Pentingnya Perlindungan Modal dari Kerugian

Pentingnya Perlindungan Modal dari Kerugian
Pentingnya Perlindungan Modal dari Kerugian

Mikaylabinar.com-Pentingnya Perlindungan Modal dari Kerugian. Salah satu aspek yang lebih jitu dari teknikal analisis yaitu metode ini bisa digunakan sebagai mekanisme pendekatan manajemen keuangan dan risiko di dalam dunia trading.

Memahami Risiko

Mendefinisikan risiko berarti menggunakan pelindung terhadap kerugian yang tidak terduga saat pergerakan harga menjadi liar di market. Oleh karenanya trader harus menekankan pada pentingnya perlindungan modal dari kerugian

Pelindung harus diposisikan saat trading karena ini momen yang paling objektif. Pertahankan posisi jika market berjalan sesuai dengan ekspektasi anda.

Jika harga selanjutnya tidak sesuai dengan ekspektasi  maka inilah saatnya bagi anda untuk meninggalkan posisi.

Mungkin anda akan berpikir “kenapa harus repot-repot keluar ? bukankah pergerakan market yang bertentangan ini hanya berlangsung dalam jangka pendek”.

Dengan demikian, anda tetap mempertahankan posisi sambil berharap kalau pasar akan berjalan sesuai dengan yang anda harapkan.

Ingatlah dua fakta bahwa:

  1. Tren jangka panjang selalu dimulai dari pergerakan jangka pendek
  2. Tidak ada ruang untuk berharap di dalam pasar. Pasar akan bergerak dengan sendirinya tanpa memedulikan posisi anda

Pahami Market

Market berjalan tanpa peduli siapapun. Kesalahan yang paling fatal adalah tetap bertahan dalam posisi yang salah. Hilangkan pendapat anda bukan uang anda. Berbanggalah dengan menemukan kesalahan lebih awal.

Meninggalkan posisi semula merupakan kesediaan untuk mengakui kesalahan. Orang-orang benci mengakui kesalahan karena dipengaruhi kebanggaan dan prestise. Trader yang baik tidak akan mempertahankan pandangannya terlalu kuat.

Pernah diceritakan bahwa investor terkenal Warren Buffet mempunyai dua aturan, yakni:

  1. Pelihara modal
  2. Jangan melupakan aturan 1

Meninggalkan posisi sama seperti aturan nomor 1 yakni pentingnya perlindungan modal dari kerugian. Anda memiliki sumber yang terbatas. Sumber-sumber ini harus dimaksimalkan atau setidaknya dilindungi.

Baca juga  Peranan Underwriter pada Perusahaan yang Akan Go Public

Jika anda berada di market yang telah bergerak melawan posisi anda, ini saatnya untuk keluar dan menemukan kesempatan yang lebih baik. Anggaplah kerugian tersebut sebagai biaya untuk melakukan bisnis

Oleh karena itu,  banyak istilah candlestick Jepang yang mengadaptasi istilah dalam dunia militer, kita juga akan melihat langkah meninggalkan posisi tersebut dalam konteks ini.

Setiap trading yang anda buat merupakan sebuah pertempuran, dan anda akan bertindak seperti yang dilakukan jenderal-jenderal hebat yakni menerapkan taktik mundur sementara, mengalah untuk mendapatkan kemenangan.

Tujuan jenderal adalah melindungi pasukan dan menghemat amunisi, sedangkan anda untuk melindungi modal dan menjaga ketenangan.

Baca juga : Psikologi trading mesti dipahami para trader

Terkadang anda harus kalah dalam beberapa pertempuran demi memenangkan perang. Orang Jepan mengatakan “sebuah kait hilang demi menangkap seekor salmon”.

Jika anda berhenti, anggap saja anda akan kehilangan kait. Mungkin anda akan mendapatkan ikan dengan kait selanjutnya.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *