Bisnis  

Apa Itu Bisnis Intelijen ? Definisi dan Toolsnya

Memahami Business Intelligence Sebagai Cara Untuk Dapat Menganalisis Bisnis Anda
Memahami Business Intelligence Sebagai Cara Untuk Dapat Menganalisis Bisnis Anda

Apakah sudah mengetahui apa itu Bisnis Intelijen (Business Intelligence atau disingkat BI) ? Sebenarnya dalam setiap bisnis yang dibangun prinsip ini sudahsering digunakan namun tidak disadari oleh pemilik bisnis itu sendiri.

Padahal BI ini merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari proses mulai dari penyimpanan, konsolidasi, akses data dan lainnya yang intinya membantu dalam analisis data. Dengan melibatkan prinsip BI ini, anda bisa membuat keputusan sampai jangka panjang untuk menentukan arah bisnis anda.

Memang tidak semua pemilik usaha membuat rencana masa depan berdasarkan data, mereka biasanya mengandalkan perkiraan saja. Namun alangkah baiknya jika keputusan dan rencana penting di masa depan didasarkan pada analisa yang mendalam terhadap data.

A. Pengertian Bisnis Intelijen

Dilansir dari beberapa sumber, BI bisa diartikan sebagai langkah dalam memadukan antara analisis data, penggalian data, visualisasi data dalam sebuah metodologi yang tepat. Sehingga menghasilkan informasi yang mudah dipahami dan dibutuhkan dalam keputusan bisnis.

Dengan adanya analisa terhadap basis-basis data yang akurat, nantinya diharapkan informasi yang dihasilkan juga mampu memberikan manfaat. Terutama dalam melakukan perencanaan bisnis selama beberapa tahun kedepan.

Dalam proses mengalisis data, biasanya memanfaatkan teknologi khusus dengan sebuah aplikasi atau software yang memang  dapat menerjemahkan data menjadi visualisasi yang menarik. Sehingga mudah untuk dipahami para pengguna informasi dalam mengambil keputusan.

Keputusan di masa depan meliputi pembuatan rencana perubahan bisnis jika diperlukan. Keputusan untuk efisiensi dengan menekan biaya yang tidak diperlukan, pembuatan promosi baru yang lebih efektif, sistem penyimpanan, laporan keuangan dan sebagainya. Cakupan BI ini sangat luas sehingga butuh bantuan teknologi untuk mengolahnya

Baca juga  Cara Mendirikan Yayasan dan prosedurnya

B. Tools Bisnis Intelijen yang Bisa Digunakan

Diperlukan sebuah software khusus untuk mengolah data mentah menjadi informasi berharga. Berikut beberapa software yang bisa digunakan untuk aktivitas BI dikutip dari Accurate:

1. Tableau

Software ini dapat mengolah data mentah dari berbagai jenis data yang dapat memvisualisasikan data menjadi lebih menarik sehingga lebih mudah dimengerti daripada hanya melihat angka-angka. Menu-menu dalam Tableau juga lengkap mulai dari dashborad, scorecard, pengolahan BI, ad hoc analysis and queries, analitik online dan sebagainya.

2. Splunk

Merupakan aplikasi yang dapat ‘mengunyah’ data dalam sebuah platform. Tujuannya adalah untuk analisis data dan BI yang ditampilkan dalam berbagai visualisasi.

3. Birst

Aplikasi ini memang dibuat untuk dapat mengolah data dalam jumlah yang sangat banyak dengan cara menganalisa, mengeksplorasi dan menampilkan Big Data. Bagi seorang analis akan sangat terbantu oleh kinerja platform ini dalam melihat trend bisnis dan forecasting.

4. Domo

Selain dari empat software tersebut masih ada beberapa software yang bisa dimanfaatkan. Agar keputusan bisnismu berdasarkan data yang emlimpah seperti Qlik, Alterys, Dundas BI, Google Analytic dan sebagainya.

C. Aktivitas Bisnis Intelijen

Dilansir dari beberapa sumber, kegiatan yang tercakup dalam BI adalah segala sesuatu yang hubungannya dengan mengolah data sehingga menghasilkan data komprehensif.

Pertama tentunya aktivitas yang dilakukan adalah pengumpulan data yang bisa berasal dari data penjualan, data karyawan, data pengelolaan aset, data hutang, intinya semua data diperlukan.

Kemudian data-data yang terkumpul itu menjadi sebuah laporan yang disajikan dalam angka-angka. Laporan ini menjadi basis dalam penilaian kinerja perusahaan sesuai bidangnya.

Lalu laporan kinerja dianalisis dalam serangkaian analisis yang mencakup analisis deskriptif, analisis statistik, analisis pemrograman dan sebagainya.

Baca juga  Klik Bisnis BCA (KlikBCA Bisnis) Cara Daftar dan Login

Ending dari semua kegiatan itu adalah tentunya sebuah visualisasi data yang bisa dalam bentuk infografis, tabel, grafik, image atau apapun juga yang dihasilkan dari serangkaian data rumit yang telah diolah tadi.

Visualisasi data ini yang biasanya digunakan untuk keperluan presentasi dan juga keperluan pengambilan keputusan strategis terhadap bisnis untuk beberapa tahun kedepan.

D. Manfaat Business Intelligence

Beberapa manfaat BI yang disimpulkan dari beberapa sumber adalah sebagai berikut:

Manfaat Penggunaan BI, image by Penulis

Info lain: Jenis-jenis Bisnis yang Bisa Anda Kembangkan Dengan Sistem Barang Konsinyasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *