar tetap sehat meski usia tak lagi muda. Cobalah beberapa tips hidup sehat dan awet muda berikut yang bisa Anda coba.

  • Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Jika Anda ingin sehat dan awet muda jauhi alkohol dan rokok. Bahkan gaya hidup sehat remaja kini juga tidak sehat. Banyak anak sekolah usia remaja sudah bersahabat dengan rokok.

Padahal kandungan nikotin pada rokok dapat membuat pembuluh darah menyempit. Tentunya ini dapat mengganggu aliran darah ke kulit. Minimnya nutrisi dan oksigen yang diserap tubuh membuat kulit menjadi cepat keriput.

  • Mengelola Stres

Setiap orang mempunyai tingkat stres yang berbeda-beda. Belum lagi kemampuan untuk mengelola stres yang tidak semua orang bisa. Padahal stres berlebih dapat mempercepat timbulnya tanda penuaan terlebih pada kulit.

Usahakan untuk dapat mengelola stres dengan baik seperti bermeditasi, melakukan aktivitas menyenangkan dan menerapkan cara hidup sehat dan bersih.

  • Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Terlihat awet muda memang menjadi dambaan tidak hanya kaum hawa saja tetapi kini juga merambah kaum adam. Banyak cara yang dilakukan salah satunya dengan melakukan perawatan ke salon kecantikan. Padahal ada cara alami dan sederhana yang bisa agar sehat dan tetap awet muda.

Tanda penuaan bisa disebabkan karena radikal bebas. Untuk mengatasinya, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi antioksidan.

Kandungan antioksidan pada makanan dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit tubuh. Mulailah contoh gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah berry kacang-kacangan seperti biji labu dan kacang kenari, sayuran dan rempah-rempah. 

3. Manfaat Hidup Sehat

Agar hidup sehat harus menjaga beberapa pola hidup yang sehat dan bersih secara konsisten. Pasalnya untuk mendapatkan makna dari hidup sehat tidak bisa dengan cara instan. Anda perlu menerapkan cara hidup sehat setiap hari untuk mendapatkan manfaat seperti yang diinginkan.

Kini orang semakin peduli dengan pola hidup sehat. Tidak sedikit juga yang datang ke dokter untuk berkonsultasi tentang tips tips hidup sehat. Apalagi mereka telah sadar akan pentingnya hidup sehat yang bisa dimulai dari mengubah gaya hidup.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, berat badan juga lebih terkontrol. Hal ini bisa terjadi karena Anda mulai mengontrol makanan yang biasa dikonsumsi.

Anda mulai memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Selain menjaga berat badan hidup sehat juga bisa memperpanjang usia.

Jika Anda aktif bergerak seperti berjalan kaki atau olahraga lain dapat membuat tubuh menjadi lebih fit. Terlebih dengan diimbangi konsumsi makanan sehat hingga istirahat yang cukup sehingga metabolisme pada tubuh menjadi optimal. Jangan lagi menunda untuk menerapkan

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *