Saham  

Saham Goto Salah Satu Pilihan Investasi Menguntungkan

Saham goto

Saham goto – Investasi saham memang sudah dari lama digandrungi masyarakat. Pasalnya investasi saham memberikan keuntungan yang menggiurkan dan tidak main-main. Namun, tak semua investasi saham akan menghasilkan pundi-pundi uang, sejumlah investasi ternyata malah menjadi investasi bodong sehingga menyebabkan para investornya alami kerugian. 

Perlu Anda tahu, investasi saham merupakan penanaman modal bentuk saham. Secara umum, saham artinya tanda penyertaan modal seseorang yang meliputi badan usaha pada suatu perseroan terbatas atau perusahaan. Saham dapat berupa finance, property, hingga real estate

Investasi saham sekarang ini seolah jadi gaya hidup masyarakat, apalagi di daerah perkotaan. Masyarakat sekarang ini sudah sadar akan pentingnya mempersiapkan tabungan jangka panjang untuk masa depan. Salah satu investasi saham yang banyak diminati investor adalah saham GoTo. 

Saat menjadi investor, perlu disadari adanya risiko saat akan melakukan investasi, baik emas maupun saham. 

Lalu, apa saja keuntungan dari investasi saham? Agar Anda paham tentang keuntungan investasi saham, mari simak ulasan berikut agar Anda tak terjebak investasi bodong. 

Keuntungan Memilih Investasi Saham

Anda masih ragu untuk investasi saham? Pada kenyataannya, investasi saham ini memiliki sangat banyak keuntungan. 

Saham jadi salah satu instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan orang banyak. Termasuk pilihan bagi generasi milenial yang ingin mulai berinvestasi. 

Banyak orang yang baru sadar jika hanya menabung tak akan cukup untuk menjaga aset kekayaan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, orang-orang pun kini mulai ingin mencoba investasi saham. Bagaimana dengan Anda? Sudah tertarik untuk mulai investasi saham?

Jika belum, berikut ini ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda untuk segera berinvestasi. 

1. Diversifikasi Investasi

Salah satu keuntungan dari investasi saham adalah bisa membantu dalam diversifikasi portofolio yang Anda miliki. 

Baca juga  Money Management Saham dalam Dunia Investasi Pasar Modal

Diversifikasi portofolio investasi penting sekali untuk menghadapi risiko besar investasi. Saat Anda beli saham di perusahaan berbeda-beda, maka itu bisa optimalkan alokasi aset dan juga mendapat diversifikasi investasi. Dengan begitu, maka risiko investasi yang Anda hadapi nantinya tak akan terlalu besar. 

2. Nilai Saham di Masa yang Akan Datang

Saat terjadi inflasi, saham terbilang mampu untuk memenangkan pertempuran. Ini membuat nilai saham bisa mengalami peningkatan. 

Meskipun mengalami penurunan, nilai saham umumnya tak akan turun signifikan. 

3. Capital Gain dan Dividen

Capital gain dan dividen tak akan Anda dapatkan saat berinvestasi emas. Namun, keduanya bisa Anda dapatkan saat investasi saham. Keuntungan ini mempunyai sifat yang pasif. 

Dividen adalah keuntungan perusahaan periode tertentu yang dibagikan ke tiap pemegang saham berdasarkan jumlah lembar kepemilikan saham ke dalam nilai tunai. Sementara, keuntungan modal atau capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan ketika investasi mempunyai harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli. Capital gain sangat disukai para investor saat memutuskan berinvestasi saham. Maka dari itu, keuntungan ini menggiurkan sekali.

4. Mudahnya Akses

Perkembangan zaman, apalagi dalam hal teknologi membuat hampir semua hal terasa sangat mudah, termasuk saat Anda memulai investasi saham. Sekarang Anda cukup mudah untuk mengakses dan juga menganalisis pasar saham yang terjadi di saat itu. 

Anda bahkan tak perlu jadi trader maupun investor untuk menganalisisnya. BEI jadi sumber informasi akurat untuk Anda dalam investasi saham. 

Tidak hanya analisis, investasi ini pun lumayan mudah dibeli. Anda dapat membeli saham lewat broker, perencana finance atau keuangan, dan bahkan secara online

Akses yang sangat mudah menjadikan investasi saham cocok sekali untuk Anda yang mau memulai berinvestasi. 

5. Tingginya Likuiditas

Keuntungan saham berikutnya yakni investasi saham memiliki likuiditas tinggi. Likuiditas tinggi artinya adalah bahwa Anda dapat dengan mudah beli atau jual produk apa saja di bursa saham.

Hal itu karena sekarang ini perusahaan mempunyai peran penting saat memperdagangkan saham ke satu ataupun lebih bursa saham di Indonesia. Saat hal itu terjadi, maka likuiditas akan menjadi tinggi sehingga memudahkan investor dalam menjual dan membeli bursa saham. 

Baca juga  Ingin Membeli Saham Syariah ! Simak Cara Beli Saham BRI Syariah untuk Para Pemula

6. Pengembalian yang Lebih Tinggi di Periode Pendek

Dibandingkan instrumen investasi lain, seperti deposito dan lain-lainnya, investasi saham akan memberi para investor kenyamanan. Kenyaman itu berupa pengembalian nilai dari investasi yang lebih tinggi atau besar pada jangka waktu pendek.

Hal itu bisa terjadi jika mampu untuk kurangi risiko investasi saham dan memaksimalkan pengembalian investasi saham. 

Investasi Saham Goto

Pada 17 Mei 2021, dua perusahaan besar anak bangsa, Gojek dan Tokopedia sudah resmi mengumumkan konsolidasi dan membentuk sebuah perusahaan induk dengan nama GoTo. 

GoTo terbentuk selaras dengan konsep negara Indonesia, yakni gotong royong yang bermakna masyarakat saling membantu satu dengan lainnya. Konsep itu diharapkan dapat menjadikan GoTo sebagai perusahaan yang dapat membantu serta mendorong perkembangan dari ekonomi digital di dalam negeri. 

Hal itu karena Gojek dan Tokopedia adalah perusahaan Indonesia yang menyandang predikat unicorn. Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika bersatunya kedua perusahaan ini dapat memberikan dampak yang besar untuk perekonomian di Indonesia. Salah satu dampaknya adalah dengan adanya saham GoTo. 

Untuk informasi secara lengkapnya, Anda bisa simak langsung ulasan singkat di bawah ini. 

Apa Itu Saham GoTo?

Bagi para investor, saham ini jadi salah satu hal yang dinantikan. Hal itu bukan tanpa alasan karena saham ini adalah saham unik terbentuk dari merger dua perusahaan digital besar Indonesia, Gojek dan Tokopedia. 

Pada tanggal 15 Maret 2022 yang lalu, GoTo resmi melakukan penawaran saham pertamanya. Untuk penawaran awal atau book building, kisaran harga saham berada di harga Rp. 316 sampai Rp. 346 dengan 52 miliar lembar saham dilepaskan ke publik, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk bisa mendapatkan dana dari IPO hingga Rp 17,99 T.

Cara-Cara Membeli Saham GoTo

Berikut ini adalah platform yang bisa dipakai untuk beli saham milik perusahaan teknologi raksasa Indonesia tersebut. 

  • StockBit

StockBit merupakan one-stop platform investasi saham dengan banyak keunggulan. Aplikasi ini menyediakan fitur e-IPO yang memberikan kemudahan untuk memesan saham yang akan IPO tanpa perlu melakukan registrasi ulang ataupun pindah ke aplikasi yang lain. Berikut ini beberapa langkah untuk pesan saham GoTo:

  1. Buka side menu atau Anda bisa klik banner “Watchlist”. Setelahnya akan muncul panduan investor pemula lewat e-IPO. 
  2. Di daftar perusahaan akan IPO, pilihlah kode saham GoTo.
  3. Isi jumlah lot serta penawaran harga per saham akan dipesan.
  4. Klik “konfirmasi” serta pastikan pesan telah terkirim.
  5. Cek berkala sampai pesanan sudah dalam status yang disetujui. 
  6. e-IPO
  7. Buka halaman situs e-ipo.co.id dan kemudian klik menu “Register”. Isilah alamat email aktif. 
  8. Pilihlah “Tipe Investor” dan lalu isi data-data yang diminta.
  9. Lakukan verifikasi serta masukan kode OTP di website yang ada di email
  10. Login lagi di situs e-ipo.co.id.
  11. Di tampilan page perusahaan sedang IPO, pilihlah GoTo. 
  12. Layar akan menampilkan informasi mengenai perusahaan, lalu pilih “Pesan”.
  13. Tentukan broker di kolom “Participant”, masukkan harga serta jumlah lot dikehendaki. 
  14. Isi data lanjutan dan kemudian selesaikan pemesanan. 
Baca juga  Trading Indeks Saham dan Perbedaannya Dengan Trading Saham

Langkah-Langkah Memulai Investasi Saham Goto untuk Pemula

Jika Anda ingin mulai berinvestasi, tapi masih cukup ragu. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulai Berhemat dan Sisihkan Uang Penghasilan

Untuk memulai investasi saham, Anda bisa mulai dengan menyisihkan serta mengalokasikan dana khusus berinvestasi. Setelah dana terkumpul, Anda bisa menginvestasikannya. 

Semakin besar jumlah investasi, maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan sangat menggiurkan pun semakin besar. 

  • Melakukan Riset

Anda perlu melakukan riset terkait produk serta jasa keuangan yang akan dipakai dalam investasi saham. Produk serta jasa keuangan itu harus cocok dengan karakter dan juga tujuan investasi Anda. 

  • Tentukan Cara Investasi

Menentukan cara investasi adalah dengan Anda memperhatikan jangka waktu investasi yang nantinya diambil. Anda juga perlu memperkirakan risiko yang nantinya didapatkan. 

  • Mengecek Portofolio Investasi secara Rutin

Setelah Anda resmi investasikan dana, Anda harus terus memantau aset serta portofolio investasi. Hal itu dilakukan agar Anda bisa tahu sejauh mana keuntungan investasi yang Anda miliki. 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai investasi saham dan saham GoTo. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *