Health  

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui
Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

Menjaga kesehatan jantung sejak usia muda akan terhindar berbagai penyakit tentunya. Jagalah jantung saat masih usia muda.

Biasakan menerapkan hidup sehat, pola makan teratur, olahraga setiap hari agar jantung tetap sehat dan tentunya terhindar dari penyakit yang ganas.

Meskipun serangan jantung dan penyakit lainnya banyak ditemukan atau dirasakan orang yang sudah berusia 60 tahun keatas.

Kalian yang remaja atau sudah dewasa harus perlu waspada dan menjaganya dengan pola hidup sehat.Kalian perlu mengubah pola hidup sehat menjadi hal pertama yang paling penting untuk menjaga jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar tercegah dari Penyakit

Disini ada beberapa cara untuk kalian agar kesehatan jantung tetap terjaga. Simak dibawah ini!

1. Konsumsi Lemak Sehat

Menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah konsumsilah lemak sehat bukan lemak trans. Lemak penyebab utama kenaikan berat badan dan berbagai masalah kesehatan. Kekurangan lemak dan kelebihan lemak juga tidak baik pada tubuh.

Kalian perlu membutuhkan asupan lemak seperti lemak jenuh, lemak tidak jenuh, lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat).

Lemak trans lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke, karena hal ini lemak trans tidak dibutuhkan di dalam tubuh kalian.

Lemak trans dapat menyumbat arteri sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Dengan membatasi lemak trans, dapat menjaga aliran darah dengan lancar seluruh tubuh.

Jenis lemak trans ini yang sering ditemukan dalam makanan yang dipanggang, makanan ringan, margarin, dan tentunya makanan yang cepat saji atau makanan yang digoreng.

Baca juga  Hindari Kebiasaan Ini Agar Jantung Tetap Sehat

2. Jaga Kebersihan Gigi dengan Baik

Kebersihan gigi sangat berhubungan dengan kesehatan jantung. Hal ini karena penyakit periodontal berisiko mengalami kesehatan jantung kalian.

Bakteri dalam mulut akan mengakibatkan penyakit gusi yang bisa masuk kedalam aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, untuk peradangan pada pembuluh darah.

Perubahan ini akan menyebabkan resiko penyakit jantung dan stroke. Maka bersihkanlah gigi setiap hari agar terhindar dari penyakit jantung.

3. Jangan Merokok dan Hindari Asap Rokok

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah jangan merokok dan hindari asap rokok. Merokok sangatlah berisiko, bisa menyebabkan penyakit jantung, penyakit asma maupun TBC.

Terpapar asap rokok dapat membahayakan kesehatan apalagi orang yang merokok. Perokok pasif atau orang terpapar asap rokok, memiliki resiko 25-30% lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

Orang yang bukan perokok namun mempunyai tekanan hipertensi atau kolesterol tinggi, jauh mempunyai risiko yang besar terkena penyakit jantung jika terpapar asap rokok. Karena bahan kimia dalam kandungan rokok dapat mengatribusi pengembangan penumpukan plak di arteri kalian.

5. Tidur yang Cukup

Kalian jangan menyepelekan tidur, karena kekurangan tidur atau kurang istirahat akan menyebabkan penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Jika kalian tidur kurang dari enam jam setiap hari akan berisiko dua kali lipat mengalami stroke dan serangan jantung, dibandingkan orang yang tidur enam hingga delapan jam setiap malam.

Peneliti percaya, jika kekurangan tidur dapat mengakibatkan gangguan pada kondisi kesehatan dan proses biologis, termasuk tekanan darah dan peradangan.

6. Batasi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin dan gurih jika terlalu dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan penyakit hipertensi yang merupakan faktor utama resiko penyakit jantung.

Baca juga  Manfaat Terapkan Budaya Hidup Sehat

Saat terjadi hipertensi tekanan darah akan tinggi dan kerja jantung dalam memompa darah akan semakin mengganggu kesehatan jantung.

Batas asupan garam bagi kesehatan terutama yang berusia 19-49 tahun adalah 1500 mg. Selain itu batasilah makanan tinggi garam yang instan seperti daging sapi asap, snack, dan junk food.

Itu tadi beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang perlu kalian tahu dan terapkan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin jantung agar tetap sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *