Inilah Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Anda

Pentingnya Memiliki Asuransi Bagi Sebuah Keluarga
Pentingnya Memiliki Asuransi Bagi Sebuah Keluarga

Pentingnya asuransi kesehatan- Asuransi akhir-akhir ini kembali banyak diperbincangkan ketika ada seorang public figure yang mengeluhkan pada akun sosial medianya.

Ya, ada begitu banyak polemik terkait asuransi. Banyak yang merasakan manfaat asuransi namun tidak sedikit juga nasabah yang merasa dirugikan.

Salah satu jenis produk asuransi yang populer adalah asuransi kesehatan. Di zaman yang serba tidak pasti karena pandemi ini, diperlukan suatu produk proteksi kesehatan yang bisa membuat perasaan menjadi lebih aman. Yuk, simak pembahasan mengenai pentingnya asuransi kesehatan di masa pandemi.

Apa Itu Asuransi?

Sebelum membahas mengenai asuransi kesehatan, diperlukan memahami terlebih dahulu tentang definisi dari asuransi itu sendiri.

Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2014, asuransi merupakan perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis sebagai imbalan.

Pertama, imbalan yang diberikan kepada pemegang polis terkait dengan kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang diderita oleh pemegang polis akibat dari suatu kejadian yang tidak pasti.

Kedua, untuk memberikan imbalan yang disebabkan meninggalnya tertanggung atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya sudah ditetapkan dan disepakati sebelumnya dari hasil pengelolaan dana.

Nah, dari definisi di atas dapat disimpulkan secara sederhana, bahwa asuransi adalah suatu produk keuangan yang bisa memberikan manfaat kepada nasabahnya ketika mengalami suatu peristiwa yang tidak pasti, kebutuhan hidup, dan kematian dimana disepakati oleh kedua belah pihak dalam suatu perjanjian.

Baca juga  Pahami Ini Tentang Jenis Asuransi Kerugian

Asuransi Kesehatan

Pandemi COVID-19 yang sudah terjadi selama hampir dua tahun ini sangat berdampak signifikan terhadap kondisi finansial masyarakat.

Asuransi kesehatan menjadi produk keuangan yang semakin diminati karena masyarakat mulai menyadari pentingnya asuransi kesehatan.

Dikutip dari kanal Youtube Ngomongin Uang, asuransi kesehatan merupakan pertanggungan sejumlah biaya perawatan jika terjadi risiko kesehatan.

Jadi semisal sakit dan perlu biaya pengobatan, pihak asuransi yang akan menanggung biayanya, baik seluruh biaya atau sebagian.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, nasabah memiliki kewajiban membayar premi yang bisa dibayar setiap bulan atau pertahun dengan jumlah yang bervariasi.

Tiap perusahaan asuransi memiliki aturan yang berbeda-beda walaupun produk yang dijual sama. Sebagai nasabah, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih perusahaan asuransi yang menawarkan produk kesehatan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebagai nasabah yang jeli dan teliti, baiknya memahami ketiga hal penting di bawah ini sebelum memutuskan untuk menggunakan produk asuransi kesehatan.

1. Jenis Asuransi Kesehatan

Secara umum, terdapat dua jenis asuransi kesehatan, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Dilansir dari kanal youtube finansialku.com, jenis asuransi rawat inap berupa proteksi atas biaya yang dikeluarkan untuk rawat inap di rumah sakit. Asuransi seperti ini banyak diminati.

Kedua adalah asuransi rawat jalan, yaitu perlindungan biaya proteksi seperti konsultasi ke dokter, cek darah, laboratorium, diagnosis, dan lain-lain dimana pasien tidak perlu untuk menginap di rumah sakit.

2. Cakupan Perlindungan

Memahami kebutuhan diri atau keluarga. Ada yang cover rawat inap, rawat jalan plus inap, pengobatan dalam negeri, pengobatan di dalam negeri. Semua tergantung jumlah premi yang sanggup dibayar oleh nasabah.

3. Proses Klaim Asuransi

Terdapat dua cara dalam proses klaim asuransi kesehatan. Yang pertama adalah Cashless, dimana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan ketika melakukan proses pembayaran.

Baca juga  Ketahui Manfaat Asuransi dan Jenis-Jenisnya Berikut

Pihak rumah sakit akan langsung menghubungi perusahaan asuransi terkait dengan klaim biaya pengobatan yang termasuk dalam coverage perusahaan asuransi.

Nasabah hanya perlu menunggu saja dan jika sudah disetujui, perusahaan asuransi yang langsung membayar biaya pengobatan.

Cara kedua adalah sistem reimburse. Pada metode ini, pasien diharuskan untuk membayar terlebih dahulu lalu selanjutnya diklaim ke pihak asuransi dengan mengirimkan dokumen persyaratan klaim.

Hal ini bisa terjadi sesuai dengan ketentuan dan kebijakan perusahaan yang sudah disetujui dan disepakati.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Ada banyak manfaat dari asuransi kesehatan, oleh karena itu penting bagi anda untuk memiliki asuransi kesehatan

1. Tidak perlu pusing memikirkan biaya pengobatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak ada yang mengetahui kapan sakit akan menyerang, terutama di masa pandemi seperti ini. Ungkapan yang menyatakan bahwa ‘sehat itu mahal’ ada benarnya juga.

Apalagi jika sudah terkena penyakit kronis. Biaya perawatan hingga tindakan pasti akan sangat besar dan menguras tabungan.

Oleh karena itu, pentingnya asuransi kesehatan adalah untuk agar pasien tidak pusing memikirkan biaya pengobatan yang mahal karena sudah ter-cover asuransi.

2. Mendapatkan obat yang lebih baik

Manfaat kedua adalah pasien mendapatkan obat yang lebih baik. Tidak bisa dipungkiri, dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah, pasien justru bisa mendapatkan obat yang lebih baik jika mempunyai asuransi kesehatan dari perusahaan swasta.

3. Mendapatkan fasilitas perawatan yang lebih baik

Selain obat, pasien biasanya mendapatkan fasilitas perawatan yang lebih baik dan layak. Alasannya sama, karena premi yang dibayarkan lebih besar.

Namun poin paling krusial dalam pentingnya asuransi kesehatan bagi masyarakat adalah memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan diri masing-masing dan juga menemukan perusahaan asuransi yang memiliki track record baik agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Tetap jaga kesehatan, ya!

Baca juga  Peraturan Asuransi Paling Umum Untuk Para Nasabah

Info lain: Asuransi dan Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *