Saham  

Apa Itu Saham ! Inilah yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Saham !
Apa Itu Saham !

Mikaylabinar.com– Apa itu saham ! pasar modal dan saham merupakan satu-kesatuan istilah yang saling melekat.

Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan. Ketika anda membeli saham maka anda menjadi bagian dari pemilik perusahaan yang anda beli sahamnya.

Saham Perusahaan Yang Bisa Dibeli

Perusahaan yang bisa dibeli sahamnya adalah perusahaan yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas). Terdapat dua jenis PT yakni PT terbuka dan PT tertutup atau privat. (Anda bisa baca laman Cara Mendirikan PT Dan Modal Yang Dibutuhkan)

PT terbuka biasanya mencantumkan tulisan Tbk dibelakang nama PT. Artinya bahwa PT ini telah listing di pasar modal atau telah melakukan IPO ( Initial Publik Offering ).

IPO menandakan bahwa PT telah melakukan penawaran umum perdana dalam bentuk saham dan memungkinkan masyarakat luas untuk membeli saham dari PT tersebut.

( Anda bisa baca Mengenal Bentuk Badan Usaha PT, Tbk, Pte, Sdn Bhd, Ltd, Inc, Corp, CV, Firma, Koperasi, Yayasan, UD )

PT yang telah melakukan IPO  akan dicatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan namanya terdaftar dalam pasar modal di Indonesia

Sedangkan, PT tertutup yaitu saham dari PT ini tidak dijual kepada publik. Biasanya hanya di miliki oleh kalangan tertentu seperti pendiri PT atau kalangan terbatas.

Termasuk kerabat dan kenalan dan PT ini tidak masuk dalam daftar BEI yang sahamnya di perjual belikan di pasar modal.

Suatu perusahaan memerlukan modal dalam melakukan ekspansi bisnis seperti membangun pabrik, memperluas lini bisnis dan jaringan distribusi dan lain sebagainya. Oleh karenanya, diperlukan dana segar untuk melakukan ekspansi tersebut

Baca juga  Sell in May and Go Away Dalam Strategi Investasi

Terdapat beberapa alternatif untuk mendapatkan sumber dana yaitu utang dari bank, menerbitkan obligasi, atau menjual saham kepada publik dengan melakukan IPO. Inilah yang disebut pasar modal yaitu tempat perusahaan mencari modal

Pasar Primer vs Pasar Sekunder

Ketika perusahaan melakukan IPO, publik bisa membeli sahamnya secara langsung. Transaksi penjualan saham melalui IPO inilah yang disebut sebagai pasar primer.

Dengan kata lain, pasar primer merupakan sebutan ketika perusahaan menawarkan sahamnya ke publik secara langsung dan publik membelinya langsung dari perusahaan saat IPO tersebut.

Publik yang membeli saham dari perusahaan dapat menjual kembali sahamnya ke pihak lain dengan demikian saham tersebut bisa berpindah tangan. Proses jual beli saham inilah yang dinamakan pasar sekunder.

Jadi intinya, ketika perusahaan pertamakali menawarkan saham ke publik dan publik langsung membelinya dari perusahaan disebut pasar primer.

Sedangkan ketika publik yang membeli saham secara langsung (dari perusahaan) menjual sahamnya tersebut ke pihak lain melalui bursa saham disebut pasar sekunder.

Informasi Perusahaan Yang Melakukan IPO

Dimana kita bisa mendapatkan informasi perusahaan yang akan melakukan IPO? Informasi tersebut bisa didapatkan di media sekuritas, website perusahaan yang akan melakukan IPO, media massa seperti Koran dan juga di situs IDX Bursa Efek Indonesia.

Harga saham bergerak dari waktu ke waktu disebabkan oleh jual beli di pasar sekunder. Ketika minat beli saham perusahaan tertentu meningkat maka harga akan naik

Sebaliknya ketika minat belinya menurun harga akan turun, naik turunnya harga ini yang membentuk grafik pada candlestick di Bursa Saham

Apa Keuntungan Dari Memiliki Saham !

Pemilik saham mendapatkan keuntungan dari capital gain dan dividen. Capital Gain didapat ketika saham yang dimiliki dijual dengan harga lebih tinggi daripada harga saat membeli, selisih kenaikan harga inilah yang menjadi keuntungannya.

Baca juga  Mengenal Risiko Investasi Saham untuk Pemula

Sedangkan Dividen di dapat ketika perusahaan membagi dana dari laba bisnisnya. Ketika perusahaan secara ekonomi sehat dan mampu mencetak laba, maka laba tersebut yang akan di bagi-bagi kepada pemilik saham sesuai dengan jumlah kepemilikan saham.

Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dalam menentukan suatu perusahaan dalam kondisi sehat secara finansial atau tidak. Hal ini untuk menghindari kerugian bagi investor (pemilik saham).

Pengetahuan inilah yang disebut analisis. Terdapat dua jenis analisis yakni analisis fundamental dan analisis teknikal, yang bisa anda pelajari pada bagian bab lain situs ini.   

Demikian penjelasan tentang apa itu saham !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *