Bisnis  

Bisnis Pertamini, Modal dan Kisaran Keuntungannya

modal bisnis pertamini dan kisaran keuntungannya
Bisnis Pertamini, Modal dan Kisaran Keuntungannya

Mikaylabinar.com-Bisnis Pertamini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi anda yang ingin memiliki pendapatan sampingan di rumah.

POM Pertamini

Sebenarnya, jual beli bensin eceran sudah lama dan banyak dilakukan oleh orang sejak dulu namun cara penjualannya masih dalam bentuk takaran botol

Jika ingin mengetahui berapa modal yang diperlukan untuk membuka POM Pertamini, kita bisa melihat dari harga 1 POM Pertamini yang memiliki harga kisaran 5 sampai 15 juta tergantung jenis POM yang ditawarkan.

Untuk harga mesin Pertamini yang paling murah, sistim kerjanya masih dapat dikatakan manual karena untuk melakukan pengisian dari penampung ke tangki kendaraan tidak mengandalkan pompa.

Selain itu mesin ini juga tidak dilengkapi display layar untuk menunjukan literan bensin dan jumlah pembelian. Oleh karena ini mesin jenis ini juga tidak membutuhkan suplai listrik.

Baca juga: Mendirikan bisnis sendiri, inilah waktunya yang tepat

Berbeda dengan mesin Pertamini digital yang memiliki harga jual minimal diatas 10 jutaan.Secara bentuk mesin ini dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan pengisi bensin di tempat resmi, lengkap dengan selang nozzel pengisian.

Tak hanya itu mesin ini juga dilengkapi dengan Display layar yang memberikan informasi dengan jelas mengenai berapa jumlah liter bensin yang dikeluarkan beserta total harga yang harus dibayar pembeli. Mesin Pertamini otomatis ini juga membutuhkan suplai daya listrik kurang lebih sebesar 175 watt untuk bisa beroperasi.

Modal selanjutnya untuk menjalankan usaha Pertamini ialah menyediakan bensin untuk dijual. Banyaknya bensin yang harus dipersiapkan tentunya tergantung kebutuhan, namun rata-rata untuk setiap mesin Pertamini menyediakan penampung penyimpanan sebesar 210 liter.

Baca juga  Kriteria Contoh Kartu Nama Bisnis Terbaik

Perkiraan Keuntungannya

Keuntungan yang didapat dari bisnis Pertamini yakni selisih harga jual beli.

Contohnya gerai Pertamini di salah satu wilayah Jakarta Timur yang membanderol BBM jenis Pertamax hingga Rp 11.000. padahal saat ini harga Pertamax per liter di SPBU Pertamina mencapai Rp 9.000, artinya selisih harga Pertamax yang dijual di Pertamini mencapai Rp 2.000.

Lalu kita coba kalkulasikan berdasarkan spesifikasi mesin Pertamini digital. Mesin tersebut memiliki 2 pilihan mesin, satu mesin dengan satu Nozzle memiliki kapasitas hingga 210 liter dan satu mesin dengan 2 nozzle memiliki kapasitas 420 liter untuk dua bahan bakar.

Jika dikalkulasi saat menggunakan mesin Pertamini digital 2 Nozzle yang memiliki kapasitas tangki 420 liter dan keduanya. Jika berhasil menjual habis BBM dari satu nozzle maka mendapatkan keuntungan sebesar Rp 840.000 Itu baru dari satu jenis bahan bakar.

Tips Usaha Pertamini

Jika ingin membuka usaha Pertamini, pilih tempat yang strategis yang jauh dari POM Pertamina dan sering dilalui kendaran bermotor

Sediakan tempat untuk parkir kendaraan agar tidak mengganggu jalannya kendaraan lainnya.

Jika terdapat pesaing di sekitarnya, berilah pelayanan yang baik bagi pembeli karena persaingan tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis

Jangan menjual bensin oplosan karena akan merugikan pelanggan dan juga bisnis anda.

(oto.detik/infopeluangusaha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *