Kelebihan Kecerdasan Buatan

Kelebihan Kecerdasan Buatan dan Perkembangan Teknologi Digital
Kelebihan Kecerdasan Buatan dan Perkembangan Teknologi Digital

Kelebihan kecerdasan buatan- Di era teknologi yang kita jalani sekarang ini, Anda pasti pernah merasakan beberapa manfaat dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) atau yang biasa dikenal dengan AI.

Berkat teknologi modern, tanpa sadar Anda telah menggunakan dan memanfaatkan kelebihan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemasaran media sosial dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial.  Facebook, Instagram, atau Twitter biasanya digunakan sebagai platform media sosial. Karena teknik pemasaran ini pada dasarnya tentang membuat konten.

Pada artikel kali ini, Mikaylabinar.com memberikan pengetahuan mendalam tentang beberapa manfaat serta kelebihan kecerdasan buatan yang penting untuk dipahami. Sebelum kita masuk ke dalamnya, mari kita definisikan dulu kecerdasan buatan.

Arti Kata “Kecerdasan Buatan”

Kecerdasan yang dapat dimasukkan ke dalam sistem dan dibangun dalam konteks ilmiah disebut kecerdasan buatan atau AI.

AI mengacu pada kemampuan sistem untuk secara akurat memahami data eksternal, belajar dari data itu, dan menggunakan pembelajaran itu untuk mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui kemampuan beradaptasi.

Ide kecerdasan buatan telah ada sejak awal peradaban, terutama di Yunani kuno. Idenya sudah tua, tetapi istilah itu baru populer pada 1950-an, pada pertengahan abad ke-20.

Matematikawan Alan Turing dikreditkan dengan  mengembangkan konsep kecerdasan buatan. Sejak  itu, sistem AI telah dikembangkan dan diteliti yang sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari.

Keuntungan dari kecerdasan buatan 

Kedepannya kecerdasan buatan akan semakin berkembang, terdapat beberapa kelebihan atau keuntungan dari kecerdasan buatan, diantaranya:

1. Mengurangi Kemungkinan Kesalahan Manusia 

Kesalahan manusia mengacu pada berbagai jenis kesalahan yang dilakukan orang saat melakukan tugas. Orang terkadang gagal menyelesaikan tugas yang ditetapkan. Kelalaian ini bisa bersifat sukarela atau tidak disengaja. Alhasil, kehadiran AI mengurangi kemungkinan terjadinya human error.

Potensi kesalahan manusia dapat dikurangi dengan beberapa cara menggunakan kecerdasan buatan. Misalnya, kecerdasan buatan  dikembangkan untuk menganalisis data secara menyeluruh untuk menentukan apakah pekerjaan yang  dilakukan bermanfaat.

2. Sebagai Bantuan Pemecahan Masalah 

Manfaat lain dari kecerdasan buatan adalah kemampuannya untuk menganalisis data yang masuk dan memecahkan masalah. Ketersediaan teknologi AI, terutama bagi para ilmuwan, memungkinkan mereka mendapatkan hasil yang paling akurat sebelum mempraktikkannya.

Bot obrolan, misalnya, menunjukkan bagaimana pengenalan AI dapat menyederhanakan  layanan pelanggan untuk perusahaan.

Teknologi Chatbot memungkinkan pemilik bisnis untuk membantu pelanggan mereka dengan cepat dan efektif. Bahkan perusahaan IT terbesar di dunia menggunakannya.

3. Memberikan Banyak Kenyamanan

AI dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan manusia. Data yang sudah diterima bisa disimpan dan dapat digunakan lagi nanti. Selain itu, sistem AI terkadang dapat bekerja lebih cepat daripada tenaga manusia.

AI memiliki keunggulan seperti halnya dapat memproses data yang cukup besar, jadi tidak masalah berapa banyak data yang Anda terima. Tentu saja, semua data input akan disimpan dan digunakan kembali oleh generasi berikutnya di kemudian hari.

Itulah beberapa kelebihan kecerdasan buatan yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca tercinta.

4 Contoh Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Teknologi Informasi

Contoh kecerdasan buatan dalam bidang teknologi informasi sudah banyak ditemukan dewasa ini. Tanpa disadari, semua manusia mulai menggantungkan hidupnya pada kecerdasan buatan.

Sebagai informasi tambahan, berikut kami rangkum beberapa kecerdasan buatan dalam bidang informasi yang telah berhasil diterapkan.

1. Algoritma media sosial

Apakah Anda pernah berlangganan koran atau majalah dari media massa? Anda menikmati berbagai kontennya?

Nah, algoritma sosial media pun memiliki cara kerja seperti itu. Ketika Anda melihat beranda sosmed, pastinya Anda akan langsung disuguhi berbagai konten yang sering Anda kunjungi. 

Dalam hal ini, kecerdasan buatan (artificialintelligence) memainkan peran besar dalam algoritma sehingga sosial media bisa menampilkan konten yang sering berinteraksi dengan Anda.

Hanya melalui halaman explore, Anda bisa mendapatkan berbagai konten atau informasi serupa layaknya sudah berlangganan. Baca juga ulasan tentang perusahaan IT terbesar di dunia.

2. Digital marketing

Teknologi artificialintelligence (AI) memang telah berhasil membuat berbagai bidang pekerjaan lebih praktis dilakukan. Salah satu yang paling jelas terlihat ialah dalam perkembangan dunia digital marketing. Saat ini digital marketing telah menjadi strategi pemasaran terbaik yang dipilih para pebisnis pemula hingga profesional.

Alasannya sudah jelas, teknologi kecerdasan buatan (AI) mampu mendeteksi selera serta aktivitas pengguna ketika berselancar melalui internet, tepatnya melalui fitur cookies.

Dengan begini, pengguna internet akan mendapatkan iklan yang relevan sesuai kebutuhannya. Sebagai pebisnis Anda pun bisa berpromosi dan mencapai target penjualan dengan mudah.

3. Websitemarketplace

Contoh kecerdasan buatan dalam bidang teknologi informasi berikutnya bisa Anda temukan dalam websitemarketplace. Teknologi AI pada website bisa dilihat saat Anda melakukan pencarian sebuah produk. Dalam hasil pencarian Anda bisa menemukan berbagai produk paling relevan karena visual search yang berbasis AI.

Perilaku Anda ketika berbelanja dan ketika mengakses situs selalu dipantau sistem AI. Alhasil, websitemarketplace secara otomatis akan merekomendasikan produk maupun toko sesuai aktivitas yang biasanya Anda lakukan.

Tidak hanya itu, sistem AI juga bekerja dalam proses pelacakan pengiriman paket hingga tiba ke lokasi tujuan lho! Tentunya teknologi ini memberikan manfaat untuk pebisnis agar lebih mudah berinteraksi dengan target konsumen potensialnya.

4. Perbankan online

Terakhir ada teknologi yang sekarang muncul di bidang perbankan. Dalam bidang perbankan, AI sudah diterapkan untuk mendukung layanan mobilebanking.

Dalam aplikasi perbankan online sudah tersedia fitur kode QR yang bisa memindai barcode rekening tujuan dengan cepat sehingga kini Anda bisa melakukan transfer uang dengan mudah.

Nantinya akan muncul pop upmessage yang mana layanan ini sudah menggunakan kecerdasan buatan agar pengguna lebih mudah melakukan berbagai transaksi perbankan.

Tidak hanya itu, dalam mobilebanking juga sudah ada layanan asisten interaktif di mana nasabah semakin mudah berinteraksi dengan customerservice. 

Itulah beberapa contoh kecerdasan buatan dalam bidang teknologi informasi, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *