Perkembangan Teknologi yang Terus Dikembangkan Perusahaan IT Terbesar di Dunia

Perkembangan Teknologi yang Terus Dikembangkan Perusahaan IT Terbesar di Dunia
Perkembangan Teknologi yang Terus Dikembangkan Perusahaan IT Terbesar di Dunia

Perusahaan IT terbesar di dunia memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan teknologi. Perusahaan teknologi ini menjalankan bisnis yang berbasis elektronik, seperti perangkat lunak, perangkat komunikasi, internet, perangkat keras komputer dan lainnya.

Tentunya beberapa hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat familiar dan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Pengertian Teknologi

Sebelum menuju pembahasan lebih jauh, lebih baik ketahui dulu pengertian dari teknologi. Pengertian teknologi secara umum adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu keterampilan dalam menciptakan alat dan metode pengolahan, sehingga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia.

Beberapa ahli juga memberikan pendapatnya sendiri terkait dengan pengertian teknologi, seperti Merriam Webster mendefinisikan teknologi sebagai suatu penerapan pengetahuan praktis di bidang tertentu, cara menyelesaikan sesuatu menggunakan proses teknis, metode, dan pengetahuan.

Menurut Jacques Elli teknologi diartikan sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah pada efisiensi di setiap kegiatan manusia.

Sedangkan menurut KBBI, teknologi adalah metode ilmiah yang penggunaannya ditujukan untuk mencapai tujuan praktis.

Masih ada beberapa pengertian teknologi menurut beberapa ahli. Namun jika ditarik kesimpulan teknologi ini tidak lepas dari ilmu pengetahuan, metode ilmiah, dan proses teknis yang digunakan agar pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan efisien.

Maka dari itu, tidak heran kalau saat ini teknologi sudah dimanfaatkan untuk membantu meringankan pekerjaan di berbagai bidang, mulai dari bidang bisnis, perbankan, informasi, telekomunikasi, pendidikan, kesehatan, pertanian dan diterapkan di bidang lainnya. 

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari yang awalnya hanya terbatas pada benda-benda berwujud saja seperti mesin atau peralatan-peralatan, saat ini bahkan kegiatan dasar manusia sudah cukup bergantung dengan teknologi.

Baca juga  Memahami pengertian Strategic Leadership

Sudah ada banyak sekali penemuan-penemuan dan inovasi teknologi dari yang sederhana hingga rumit. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi yang merupakan media perantara untuk berinteraksi dan mengekspresikan diri.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi sendiri merupakan istilah yang menunjukan adanya pertukaran informasi, kata, dan tanda yang dilakukan oleh dua orang atau lebih baik secara verbal maupun non verbal.

Sedangkan, Teknologi komunikasi merujuk pada alat atau barang yang digunakan untuk mendukung proses komunikasi itu sendiri, termasuk menyampaikan, mengirim, menerima, memproses, mengolah, mengedit, dan memanipulasi informasi.

Selanjutnya, Teknologi komunikasi ini berkembang dari yang awalnya menggunakan metode sederhana seperti lukisan gua, simbol, tanda asap, dan burung merpati.

Seiring berjalannya waktu metode yang digunakan menjadi semakin kompleks. Sehingga informasi bisa disampaikan melalui sistem pos, koran, radio, telegraf, telepon, televisi, komputer, email, pesan teks, hingga yang paling banyak digunakan saat ini yaitu internet dan media sosial.

Saat ini, perkembangan perusahaan teknologi mendominasi peringkat teratas perusahaan top dunia. Beberapa perusahaan IT terbesar di dunia yang tentunya sangat Anda kenal.

Diantaranya adalah Apple, Microsoft, Amazon, Facebook, Google (Alphabet), dan masih banyak yang lainnya.

Adanya perkembangan teknologi komunikasi, ditambah lagi dengan pengaruh globalisasi membuat jarak, ruang, dan waktu bukan menjadi masalah lagi.

Globalisasi informasi ini membuat penyampaian informasi menjadi semakin mudah dan tidak berjarak. Terlebih dengan adanya internet dan media sosial yang sangat mudah diakses siapa saja. Sehingga apapun yang terjadi di belahan dunia bisa diketahui oleh semua orang.

Dampak Teknologi Informasi

Hanya saja, yang perlu Anda ingat bahwa perkembangan teknologi komunikasi ini memberikan tidak hanya dampak positif, tetap juga dampak negatif.

Banyaknya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah, mengharuskan Anda berhati-hati dan memilah mana informasi yang benar, dan mana informasi yang tidak benar.

Baca juga  Warren Buffett Adalah : Profil dan Bisnisnya

Kesulitan membedakan informasi yang benar dan salah hanyalah salah satu dampak dari mudahnya penyampaian informasi secara global.

Dalam perkembangan teknologi komunikasi, penerapannya juga berkaitan dengan teknologi lain, seperti teknologi luar angkasa. Contoh teknologi luar angkasa yang bisa Anda temui adalah peluncuran satelit yang menjadi jembatan untuk melakukan komunikasi dan navigasi melalui internet, GPS, dan TV satelit.

Teknologi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) juga sudah mulai digunakan di berbagai bidang teknologi untuk memudahkan pekerjaan. Seperti dalam bidang layanan kesehatan, retail, manufaktur, perbankan, industri dan lainnya.

Dengan teknologi kecerdasan buatan, komputer dilatih agar bisa menyelesaikan tugas tertentu. Terutama yang berkaitan dengan sejumah besar data dan pola berulang dalam data.

Kelebihan kecerdasan buatan benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Kelebihan tersebut diantaranya adalah optimalisasi pekerjaan terutama pada pekerjaan berulang sehingga tidak memerlukan waktu lama dalam menyelesaikannya.

Kecerdasan buatan juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi melalui suara seperti contohnya ada penggunaan voice assistant.

Kelebihan lain dari kecerdasan buatan yang bisa Anda temui adalah sebagai solusi tugas administratif. Dalam hal ini, kecerdasan buatan digunakan untuk membantu membuat laporan, mempersiapkan anggaran belanja, dalam dunia pendidikan digunakan untuk menyiapkan rancangan materi dan lainnya.

Kecerdasan buatan juga memiliki kelebihan untuk belajar sendiri dan melakukan analisis pada data yang lebih rumit.

Kecerdasan buatan ini juga memiliki kaitan yang cukup erat dengan teknologi informasi. Contoh kecerdasan buatan dalam bidang teknologi informasi.

Diantaranya adalah algoritma media sosial yang membuat media sosial Anda lebih sering menampilkan konten yang sering Anda baca dan tonton. Ada juga contoh lainnya seperti websitemarketplace, fitur GPS, dan digital marketing.

Teknologi Konstruksi

Selain teknologi komunikasi dan juga teknologi buatan, ada juga teknologi konstruksi yaitu teknologi yang digunakan untuk membangun sarana dan prasarana.

Baca juga  Hari Gunung Internasional, Meninggalnya Ali Alatas, Pesawat Thai Airways Penerbangan 261 Jatuh dan Bom Pipa Meledak di Kota New York

Teknologi konstruksi merupakan suatu ilmu terapan yang digunakan bersama dengan ilmu pengetahuan lainnya. Sehingga bisa menyelesaikan berbagai masalah, terutama yang berhubungan dengan bangunan.

Teknologi yang satu ini berfungsi dalam memberikan gambaran rancangan sebuah bangunan yang efisien, efektif, dan hemat.

Namun tetap bisa mempertahankan standar dan kualitas dari sebuah bangunan, sehingga tetap layak untuk ditinggali.

Sama halnya dengan teknologi yang lain, teknologi konstruksi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Dari yang awalnya hanya memanfaatkan apapun yang disediakan alam, saat ini teknologi konstruksi sudah membuat berbagai jenis material dan juga peralatan modern.

Bahan-bahan alam seperti batu, tanah, serta kayu dan juga bahan industri diolah untuk membuat sarana dan prasarana.

Tidak hanya itu, alat-alat yang digunakan untuk mengolah bahan konstruksi juga semakin canggih. Contoh teknologi konstruksi adalah penggunaan bata semen dan bata sebagai dinding rumah. Serta penggunaan alat molen untuk mencampurkan 50 kilogram adonan semen.

Teknologi konstruksi ini biasanya digunakan untuk mengerjakan beberapa proyek konstruksi. Proyek tersebut seperti proyek pembangunan perumahan atau pemukiman.

Demikian pula proyek konstruksi bangunan gedung, proyek konstruksi teknik sipil, dan proyek konstruksi bangunan industri.

Itulah perkembangan teknologi di beberapa bidang yang tentunya akan terus berkembang ke arah yang lebih praktis.

Sama halnya dengan teknologi mobile yang memeberikan contoh teknologi masa kini. Seperti jaringan 5G, dompet digital, perangkat lipat, pertumbuhan smartphone. Dan contoh lainnya yang terus dikembangkan oleh perusahaan IT terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *