Analisis Kebijakan Pendidikan

Apa Itu Analisis Kebijakan Pendidikan? Simak Informasi Selengkapnya Disini
Apa Itu Analisis Kebijakan Pendidikan? Simak Informasi Selengkapnya Disini

Analisis kebijakan pendidikan- Jika dipahami secara sekilas, istilah “Kebijakan” bisa digunakan sebagai bentuk aturan tertulis yang terbentuk dalam suatu keputusan formal.

Dalam organisasi sendiri, kebijakan sifatnya mengikat dan bisa mengatur perilaku dengan tujuan untuk menciptakan tata nilai baru dalam masyarakat.

Analisis kebijakan pendidikan sendiri akan menjadi sebuah rujukan utama bagi para anggota organisasi untuk bisa berperilaku sesuai dengan kebijakan yang ada. 

Pendidikan menurut John Dewey juga bersifat problem solving dan selalu proaktif sehingga memiliki perbedaan dengan konsep hukum ataupun aturan.

Kebijakan yang nantinya akan dibahas sifatnya lebih adaptif dan interpretatif sehingga diharapkan bisa bersifat umum tanpa menghilangkan ciri lokalnya. Kebijakan harus bisa memberikan peluang agar bisa diinterpretasikan sesuai dengan kondisi yang spesifik.

A. Apa yang Dinamakan Kebijakan Pendidikan

Analisis kebijakan pendidikan merupakan sebuah solusi yang digunakan untuk mengatasi suatu permasalahan yang ada.

Namun dalam perkembangannya, kebijakan atau (policy) sering dianggap sebagai sebuah persepsi dalam berbagai kalangan sama dengan istilah program, politik, peraturan, UU, dan aturan lainnya.

Fokus utama kebijakan yakni sebagai pelayanan publik yang tergolong sebagai seperangkat sistem dalam suatu negara. 

Kebijakan tergolong sebuah konsep yang bisa dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kepemimpinan, pekerjaan, dan cara bertindak dalam pemerintahan suatu negara.

Kebijakan politik tergolong dalam suatu konsep resmi sebagai landasan atau pedoman politik. Namun dalam kehidupan nyata, kebijakan yang ada tidak selamanya bisa menyenangkan dan bisa diterima dengan baik oleh semua orang. 

Dalam kasus ini, kebijakan seringkali terkadang tidak efektif dan tidak cermat untuk merumuskan segala permasalahan yang ada.

Kebijakan bisa digunakan sebagai obat yang tidak manjur bahkan bisa saja mematikan karena salah diagnosa.

Oleh sebab itu, diperlukan tindakan analisis kebijakan yang sesuai agar bisa diterima dengan baik oleh banyak orang. 

B. 3 Hal Penting Dalam Analisis Kebijakan Dunia Pendidikan

Menurut Busthan Abdy, setidaknya ada 4 hal penting yang perlu dipahami untuk memahami suatu konsep dalam analisis kebijakan.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting ini, maka suatu kebijakan bisa berjalan sesuai dengan harapan dan kemungkinan berhasil bisa lebih tinggi. Bagaimana konsep pentingnya? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Analisis Kebijakan Sebagai Bentuk Ilmu Sosial Terapan

    Kebijakan merupakan hasil nyata dari suatu misi ilmu pengetahuan yang terlahir langsung dari misi ilmu pengetahuan. Ilmu tersebut tidak lain lahir dari gerakan profesionalisme dalam ilmu sosial. 

    2. Penggunaan Metode Inquiri

      Dalam analisis kebijakan sebaiknya menggunakan beberapa metode seperti deskriptif, preskriptif, kuantitatif, dan juga kualitatif. Penggunaan metode tergantung isu kebijakan yang sedang difokuskan atau disoroti. 

      3. Bisa Menghasilkan Informasi

        Analisis kebijakan pendidikan bisa membantu mendayagunakan informasi. Analisis sebagai suatu bentuk pengolahan, pengumpulan, dan pendayagunaan data ada. Hal ini bisa menjadi semacam masukan yang berguna bagi para pembuat keputusan. 

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *