Manfaat Fintech di Tengah Masyarakat dan Perkembangan Usaha

  • Share
3. Manfaat Fintech di Tengah Masyarakat dan Perkembangan Usaha-0c178f94

Mikaylabinar.com– Fintech adalah layanan keuangan digital dengan berbagai manfaat fintech yang menguntungkan untuk semua kalangan. Tidak hanya dari masyarakat saja namun juga untuk perkembangan dalam dunia usaha di Indonesia.

Fintech sangat terkenal di kalangan milenial terutama bagi mereka yang aktif memanfaatkan teknologi digital. Aksesnya sangat mudah dijangkau dan memberikan inovasi dalam bidang keuangan berbasis teknologi terkini.

Fintech sendiri merupakan gabungan antara teknologi dengan layanan keuangan sehingga memberikan kemudahan bertransaksi. Tidak heran jika banyak orang sangat menyukai inovasi ini dan terus dimanfaatkan serta dikembangkan.

Berbagai Manfaat Nyata Fintech untuk Dunia Usaha dan Masyarakat

Pada jaman dulu saat akan melakukan transaksi keuangan harus meluangkan waktu dan tenaga karena dilakukan langsung. Selain lebih hemat waktu dan tenaga masih ada banyak manfaat fintech untuk dunia usaha.

  1. Meningkatkan Perkembangan Perusahaan Start-up dan UMKM

Fintech sangat bermanfaat dalam membantu perkembangan dunia usaha terutama banyak munculnya perusahaan startup baru. Berbagai inovasi bermunculan dari kalangan muda atau kaum milenial khususnya produk-produk layanan keuangan di bidang ini.

Contoh sederhana saja banyak perusahaan digital yang menyediakan layanan peer to peer (P2P lending). Sehingga bisa mempertemukan antara pemilik dana dengan orang-orang yang membutuhkan dana secara mudah, cepat dan sistem online.

Keuntungan seperti ini ternyata sangat membantu banyak UMKM di Indonesia dari segi pendanaan. Terutama bagi UMKM yang tidak bisa mendapatkan akses pinjaman perbankan karena syaratnya masih tidak lengkap.

UMKM sangat merasakan manfaat fintech karena kemudahan mendapatkan modal tanpa harus ribet. Bagi investor yang tertarik membantu UMKM juga diberikan peluang menguntungkan berupa imbal balik berupa bunga setiap bulannya.

Saat ini perusahaan start-up semakin berkembang begitupun dengan UMKM yang ada di Indonesia. Pengalaman di bidang finansial digital membuat perkembangan lebih mudah dijangkau hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

  1. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Contoh manfaat fintech lainnya yaitu mampu meningkatkan taraf hidup dan daya beli masyarakat saat ini. Jadi bukan sekedar hanya demi mengejar untung bagi perusahaan yang menggunakan teknologi keuangan digital.

Daya beli masyarakat semakin meningkat seiring dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan saat ini. Contoh ketika melakukan transaksi pembelian tidak harus menggunakan uang tunai namun bisa memakai sistem online.

Anda bisa melakukan pembelian dengan memakai kartu debit, kartu kredit atau sistem pembayaran nanti. Hal ini sangat mempengaruhi daya beli masyarakat karena bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan mudahnya.

Contoh lagi saat ini banyaknya marketplace dengan berbagai metode pembayaran sehingga membantu meningkatkan penjualan. Banyak orang yang akhirnya tertarik untuk menjadi seller dan akhirnya mampu meningkatkan pendapatan mereka.

  1. Bitcoin dan Saham Turut Mengalami Perkembangan

Dalam dunia investasi ternyata manfaat fintech juga sangat dirasakan kemudahannya terutama dalam bertransaksi. Banyak pengguna aplikasi saham dan bitcoin yang tidak memiliki rekening bank namun tetap bisa transaksi.

Meskipun membuat rekening bank sangat sederhana, mudah dan cepat namun faktanya banyak yang belum memilikinya. Namun keinginan untuk berinvestasi sangat tinggi seperti dalam dunia saham maupun bitcoin.

Para investor tetap bisa melakukan transaksi pengiriman uang untuk membeli saham maupun bitcoin. Serta berbagai transaksi lainnya tanpa adanya kendala sama sekali sehingga meningkatkan perkembangan dalam dunia investasi.

Hal inilah yang membuat investasi saham dan bitcoin meningkat begitupun dengan finansial masyarakat. Tidak lagi sulit berinvestasi membuat perekonomian semakin meningkat juga dan membuat masa depan lebih baik.

  1. Pinjaman dengan Bunga Tinggi dapat Dikurangi

Masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung karena bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga wajar. Ada banyak penawaran pinjaman dengan sangat mudah dan prosesnya cepat namun suku bunga sangat tinggi.

Fintech memberikan penawaran kemudahan dalam sistem pinjaman yang transparan dan diawasi oleh OJK. Suku bunga juga diatur secara resmi oleh OJK sehingga tidak melebihi aturan yang berlaku dalam dunia perbankan.

Bagi orang-orang yang sudah pernah menggunakan layanan fintech tentu bisa memahami betul bagaimana manfaatnya. Banyak perbedaan yang dapat dirasakan dan hal ini memberikan kemudahan dalam akses pinjaman.

Syarat menjadi aturan perusahaan fintech biasanya jelas, mudah dipenuhi dan adanya regulasi yang tersusun. Namun sistem kredit yang ketat dapat meminimalkan resiko gagal bayar dan membantu pengelolaan pinjaman secara bijak.

Perkembangan teknologi tidak hanya memiliki pengaruh dalam dunia usaha saja namun juga ke layanan keuangan. Berbagai manfaat fintech sangat terasa bagi UMKM dan perusahaan start-up saja namun juga masyarakat luas.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *