Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin

Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin
Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin (pict: pixabay)

Mesin menggantikan pekerjaan manusia dan bukan hanya pekerjaan berketerampilan rendah. Misalnya, dalam kasus-kasus tertentu mesin telah mampu atau lebih baik daripada petugas administrasi, pelayanan, pekerja pabrik, pengepakan barang dan sebagainya. Namun, ada Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin di masa depan

Teknologi Menggantikan Pekerjaan Manusia

Kemungkinan perkembangan teknologi di masa depan akan menggantikan lebih banyak pekerjaan, sehingga menjadi penting untuk mengembangkan keterampilan “manusia” eksklusif Anda.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa tidak ada gunanya meningkatkan keterampilan karyawan karena komputer mengambil alih banyak pekerjaan manusia. Namun, teknologi ini menyoroti bahwa ada banyak tugas yang tidak dapat dilakukan komputer yang umumnya terkait dengan soft skill.

Dalam laporan yang dirilis oleh Accenture Strategy berjudul Memanfaatkan Revolusi: Menciptakan Tenaga Kerja Masa Depan, telah disampaikan bahwa pemberi kerja harus membantu meningkatkan keterampilan staf karena pelatihan keterampilan lunak akan secara signifikan mengurangi jumlah pekerjaan yang hilang karena otomatisasi.

Secara paradoks, keterampilan manusia yang sesungguhnya, mulai dari kepemimpinan hingga kreativitas, akan tetap sangat relevan dan organisasi pemenang akan mencapai keseimbangan yang tepat – memanfaatkan teknologi terbaik untuk meningkatkan, bukan menghilangkan orang-orang mereka.

Sebuah studi oleh McKinsey memperkirakan bahwa hingga 30 persen dari jam kerja secara global dapat diotomatisasi pada tahun 2030, yang diperkuat dengan studi dari Forum Ekonomi Dunia tentang Future of Jobs  memperkirakan bahwa 5 juta pekerjaan tidak akan ada lagi sebelum tahun 2020 karena kecerdasan buatan dan robotika menggantikan karyawan manusia.

Baca juga  Langkah Glow Up Bersama Pasangan Setelah Menikah

Pekerjaan yang Tidak Akan Digantikan Mesin

Namun, lebih dari 2 juta pekerjaan juga akan tercipta karena perubahan ini dan keterampilan manusia yang unik akan menjadi lebih berharga. Keterampilan lunak tidak mungkin otomatis dalam waktu dekat, yang berarti mereka diharapkan menjadi lebih diinginkan. Pengusaha akan mencari kandidat yang sudah memiliki keterampilan ini.

Berikut adalah soft skill yang diprediksi akan dibutuhkan oleh dunia kerja di masa depan dan Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin.

1. Pekerjaan Terkait Kemampuan Beradaptasi & Belajar

Akan lebih penting untuk beradaptasi dengan situasi, lingkungan, program dan mempelajari keterampilan baru dengan cepat. Pengembangan teknologi akan terus ada yang dikarenakan perubahan terjadi dengan cepat dan terus menerus yang berarti manusia harus mampu mengikutinya.

Jangan terpaku pada metode tradisional; sangat penting untuk beradaptasi dengan kemajuan pesat dalam teknologi. Pekerjaan ini menuntut anda harus mau menyesuaikan keterampilan yang dimiliki dengan lapangan pekerjaan yang tersediaa.

Kesediaan untuk mempelajari keterampilan baru penting terutama bagi pekerja berketerampilan rendah karena diprediksi pada tahun 2030, 8-9% tenaga kerja dunia akan menempati pekerjaan baru dan pekerjaan ini akan berada di bidang spesialis, seperti komputasi, teknik, arsitektur dll. Artinya harus ada dorongan untuk terus mau belajar dan beradaptasi.

2. Pekerjaan Membutuhkan Fleksibilitas Kognitif

Keterampilan kognitif tingkat yang lebih tinggi akan dibutuhkan untuk banyak pekerjaan, seperti penalaran logis dan kreativitas. Penalaran logis memang sangat lekat dengan kemampuan manusia yang sulit digeser oleh jenis A.I apapun.

A.I memang mengagumkan dalam hal menghitung, membuat tabulasi, perbandingan, database, namun lemah dalam menganalisis yang sifatnya naratif, apalagi yang dikaitkan dengan memabca emosi seseorang. Kemampuan kognitif adalah yang mendesainnya secara luas, sementara A.I yang akan mengeksekusi data-data menjadi sesuatu yang berarti.

Baca juga  Madu Maag Salam di Apotik untuk Asam Lambung

3. Pekerjaan yang Membutuhkan Kolaborasi dan koordinasi

Dunia bisnis saling berhubungan sehingga kerja sama menjadi sangat penting dan ini akan menjadi lebih signifikan karena kompleksitas dan keterkaitan bidang masa depan. Kerjasama menuntut adanya kerja otak dan ketrampilan dalam ritme yang beriringan.

Adanya tuntutan dalam satu tim kerja atau kelompok untuk saling memahami dan mengisi dalam kelemahan maupun keunggulan yang ceruk ini sangat sulit untuk dapat dipenuhi oleh mesin yang penuh dengan otomasi dan perintah-perintah baku.

Mesin mungkin bisa mengkoordinasikan antar lini, namun tidak untuk memecahkan masalah dalam tim tentang perpecahan tim dan menggerakkan orang.

4. Komunikasi

Untuk menjadi sukses, tiap individu perlu mengomunikasikan pandangan dan ide Anda didepan forum. Kemampuan ini perlu didemonstasikan dengan penuh antusiasme, keyakinan, kejujuran, dan emosi – ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan mesin.

Komunikasi semakin banyak terjadi melalui video, seperti rekaman pembicaraan, sehingga keterampilan presentasi menjadi suatu keharusan. Dengan ini, harus memiliki flesibilitas yang tinggi  dalam komunikasi untuk dapat beradaptasi dengan audiens yang berbeda.

5. Pemecahan masalah yang kompleks

Perusahaan perlu terus mengembangkan produk, proses, dan layanan untuk bersaing. Seiring perkembangan teknologi, mereka akan menjadi masalah baru sehingga diperlukan kemampuan pemecahan masalah yang kuat untuk menemukan solusi.

Mungkin ada pemikiran jika sesuatu yang mesin akan lebih baik karena mesin dapat memecahkan masalah manusia yang tidak bisa tetapi manusia juga dapat memecahkan masalah yang mesin tidak bisa – manusia sering bekerja mundur untuk menemukan solusi.

6. Berpikir kritis

Otomasi tidak dipercaya untuk membuat keputusan eksekutif atas nama manusia karena Anda perlu terus mengevaluasi situasi, memikirkan solusi, dan membuat keputusan melalui penalaran logis.

Baca juga  Jelaskan Pengertian Hidup Sehat Secara Simple!

A.I. berkembang dalam beberapa aspek pemikiran kritis tetapi manusia dapat memberikan interpretasi yang mendalam dan konsep-konsep yang dibayangkan, misalnya, seorang pengacara dapat mengidentifikasi posisi yang tepat untuk membuat suatu kasus.

7. Rasa ingin tahu dan kreativitas

Tenaga kerja berubah karena kreativitas manusia yaitu robot adalah ide manusia. Kreativitas membutuhkan beberapa ketidakpastian intuitif yang saat ini tidak dapat ditiru oleh mesin, seperti desain arsitek sebuah bangunan. Terkadang hal-hal yang tidak dapat dijelaskan terasa benar bagi kita.

Akan sangat berharga untuk melihat dunia dan menemukan ide dan peluang yang bisa diprediksi akan menjadi penting. Artinya ada suatu kemungkinan ‘blind spot’ yang bisa saja tidak dilihat orang lain. Untuk itu baik untuk menghentikan penilaian tentang kepraktisan dan kemungkinan menghalangi, alih-alih melihat potensi.

Demikian Pekerjaan Yang Tidak Bisa Digantikan Mesin Info lain: Pentingnya Memiliki Jiwa Kewirausahaan: Jenis dan Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *