Prospectus dan Fund Fact Sheet Reksadana

prospectus dan fund fact sheet pada reksadana

Mikaylabinar.com– Setiap investasi memiliki risiko oleh karenanya diperlukan pengetahuan yang baik dalam memilih instrument investasi. Pemahaman yang baik akan menghidarkan dari risiko yang mungkin terjadi. Untuk memahami instrument investasi diperlukan sumber informasi yang akurat yang bisa di dapatkan dari prospectus dan fund fact sheet reksadana.

Apa itu prospectus

Prospectus merupakan sumber informasi dalam bentuk dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan pengelola dana, penerbit efek atau Manajer Investasi yang memiliki kekuatan hukum.

Biasanya disajikan dalam lembaran pdf (ebook) yang bisa anda dapatkan di situs resmi perusahaan atau agen penjual efek.

Prospektus mencantumkan seluruh informasi penting yang berkaitan dengan penawaran umum investasi kepada publik sehingga investor mendapatkan informasi yang jelas termasuk risiko dari investasi.

Prospektus juga sebagai bentuk upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam hal transparansi sehingga terbebas dari klaim atau tuntutan investor di depan hukum jika investor mengalami kerugian atau risiko yang didapat jika tidak memahami isi dari prospectus.

Prospektus Pada Perusahaan

Prospektus mencantumkan informasi yang relevan dengan investasi oleh karenanya investor harus memahami atau mengetahui isi dari prospectus. Berikut ini adalah beberapa informasi yang disampaikan dalam prospectus :

1. Jumlah saham yang ditawarkan

Informasi ini mengenai jumlah keseluruhan saham yang ditawarkan kepada publik. Semakin banyak jumlah saham yang ditawarkan akan mempengaruhi pada likuiditas saham tersebut  

2. Nilai nominal saham dan harga penawaran

Nilai nominal saham berdasarkan harga pertamakali saham diterbitkan oleh perusahaan, sedangkan harga penawaran adalah harga yang ditawarkan kepada public.

3. Bidang usaha

Informasi berisi tentang bidang usaha dan bisnis apasaja yang dijalani oleh perusahaan penerbit saham

Baca juga  Reksadana Indeks Terbaik Dilihat dari Cara Kerjanya

4. Riwayat singkat perusahaan

Semacam curriculum vitae dari perusahaan penerbit saham, seperti sudah berapa lama berdiri dan sudah berapa lama menjalankan bisnisnya

5. Tujuan go public

Berisi informasi alasan dan tujuan dari penerbitan saham termasuk rencana penggunaan dana yang dihimpun melalui penawaran umum perdana (IPO). Pemaparan informasi ini umumnya disajikan dalam bentuk persentase-persentase dari setiap kegiatan yang akan dilakukan perusahaan.

6. Kegiatan dan prospek usaha

Informasi kegiatan bisnis perusahaan yang meliputi informasi tentang aspek produksi, penjualan, pemasaran dan distribusi, prospek usaha, serta kompetisi dan strategi usaha.

7. Risiko usaha

Berisi tentang gambaran atau informasi tentang risiko yang mungkin terjadi dimasa depan.

8. Kebijakan dividen

Berisi tentang informasi besaran dividen yang akan dibagikan kepada para investor

9. Kinerja keuangan perusahaan

Informasi tentang kinerja keuangan perusahaan dimasa lalu dan proyeksinya dimasa depan

10. Agen-agen penjual

Informasi tentang mitra atau agen penjual yang ditunjuk secara resmi oleh perusahaan penerbit efek.

Prospectus Pada Reksadana

Prospectus pada Reksadana biasanya berisi informasi tentang:

  1. Manajer Investasi; perusahaan pengelola dana
  2. Bank Kustodian; bank yang menjadi tempat penyimpanan dana investor
  3. Biaya reksadana; biaya yang dikenakan saat melakukan pembelian (subscription fee), penjualan (redemption fee), pengalihan (switching fee), dan biaya lainnya jika ada
  4. Jenis dan kebijakan investasi reksadana; jenis reksadana dan kebijakan dari Manajer Investasi selaku pengelola dana
  5. Risiko reksadana; potensi risiko apasaja yang terdapat pada reksadana
  6. Kewajiban dan hak investor
  7. Penjelasan mengenai prospectus; prospectus pertama atau pembaruan

Fund Fact Sheet

Adalah laporan produk reksadana yang diterbitkan oleh perusahaan Manajer Investasi yang berisi tentang kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan, informasi risiko, pembanding kinerja (benchmarking) dan informasi portofolio. Fund fact sheet biasanya hanya 1 halaman dan berisi ringkasan tentang reksa dana.

Baca juga  Panduan dalam Memilih Jenis Reksadana

Prospectus dan Fund Fact Sheet bisa di dapatkan melalui agen penjual, download di situs Manajer Investasi atau di market place agen penjual reksadana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *