5 Hal Yang Perlu Dijadikan Pertimbangan Membuat Kartu Kredit

5 Hal Yang Perlu Dijadikan Pertimbangan Membuat Kartu Kredit
5 Hal Yang Perlu Dijadikan Pertimbangan Membuat Kartu Kredit

Anda mungkin pernah ditawari oleh pihak bank atau mitranya untuk membuat kartu kredit, namun anda masih ragu untuk menerimanya. 5 pertimbangan membuat kartu kredit ini akan menambah referensi anda

Meskipun mungkin anda tergoda untuk mendaftar setiap kartu kredit yang ditawarkan kepada Anda, tapi Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengajukan permohonan kartu kredit.

Lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan kartu kredit yang anda sukai, serta fitur apa saja yang ditawarkan, manfaat, dan biaya yang mungkin ada.

Anda juga harus yakin bahwa Anda siap secara finansial untuk mengambil tanggung jawab dalam memiliki kartu kredit.

Kartu kredit bisa menjadi alat keuangan yang kuat jika ditangani dengan benar. Namun, banyak orang membuat kesalahan dengan kartu kredit mereka seperti pengeluaran yang berlebihan dan berakhir dengan hutang kartu kredit, jadi tanyakan pada diri Anda berikut ini sebelum menandatangani form pengajuan kartu kredit

Mengapa Anda Membutuhkan Kartu Kredit?

Singkatnya, hanya ada satu jawaban yang tepat untuk ini—Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka kartu kredit untuk membangun kredit.

Jika ini masalahnya, Anda perlu memastikan bahwa Anda bertindak secara bertanggung jawab dengan kartu Anda.

Anda harus melunasi saldonya setiap bulan, dan tidak menggunakan kartu kredit Anda untuk hal-hal yang tidak mampu Anda bayar.

Ini berarti Anda tetap berpegang pada anggaran Anda. Ingat, mungkin mudah sekali untuk mendapatkan barang yang anda sukai dengan kartu kredit anda, tetapi pada akhirnya Anda harus membayar uang itu kembali, ditambah bunga.

Baca juga  Cara Menutup Kartu Kredit dengan Benar

1. Lihatlah Suku Bunga

Banyak kartu kredit akan memikat Anda dengan tingkat bunga pengantar, atau APR, sebesar 0%. Meskipun ini menarik, pastikan Anda dapat melunasi saldo Anda selama periode promosi.

Jika tidak, Anda akan dipaksa untuk membayar kartu Anda dengan tingkat bunga baru, yang mungkin akan lebih tinggi. Bahkan bisa melonjak hingga 25% atau lebih.

Bahkan jika kartu menawarkan tingkat promosi, pastikan untuk meneliti tingkat bunga setelah periode promosi berakhir.

Berbelanjalah dan carilah suku bunga terendah yang memenuhi syarat Anda. Ini akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

2. Cari Kartu Tanpa Biaya Tahunan

Ada begitu banyak kartu kredit yang tersedia sehingga Anda tidak perlu membayar biaya tahunan untuk menggunakan kartu kredit Anda.

Banyak kartu mencoba menawarkan cash back atau hadiah lain selama Anda membayar biaya tahunan dengan kartu tersebut.

Tapi jangan tertipu. Ada kartu hadiah yang tidak membebankan biaya tahunan, jadi Anda harus terus mencari.

3. Pertimbangkan Hadiah yang Ditawarkan

Jika Anda akan membayar seluruh saldo pada akhir setiap bulan, Anda harus melihat dengan cermat imbalan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan kartu kredit Anda.

Umumnya, penawaran terbaik ada pada kartu cash back. Kartu-kartu ini mengembalikan persentase pengeluaran Anda kepada Anda.

Anda mungkin dapat menguangkan hadiah ini dengan jumlah yang lebih tinggi pada kartu hadiah.

Kartu hadiah perjalanan adalah pilihan bagus lainnya. Kartu-kartu ini dapat memberi Anda poin atau mil setiap bulan untuk digunakan dalam perjalanan, yang dapat menghemat uang Anda.

4. Lihat Hukumannya

Anda juga harus meneliti dan memahami hukuman atau biaya yang terkait dengan kartu Anda. Misalnya, perusahaan kartu kredit Anda dapat menaikkan suku bunga Anda untuk satu kali keterlambatan pembayaran—dan itu selain biaya keterlambatan. Melebihi saldo kartu Anda juga akan menyebabkan kenaikan suku bunga Anda.

Baca juga  Semua Hal Tentang Kartu Kredit Corporate

5. Batasi Jumlah Kartu yang Anda Miliki

Idealnya, Anda hanya memiliki satu atau dua kartu kredit, termasuk kartu kredit toko. Anda tidak perlu lebih dari ini.

Terlalu mudah untuk menemukan diri Anda benar-benar kewalahan dengan utang jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Praktik paling aman adalah memiliki hanya satu kartu kredit yang Anda lunasi seluruhnya setiap bulan, terutama jika Anda baru mulai menggunakan kartu kredit.

Jika Anda merasa membutuhkan kartu tambahan, pertimbangkan untuk mengambil kartu kredit prabayar yang tidak membebankan biaya bulanan atau kedaluwarsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *