Tips Memotret Malam Hari Dengan Smartphone

Tips Memotret Malam Hari Dengan Smartphone
Tips Memotret Malam Hari Dengan Smartphone (Image by Willgard Krause from Pixabay )

Setelah matahari terbenam, ada dua opsi yang dapat Anda pilih di kamera ponsel cerdas Anda: tunggu besok atau tantang diri Anda dengan memotret pemandangan malam. Memotret malam hari dengan smartphone adalah tantangan yang cukup tinggi.

Tips berikut dapat membuat Anda mendapatkan foto di malam hari dengan memuaskan tanpa kamera DSLR atau lainnya, tetapi hanya dengan kamera smartphone! Jika penasaran mengenai tips tersebut, Cek dengan seksama di bawah ini ya.

1. Gunakan aplikasi untuk Long Exposure.

Saat merekam atau mengambil gambar cahaya rendah menggunakan kamera film atau DSLR, untuk mendapatkan eksposur yang baik adalah dengan kecepatan rana yang panjang.

Bagaimana solusinya di HP? Gunakan aplikasi yang tersedia di playstore!

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda coba, tetapi aplikasi yang disebut Manual yang dapat Anda coba. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Google Play Store, bekerja untuk membuat pengguna mengatur rana kamera.

2. Jaga agar kamera tetap stabil.

Cara terbaik untuk menghindari kamera blur adalah dengan menjaga kamera tetap stabil. Kedua tangan yang kita miliki tidak mampu menjadikan kamera stabil. Itu kenapa biasanya hasil kamera hp malah terlihat buruk dan nggak fokus di malam hari.

Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti gorillapod, tripod atau tongkat selfie untuk hp. Alat tersebut akan sangat membantu sekali dalam mengambil foto di malam hari.

Baca juga  Tips dan Trik Agar Nasi Tidak Cepat Basi, Cukup Mudah Lho!

Dengan menggunakan alat bantu tersebut, foto yang dihasilkan pun bisa menjadi lebih fokus dan akurat.

3. Capture Motion

Memotret di malam hari adalah tantangan tersendiri, tetapi itu tidak berarti itu adalah hambatan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Banyak objek yang dapat Anda gambarkan, misalnya, Anda dapat memotret gerakan atau gerakan. Anda bisa menggunakan lampu mobil. Atur kamera ponsel ke eksposur panjang dan foto jalan yang penuh dengan mobil yang lewat.

Tidak hanya itu Anda bisa berfoto dengan konsep lain seperti lampu jembatan, pesawat terbang dan lainnya.

Anda dapat melihat contoh Kevin Cooley yang memiliki proyek untuk memotret lintasan pesawat di malam hari atau potret kunang-kunang Tsuneaki Hiramatsu.

Dengan latar belakang langit hitam dan gelap, yang membuat foto lebih aneh tetapi unik dan, tentu saja, artistik.

Kegelapan bisa menjadi masalah, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk mendapatkan potret yang bagus.

Anda dapat mencoba memotret secara abstrak dan memanfaatkan blur yang Anda dapatkan di malam hari.

4. Mencoba memotret artsy

Salah satu tips untuk memotret di malam hari adalah mengubah sudut pandang menjadi lebih kreatif dan mendapatkan foto yang bagus.

Anda dapat mencoba untuk meningkatkan eksposur panjang dan kontras yang tinggi bisa mendapatkan foto yang baik dan keren.

Dengan latar belakang langit hitam dan gelap, yang membuat foto lebih aneh tetapi unik dan, tentu saja, artistik.

5. Manfaatkan flash handphone

Flash memiliki fungsi untuk menambah cahaya, itu sebabnya ponsel selalu dilengkapi dengan flash.

Namun, suka atau tidak suka, kamera memiliki flashdisk yang cenderung kasar, membuat wajah terlihat berminyak dan banyak orang memilih untuk tidak menggunakan flashdisk.

Baca juga  Cara Melaporkan Gangguan PLN Pra Bayar

Tapi itu tidak berarti flash tidak dapat benar-benar digunakan. Ada beberapa cara untuk menjadi lebih cerdik daripada flash kamera untuk menghasilkan cahaya yang lebih lembut.

Anda dapat meletakkan tisu atau kertas dalam sekejap atau menggunakan filter warna untuk variasi lainnya.

6. Edit dengan aplikasi edit foto

Saat merekam atau mengambil video di malam hari, pencahayaan dan kontras adalah suatu keharusan. Jika Anda merasa itu tidak cukup, Anda tidak perlu takut untuk mengedit foto Anda.

Beberapa aplikasi pengeditan foto, seperti picsart hingga VSCO, dapat menghaluskan foto Anda.

Banyak aplikasi edit foto yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan hasil foto di malam hari. Anda dapat mencoba berbagai jenis aplikasi yang paling sesuai dengan gaya Anda.

7. Tambahkan Grain dan Black & White dalam foto

Cahaya ISO yang tinggi dapat menghasilkan noise di foto Anda. Dengan menambahkan sedikit butir, gambar akan menghasilkan efek yang lebih dramatis.

Jika foto Anda terlalu kasar, Anda dapat menggantinya dengan menambahkan efek hitam dan putih. Kedua efek akan menghasilkan efek nostalgia dan mengubah gaya menjadi klasik fotografi yang keren.

8. Manfaatkan Backlighting

Pada malam hari tidak menutup kemungkinan bahwa ada sedikit cahaya, dalam keadaan tertentu, malam menjadi berwarna-warni membuat kamera menangkap gambar dengan baik. Keadaan seperti festival atau kembang api, misalnya, membuat foto lebih sulit untuk diambil.

Anda dapat mengikuti tips untuk memotret di malam hari dengan smartphone ini, mengambil foto backlit, seperti mengambil foto lampu toko, lampu jalan, atau apa pun yang ringan di belakang objek Anda. Backlight bisa menjadi alternatif gaya foto yang bisa Anda gunakan di malam hari.

Baca juga  5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami dan Cepat

9. Memaksimalkan cahaya malam

Tips memotret di malam hari dengan smartphone adalah memaksimalkan cahaya malam. Perbedaan antara siang dan malam adalah cahaya lampu.

Manfaatkan cahaya yang dapat Anda gambarkan sebagai neon, atau lampu lain untuk mendapatkan pemandangan atau lokasi yang tidak dapat difoto di siang hari.

Itulah 9 tips untuk memotret di malam hari dengan smartphone. Tentu saja, foto yang dihasilkan tidak segera berhasil dan bagus.

Tetapi dengan latihan, Anda dapat segera menjadi ahli menembak di malam hari. Tunggu, apa lagi? Segera gunakan tips di atas untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto malam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *