Cara Memaksimalkan Kamera HP

Cara Memaksimalkan Kamera HP
Cara Memaksimalkan Kamera HP

Cara Memaksimalkan Kamera HP– Bepergian untuk liburan itu menyenangkan, dan ada banyak momen berharga yang sering ingin Anda tangkap.

Menggunakan kamera DSLR menghasilkan gambar yang bagus di hampir semua kondisi, namun sayangnya ukurannya besar dan sulit dibawa kemana-mana.

Kehadiran kamera HP menjadi salah satu solusinya. Selain teknologinya yang sederhana dan ringan, teknologi kecerdasan buatan yang mulai diintegrasikan ke dalam HP terbaru juga menambah kualitas foto, sehingga hasilnya hampir sesuai dengan kualitas foto yang diambil oleh kamera DSLR.

Berikut cara memaksimalkan kamera HP:

1. Berani Mencoba

Hal pertama dalam trik cerdas untuk memaksimalkan kemampuan HP adalah membidik objek di depan Anda.

Tidak perlu menghasilkan foto yang bagus terlebih dahulu saat memotretnya, karena praktik pemotretan penting untuk pengembangan keterampilan fotografi Anda.

Tarik kembali objek atau pandangan sebanyak mungkin saat bepergian, dan jangan takut gambar yang dihasilkan akan buram atau terlalu gelap. Ingat, kesalahan adalah pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan keterampilan seseorang.

2. Pelajari tentang exposure

Meski dalam menggunakan kamera HP rata-rata menggunakan pengaturan otomatis, namun Anda juga harus mempelajari exposure triangle.

Pahami juga tentang penggunaan ISO, kecepatan rana, dan difragm aperture. Selain itu, saat ini sudah banyak HP yang sudah bisa membuat pengaturan yang begitu kompleks.

Dan kemudian Anda dapat mengujinya dengan memotret objek saat matahari terbenam, mengatur kecepatan rana yang berbeda dalam kondisi pencahayaan normal.

Baca juga  Cara Mendownload Sertifikat Vaksin Covid-19 PeduliLindungi

3. Tinggalkan penggunaan Zoom dan Flash

Zoom dan flash adalah fitur standar HP saat ini, tetapi ada baiknya untuk menghindari penggunaan kedua fungsi tersebut.

Kamera Hp tidak dirancang untuk memotret dari jarak jauh, jadi sebisa mungkin Anda lebih dekat dengan objek yang Anda inginkan di foto.

Sama halnya dengan penggunaan flashdisk. Penggunaan flash yang ceroboh dapat merusak pengambilan gambar. Jika memungkinkan, carilah tempat yang masih mendapatkan cukup cahaya, jadi tidak perlu menggunakan lampu kilat.

4. Lakukan Crop Pada Foto Jika Tidak Sesuai

Komposisi gambar sangat penting dalam fotografi, tetapi terkadang kondisi bidang tidak memungkinkan, yang membuat gambar kurang cocok dan membuatnya terlihat berantakan.

Salah satu solusinya adalah memotong ke dalam foto. Anda dapat memotong objek yang mengganggu dan mengatur ulang komposisi gambar agar terlihat lebih baik.

5. Perhatikan Sumber Cahaya

Trik untuk memaksimalkan kamera HP berikutnya adalah masalah pencahayaan. Cahaya merupakan faktor penting yang mempengaruhi kualitas saat mengambil objek, dan memastikan bahwa arah cahaya berasal dari belakang tubuh, sehingga objek yang difoto mendapat lebih banyak cahaya dan menghasilkan siluet yang sempurna.

Selain itu, tidak kalah penting untuk menetapkan white balance. Penggunaan indoor dan outdoor juga akan berbeda, menghasilkan kualitas yang berbeda.

6. Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Sebuah objek biasa akan berubah menjadi luar biasa ketika bentuk dan posisi mengambilnya cocok bersama-sama pada sudut yang berbeda. Sebuah objek, seperti pemandangan, akan terlihat lebih baik ketika Anda memanfaatkan refleksi bayangan dengan objek di danau.

Saat memotret objek, cobalah untuk mengambil beberapa foto dari beberapa sudut yang berbeda. Selain melatih keterampilan Anda, itu juga dapat menghasilkan gambar yang menarik dan tidak monoton.

Baca juga  Cara Daftar Kurir J&T Express Motor dan Mobil Melalui Email

7. Perbanyak Inspirasi Dari Berbagai Photographer

Selain mencoba fotografi sendiri, Anda juga bisa belajar dengan orang lain yang sudah lebih mengerti dan bisa bertukar pengalaman dan saran.

Juga, cobalah untuk menemukan inspirasi melalui hasil foto orang lain yang mereka unggah di flickr atau National Geographic. Di sana Anda akan menemukan banyak bidikan luar biasa, serta inspirasi.

8. Mencoba Aplikasi Kamera Di Google Playstore

Selain menggunakan aplikasi kamera bawaan HP, Anda juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

Selain memberikan fitur yang lebih menarik, terkadang ada beberapa HP yang justru menghasilkan bidikan yang lebih baik daripada menggunakan aplikasi kamera bawaan.

Info lain: 5 Rekomendasi Kamera Untuk Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *