Media Promosi Online dan Offline yang Bisa Digunakan Untuk Marketing

Media Promosi Online dan Offline yang Bisa Digunakan Untuk Marketing
Media Promosi Online dan Offline yang Bisa Digunakan Untuk Marketing (Ilustrasi - pixabay)

Media promosi online- Promosi bisa jadi salah satu cara terpenting dalam sukses tidaknya suatu barang dapat dikenal luas oleh pelanggan. Tanpa pemasaran tidak mungkin konsumen bisa mengenal dan membeli barang.

Promosi yang efektif berbanding lurus dengan tingkat penjualan, artinya pemasaran yang tepat maka akan berdampak pada peningkatan penjualan.

Agar dapat menjangkau banyak konsumen, maka pemilihan media promosi menjadi penting, yang bisa dilakukan melalui online maupun offline.

Berikut dirangkum beberapa cara yang bisa digunakan untuk promosi baik online maupun offline untuk sobat Mibi

Promosi Online

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka promosi juga sudah menyesuaikan dengan perkembangan jaman, promosi online bisa menjadi efektif dengan pemilihan media yang benar. Promosi secara online bisa melalui:

1. Media Sosial

Promosi ini termasuk yang paling mudah dan cenderung tidak membutuhkan biaya banyak, daripada cara promosi lain. Walaupun tergolong murah dan mudah bukan berarti tidak memberikan banyak pengaruh, ambil contoh Facebook, pengguna Facebook per September 2021 menurut data dari Tempo adalah sebanyak 2,8 milyar orang, jumlah yang sungguh fantastis.

Jika anda sedang membangun usaha hendaknya mencoba cara ini, promosi bisa dilakukan dengan posting di beranda anda atau menawarkannya di laman jual beli yang tersedia di Facebook untuk menggaet calon konsumen lokal.

2. Marketplace

Sudah tidak bisa dipungkiri jika aplikasi jual beli (marketpkace) adalah media yang efektif dalam melakukan promosi. Kompas melaporkan jika transaksi selama tahun 2021 telah mencapai lebih dari 330 trilyun dengan pengguna lebih dari ratusan juta users. Ini merupakan peluang yang sangat besar, dan tentunya juga murah.

Baca juga  Cara Mempromosikan Bisnis Anti Ribet

3. Blog atau Website

Jika anda ingin selangkah lebih maju, maka bisa membuat blog khusus sebagai etalase jualan anda. Cara ini tidak mahal apalagi masih menggunakan domain semacam wordpress atau blogspot yang siapa saja bisa membuatnya. Jika ingin lebih baik lagi bisa dengan membuat website berbayar, anda tidak harus membuat sendiri, bisa menyewa jasa orang yang ahli di bidan IT.

4. Google Ads

Selain kedua cara tadi, anda juga bisa memcoba menawarkan barang lewat platform yang disediakan oleh Google, yang bernama Google Ads. Cara kerjanyanya adalah melalui iklan ketika seorang mencari/browsing dengan kata kunci tertentu, sehingga anda harus menentukan keywords apa supaya kata kunci itu ditujukan pada bisnis anda. Hal yang perlu diketahui adalah jenis promosi ini berbayar, namun jangkauan penjualan anda bisa sangat luas hingga ke luar negeri.

5. Aplikasi Video

Beberapa aplikasi video sekarang tidak hanya melayani upload video sebagai hiburan tetapi juga sudah menyediakan layanan iklan. Nah, anda bisa menggunakannya sebagai media promosi online. Contoh aplikasi video adalah Tik Tok dan Snack Video.

Promosi Offline

Promosi ini langsung ditujukan kepada calon konsumen tanpa memanfaatkan teknologi, yang lebih dikenal dengan cara konvensional.

1. Brosur/Selebaran

Cara ini termasuk konvensional yang sudah lama digunakan. Brosur ata selebaran dibuat bisa dengan sederhana baik dicetak sendiri atau melalui percetakan, dan bisa disebarkan di beberapa tempat ramai seperti perempatan jalan, kampus, sekolah dan perkantoran. Cara ini termasuk yang paling efisien dari semua cara konvensional.

2. Spanduk

Spanduk bisa jadi media yang lebih banyak lagi mendapat atensi pelanggan, karena biasanya ditempatkan di beberapa tempat ramai seperti dekat sekolah, kampus, jalan ramai. Anda tentunya harus mengeluarkan lebih banyak dana baik untuk cetak maupun untuk pemasangannya. Hal lainnya yang perlu dimengerti yaitu pastikan bahwa pemasangan baliho tidak menyalahi aturan dengan dipasang sembarang tempat.

Baca juga  Strategi Pemasaran Saat Pandemi Covid-19

3. Papan Reklame/Baliho

Baliho atau papan reklame jelas akan lebih banyak konsumen yang mengenal produk anda karena ini karena tentunya penempatan papan reklame pasti akan dilihat setiap orang yang jalan melewati tempat itu. Biasanya dipasang di pinggir jalan besar dengan bentuk baliho besar. Ada kontribusi kepada penyedia papan reklame ini dalam hal desain dan juga izin papan reklame.

4. Iklan Televisi

Cara promosi ini tentunya paling mahal karena harus membayar kepada penyedia iklan. Namun sudah tentu cara ini adalah yang paling banyak paling banyak peminatnya dan jangkauannya yang sangat luas yaitu semua penonton yang melihat TV.

Cara-cara itu tentunya memiliki nilai lebih dan kurangnya tersendiri, sehingga sobat Mibi bisa sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan cara mana yang ingin diambil jika ingin memasarkan produk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *