Installation Failed: Destination Folder Already Exists.

Installation failed: Destination folder already exists. Cara perbaiki error Plugin wordpress
Installation Failed: Destination Folder Already Exists.

Mikaylabinar.com– Apakah anda pernah mendapatkan pesan Installation failed: Destination folder already exists pada saat instal wordpress?

Pesan ini muncul pada saat menginstal atau update plugin pada wordpress yang tidak sampai selesai atau dihentikan proses instalasinya pada saat berjalan dan tidak komplet. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Pengalaman Mendapati Pesan Ini

Sebelum sharing pengalaman cara mengatasinya, saya sharing dulu pengalaman saya menghadapi error yang muncul ini. Sebenarnya gampang, karena pesan tersebut sudah jelas bahwa folder dari plugin yang kita install sudah ada.

Namun, pada saat saya cek di halaman dashboard Plugins, tidak dijumpai nama plugin yang saya install. Nah, bagaimana solusinya? Ok, biar anda tidak lama menunggu solusinya adalah: anda cari folder dari nama plugin yang anda install melalui cpanel website anda

Sebagai contoh: saya menginstal plugin yoast seo, namun pada saat saya update terjadi error time limited expired, server busy. Pesan lengkapnya saya tidak ingat namun intinya saya gagal update yoast seo disebabkan server sedang sibuk sehingga disuruh coba lagi dilain waktu. Besoknya saya coba install lagi.

Pada saat saya install berjalan namun putus ditengah jalan. Lalu saya ulangi lagi, namun yang muncul pesan Installation failed: Destination folder already exists.

Saya cek di daftar Plugins yang aktif pada menu Plugins di halaman dashboard WordPress, tidak saya jumpai folder yang bernama Yoast Seo yang baru saja saya install. Saya ulangi lagi untuk menginstalnya namun pesan yang sama saya dapati installation failed…

Solusi Installation Failed: Destination Folder Already Exists

Akhirnya saya temukan solusinya, sebagaimana berikut ini:

  1. Masuk ke cpanel situs anda. Misalnya: domainmu.com/cpanel
  2. Kemudian pilih menu File Manager di halaman utama cpanel
  3. Lalu, masuk ke Public_html    
  4. Pilih wp-content
  5. Dan pilih folder plugins
  6. Selanjutnya, pilih nama folder plugin yang anda install. Lalu delete
  7. Setelah itu, install ulang plugin-nya
Baca juga  Xampp Found Path Expected Path (Solved)

Kadang nama foldernya tidak sama dengan nama plugin-nya. Misalnya saya menginstall plugin Yoast Seo namun nama foldernya berbeda bukan Yoast Seo tetapi wordpress-seo. Folder plugin wordpress-seo itulah yang harus dihapus.  Setelah di delete install ulang plugin tersebut maka semuanya akan berjalan normal. It works..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *