Charles H Dow Pencipta Dow Theory

  • Share
charles h dow

Mikaylabinar.com– Charles H Dow yang memiliki nama lengkap Charles Henry Dow lahir pada 5 November 1851, di perbukitan Sterling, Connecticut AS dari keluarga petani. Ayahnya meninggal ketika dia berusia enam tahun.

Tanpa banyak pendidikan atau pelatihan, pada tahun 1872 ia bekerja sebagai reporter pada harian suratkabar Springfield Daily Republican di Springfield, Massachusetts pada usia 21 tahun.

Dow kemudian bekerja pada The Providence Star of Providence, Rhode Island selama dua tahun sebagai editor malam, juga bekerja atas nama Providence Evening Press.

Saat menulis untuk Providence Journal, selain menulis bisnis, Dow juga mengkhususkan diri pada artikel sejarah daerah. Di sini ia meliput perkembangan berbagai industri dan menimbang prospek masa depan mereka.

Pada tahun 1877 ia menerbitkan History of Steam Navigation between New York and Providence, diikuti oleh Newport: The City by the Sea, catatan sejarah Newport, Rhode Island yang diterbitkan pada tahun 1880.

Pada tahun 1879, Dow bertugas di Leadville, Colorado. Di sana ia menemani sekelompok bankir, taipan, ahli geologi, dan anggota parlemen untuk melaporkan penambangan perak untuk menarik investor ke tambang.

Selama perjalanan ini, Dow mewawancarai banyak pemodal sukses dan menemukan jenis informasi yang dicari investor untuk menghasilkan uang di Wall Street New York. Para investor berbicara terus terang kepada Dow, memercayai kemampuannya untuk mengutip mereka secara akurat tetapi diam-diam.

Ketika dia kembali, Dow menerbitkan sembilan Surat Leadville yang menggambarkan Pegunungan Rocky, berbagai perusahaan pertambangan, perjudian, dan salon; dia juga menulis tentang investasi modal, dan informasi yang mendorong investasi tersebut.

Pada tahun 1880 setelah pindah ke New York di usia 29 tahun, ia bekerja di Kiernan Wall Street Financial News Bureau yang bertanggung jawab untuk menyampaikan berita keuangan kepada bank dan pialang. Charles H Dow mengundang reporter Edward Davis Jones, seorang mahasiswa yang dropout dari kampus Brown University, untuk bergabung dengannya di Biro.

Setelah bekerja dengannya di Providence Evening Press, Dow mengakui kemampuan Jones untuk menganalisis laporan keuangan dengan terampil dan cepat; dia juga mengakui komitmennya terhadap pelaporan yang tidak memihak dengan cepat mereka menyadari bahwa Wall Street membutuhkan biro berita keuangan lainnya.

Pada tahun 1882 mereka mendirikan, Dow, Jones & Company dan mengajak Charles M. Bergstesser seorang jurnalis untuk bergabung dengannya .

Mencari berita keuangan, wartawan Dow Jones mengunjungi pialang, bank, dan kantor perusahaan, mengirim pesan tulisan tangan kembali ke kantor pusat Dow Jones di mana mereka disalin dan dijalankan ke Wall Street beberapa kali sehari.

Memperoleh informasi dari harga saham di London, Dow Jones mulai memproduksi edisi terbaru dan edisi tujuh pagi, diikuti oleh Customer Afternoon Letter, yakni ringkasan dua halaman dari berita keuangan hari itu. Publikasi dengan cepat mencapai sirkulasi lebih dari 1.000 dan dianggap sebagai sumber berita penting bagi investor saat itu.

Pada 9 Juli 1889, perusahaan mengubah Customer Afternoon Letter dua halaman menjadi surat kabar dengan nama The Wall Street Journal. Dengan Dow sebagai editor, jurnal ini bertujuan untuk menyajikan berita harian tentang saham, obligasi, dan harga komoditas secara lengkap dan adil.

Dengan lebih dari 50 karyawan, perusahaan mempertahankan koneksi kabel dan telegraf pribadi dengan Boston, Washington D.C., Philadelphia, dan Chicago, serta berbagai koresponden di beberapa kota termasuk London.

Dow menuntut wartawannya untuk bersikap netral, dan sering mempublikasikan nama-nama perusahaan yang menolak memberikan informasi tentang untung rugi. Dengan cara ini, Dow berharap dapat melindungi kejujuran dalam pelaporan keuangan. Bahkan di masa awal berdirinya, The Wall Street Journal memiliki kekuasaan dan rasa hormat.

Pada tahun 1898 The Wall Street Journal menerbitkan edisi pagi pertamanya yang mencakup lebih dari sekadar berita keuangan. Surat kabar itu mulai menerbitkan editorial di bawah bagian Review and Outlook, dan menjawab berbagai pertanyaan investasi di bawah judul Answers to Inquiries.

Pada tahun 1902, menghadapi masalah kesehatan, Dow bersama dengan Bergstresser menjual saham perusahaan mereka kepada koresponden Boston mereka Clarence Barron. Dow menerbitkan editorial terakhirnya pada bulan April 1902, hanya beberapa bulan sebelum kematiannya.

Charles H Dow, Pendiri salah satu publikasi keuangan paling terkemuka di dunia, penemu Dow Jones Industrial Average (DJIA) dan Dow theory meninggal pada 4 Desember 1902, di Brooklyn, New York pada usia 52 tahun. Kontribusi Dow terhadap dunia bisnis dan pelaporan keuangan terus diandalkan hingga abad kedua puluh satu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *