Virtual Office Untuk Startup : Kantor Sewa atau Beli

Virtual Office Untuk Startup : Kantor Apakah Menyewa Atau Membeli ?
Virtual Office dan Working Space (Photo by Yibei Geng on Unsplash )

Pada saat anda memulai membangun startup tentu membutuhkan kantor, yang menjadi pertimbangan apakah akan menyewa ruang atau membeli kantor sendiri lalu bagaimana dengan virtual office untuk startup?

Apa pun jenis bisnis yang Anda miliki, pilihan biasanya tergantung pada lokasi dan keuangan. Apakah Anda dapat membeli atau hanya menyewa ruang akan tergantung pada modal dan pembiayaan yang Anda miliki.

Sewa Kantor

Sewa kantor bisa menjadi jawaban bagi banyak usaha kecil atau startup yang baru mulai. Ini fleksibel, sederhana dan cenderung lebih terjangkau. Sewa kantor/leasing membebaskan modal kerja dan dapat memberi Anda akses ke lokasi yang bagus. Leasing dapat menawarkan beberapa keuntungan:

1. Membebaskan modal kerja Anda.

Pertimbangkan secara singkat tentang cicilan hipotek yang cukup besar. Sedangkan bisnis anda baru mulai di bangun. Daripada terikat cicilan seperti itu, Anda bisa lebih fleksibel secara finansial, dan lebih mampu menggunakan uang Anda untuk hal-hal lain.

2. Dapat memberi Anda akses ke lokasi yang menguntungkan.

Jika Anda membutuhkan ruang ritel di area yang diperdagangkan dengan baik, atau Anda ingin berada di gedung yang memiliki cache atau fasilitas penting, sewa mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

3. Dapat membantu Anda fokus.

Anda dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda, daripada berurusan dengan sakit kepala yang datang dengan kepemilikan kantor dengan cicilan yang besar.

4. Secara finansial bisa lebih mudah dalam jangka pendek.

Baca juga  Lean Startup Adalah : Definisi dan Metodologi

Ini sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis kecil jika Anda baru memulai.

Kerugian Sewa

1. Anda bisa menghadapi kenaikan sewa setiap tahun.

2. Anda tidak akan membangun ekuitas.

3. Anda memiliki stabilitas yang lebih rendah.

Misalnya, pemilik dapat memutuskan untuk menggunakan properti itu dengan cara lain dan memilih untuk tidak memperbarui sewa. Ini bisa berarti kehilangan lokasi untuk bisnis anda dan kerumitan serta biaya untuk memindahkan bisnis Anda.

Membeli Kantor

Keuntungan memiliki kantor sendiri termasuk biaya tetap, pengurangan pajak, dan potensi penghematan jangka panjang.

1. Kunci dalam biaya Anda.

Hipotek komersial jangka panjang dapat memberi Anda biaya tetap, membuatnya lebih mudah untuk merencanakan keuangan dan berpotensi menghasilkan penghematan jangka panjang.

2. Tetapkan lokasi yang stabil.

Selain menstabilkan biaya, membeli juga dapat berarti bahwa Anda memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa Anda akan tetap berada di lokasi pilihan selama yang Anda inginkan.

3. Potongan pajak.

Memiliki dan mengoperasikan properti komersial memungkinkan Anda mengambil potongan pajak atas bunga hipotek, pajak properti, dan item lainnya.

4. Penghasilan tambahan.

Anda mungkin dapat menerima aliran pendapatan lain dengan menyewakan ruang kantor yang tidak terpakai.

5. Lebih hemat biaya dalam jangka panjang.

Ini termasuk membangun ekuitas dengan membayar pokok dan membuat properti menghargai nilainya.

Kekurangan Membeli:

1. Mengikat sumber daya.

Sebagian besar sumber daya keuangan Anda dalam jangka panjang mungkin digunakan untuk hipotek komersial Anda.

2. Biaya tak terduga.

Sebagai bisnis yang sedang berkembang, Anda dapat menghadapi biaya tak terduga – seperti peningkatan infrastruktur gedung atau perbaikan besar.

3. Membatasi pertumbuhan.

Seiring pertumbuhan bisnis, Anda mungkin perlu memperluas ruang kantor Anda untuk menampung lebih banyak karyawan, atau memperluas ruang Anda untuk inventaris. Jika Anda memiliki fasilitas, Anda tidak akan bisa pindah begitu saja saat masa sewa Anda selesai.

Baca juga  Cara Mengembangkan Bisnis Startup Dari Awal

Memilih Virtual Office Untuk Startup

Kantor virtual dapat menyediakan tiga jenis layanan utama – layanan komunikasi, layanan ruang rapat, dan alamat bisnis terdaftar.

Kantor virtual dapat melakukan berbagai hal diantaranya dapat memberikan kredibilitas instan kepada bisnis baru hanya dengan memberikan alamat yang bergengsi.

Dan dapat melakukan lebih banyak lagi, menyediakan berbagai layanan – sebagai suite atau a la carte – dari jarak jauh.

Mengapa Virtual Office untuk Startup

Bisnis kecil, termasuk bisnis baru dan bisnis rumahan, dapat memanfaatkan kantor virtual karena berbagai alasan diantaranya kredibilitas dan status instan, dalam hal alamat bisnis terdaftar, hingga manfaat yang sangat fungsional dan praktis dari akses ke komunikasi yang komprehensif dan layanan ruang pertemuan.

Untuk bisnis kecil yang baru dimulai, biaya penggunaan kantor virtual jauh lebih rendah daripada biaya penuh kantor fisik tradisional. Anda dapat menganggap kantor virtual sebagai pembagian waktu kantor.

Layanan Virtual Office Untuk Startup

Saat ini virtual office banyak bermunculan dengan berbagai layanan yang ditawarkan bagi pelaku bisnis. Secara umum, ada tiga layanan dasar virtual office untuk startup

1. Layanan Alamat Bisnis.

Ini sangat cocok untuk bisnis rumahan yang ingin dianggap lebih serius, atau yang perlu untuk bersaing. Dengan alamat resmi di lokasi utama, itu bisa tampak lebih mapan. Layanan Alamat Bisnis menawarkan berbagai macam item. Diantara mereka:

  • Pengiriman dan pengambilan surat lokal
  • Kotak surat terkunci di tempat
  • Penerusan surat
  • Manajemen kurir
  • Akses 24 jam ke gedung
  • Akses ke lokasi kantor virtual lainnya di jaringan penyedia

2. Layanan Ruang Rapat.

Dapatkan akses ke ruang konferensi dan ruang kantor. Pusat dukungan bisnis dapat menyediakan banyak hal, termasuk pencetakan berwarna, mesin faks, perlengkapan kantor, dan layanan pengiriman.

Baca juga  Pendanaan Awal Startup dan Tahapan Seri Pendanaannya

Ruang konferensi dapat dipesan per hari, per jam, atau tersedia dalam paket paket. Alat konferensi video dan alat presentasi disertakan. Layanan lainnya termasuk katering untuk pertemuan dan layanan valet.

3. Layanan Komunikasi.

Daftar panjang layanan komunikasi dapat mencakup penjawab panggilan otomatis, penerusan panggilan, penjawab telepon langsung, panggilan keluar, dan pesan suara (termasuk pengiriman pesan suara-ke-email dan pesan suara-ke-teks).

Kantor virtual dapat hemat biaya dan fleksibel; usaha kecil dapat memilih item a la carte, atau mengambil rangkaian layanan yang komprehensif.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan Virtual Office pada saat awal membangun bisnis, selain layanan instan virtual office secara harga lebih terjangkau daripada harus membeli atau sewa kantor sendiri

Anda juga bisa mempertimbangkan leasing apabila anda membutuhkan bisnis di lokasi strategis dengan karyawan yang standby di tempat. Namun, membeli kantor sendiri adalah terbaik apabila dana bukan masalah bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *