Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak
Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak (Image by Republica from Pixabay )

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak- Perusahaan kartu kredit kadang dianggap jahat oleh sebagian orang ketika mengenakan tagihan besar dan membayar bunga tinggi.

Padahal sebenarnya adalah penggunaan kartu kredit yang tidak bertanggung jawab menjadi penyebab tagihan dan akumulasi bunga kartu kredit menjadi tinggi

Menurut laporan baru-baru ini, sekitar 45% rumah tangga AS memiliki semacam utang kartu kredit, dengan saldo rata-rata $6.270.

Kartu Kredit memiliki manfaat apabila anda mengetahui cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memanfaatkan manfaat tersebut sambil tetap bebas utang.

Penggunaan kartu kredit yang bertanggung jawab membutuhkan disiplin. Sebelum kita bahas lebih lanjut, maka kita pahami bagaimana cara kerja kartu kredit

Cara kerja kartu kredit?

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari kartu kredit.

Uang pada kartu kredit pada dasarnya adalah pinjaman uang muka. Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk transaksi, perusahaan kartu kredit meminjamkan uang kepada Anda di muka.

Dan anda masa tenggang 21-25 hari untuk membayarnya kembali, apabila lewat dari masa tersebut maka dikenakan bunga dari penggunaan uang kartu kredit

Ini sama seperti anda berutang kepada orang lain dengan masa tertentu. Jika Anda melunasi saldo Anda sebelum masa tenggang habis, Anda tidak akan dikenakan bunga.

Masalahnya, kebanyakan orang tidak melunasi saldo mereka dan melewati masa tenggang waktu pembayaran, karenanya mengakibatkan membayar bunga — beginilah cara perusahaan kartu kredit menjalankan bisnisnya.

Jika Anda dapat mengendalikan pengeluaran dan membuat diri Anda bertanggung jawab terhadap anggaran Anda dan disiplin dalam finansial, Anda dapat mempelajari cara menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab.

Keuntungan dari kartu kredit?

Kartu kredit bisa menjadi alat keuangan yang sangat baik jika Anda menggunakannya secara bertanggung jawab. Berikut adalah tiga alasan bagus orang menggunakan kartu kredit:

1. Kartu kredit lebih aman

Kartu kredit lebih aman daripada kartu debit dan tentunya jauh lebih aman daripada uang tunai. Jika kartu kredit Anda dicuri, akun Anda bisa laporkan ke Bank Pengeluar Kartu Kredit untuk pengamanannya

2. Beberapa kartu kredit memiliki hadiah

Banyak perusahaan kartu kredit menawarkan hadiah seperti miles dan cashback untuk pembelian Anda atau poin yang dapat membantu Anda menghemat uang untuk transaksi kedepannya.

Namun, perlu diingat, membawa saldo yang tidak dapat Anda bayarkan secara penuh setiap bulan tidak akan menghasilkan poin apa pun, tidak peduli seberapa menariknya hal itu.

Selain hadiah, Anda mungkin memiliki beberapa fasilitas tambahan untuk menggunakan kartu kredit. Misalnya, asuransi mobil atau kesehatan

Anda hanya perlu memilih fasilitas mana yang paling penting bagi Anda. Mendapatkan kartu dengan fasilitas adalah cara terbaik untuk menggunakan kartu kredit.

3. Membangun dan memelihara kredit Anda

Cara paling cerdas untuk menggunakan kartu kredit adalah dengan menggunakannya untuk membangun skor kredit.

Kreditur dan pemberi pinjaman ingin tahu jenis kewajiban apa yang Anda wakili ketika mereka memberi Anda pinjaman, seperti hipotek.

Mereka akan melihat antara lain riwayat kredit dan skor kredit Anda. Pembayaran kartu kredit bulanan Anda yang lancar dapat membantu.

Anda tidak hanya menjadi peminjam yang lebih menarik jika Anda membayar tagihan tepat waktu, Anda juga bisa mendapatkan suku bunga terbaik, yang pada gilirannya mengurangi jumlah total bunga yang akan Anda bayar kembali atas pinjaman Anda.

5 Tips menggunakan kartu kredit dengan bijak

Berikut cara menggunakan kartu kredit dengan bijak dan bertanggung jawab

1. Bayar saldo Anda secara penuh setiap bulan

Cara terbaik menggunakan kartu kredit adalah menghindari bunga dengan melunasi saldo kartu kredit Anda tepat waktu setiap bulan.

Pastikan Anda mampu membayar pembayaran tagihan sebelum Anda mulai berbelanja kembali secara kredit.

Ini berarti disiplin tentang penggunaan kartu kredit sehingga tidak menyebabkan anda tidak mampu membayar saldo ketika tagihan jatuh tempo.

Jika Anda harus meninggalkan saldo, pastikan di bawah 30% dari total batas kredit Anda. Rasio pemanfaatan kredit Anda, jumlah kredit bergulir yang tersedia yang digunakan, merupakan faktor dari skor kredit FICO Anda.

Melampaui 30% dan skor Anda akan terpengaruh secara negatif. Melunasi saldo setiap bulan adalah cara bijak menggunakan kartu kredit.

2. Jangan lewatkan pembayaran

Apakah Anda memiliki saldo kartu kredit yang besar untuk dibayar? Membayar tepat waktu adalah cara paling cerdas untuk menggunakan kartu kredit.

Melewatkan pembayaran akan mendatangkan malapetaka pada kredit Anda dan bukan pengelolaan keuangan yang baik.

Buatlah rencana pembayaran utang dan bayar sebanyak yang Anda bisa terhadap saldo Anda setiap bulan sampai habis.

Selanjutnya, hentikan penggunaan kartu kredit tersebut sampai Anda melunasi saldo dan dapat mengatur anggaran dan pengeluaran Anda dengan tegas. Tujuannya agar tidak membawa keseimbangan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan transfer saldo untuk memanfaatkan penawaran bunga 0% pengantar dan melunasi hutang Anda lebih cepat. Pastikan saja Anda mampu melunasi saldo sebelum periode berakhir.

Sekali lagi, tidak melewatkan pembayaran dan menghindari penggunaan kartu kredit tambahan adalah cara terbaik untuk menggunakan kartu kredit.

3. Pilih kartu kredit dengan keuntungan

Jika Anda adalah pengguna kredit aktif dan Anda memiliki pegangan yang kuat untuk membayar tagihan Anda secara penuh setiap bulan, pilih kartu dengan manfaat seperti uang cashback atau hadiah mile perjalanan, sesuatu yang benar-benar akan Anda gunakan. Mengumpulkan poin atau miles (dan membayar biaya tahunan) tanpa alasan adalah kontra-intuitif.

Jaringan Anda mungkin juga merupakan sumber yang bagus dan terkadang dapat merujuk Anda untuk penawaran khusus. Memilih kartu dengan hadiah besar adalah cara paling cerdas untuk menggunakan kartu kredit.

4. Gunakan dengan bijak

Tidak overspending adalah cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Menggunakan kartu kredit bukanlah hal yang buruk.

Ini lebih aman daripada uang tunai, nyaman, dan hadiahnya adalah nilai tambah. Namun, jika Anda kesulitan menggunakan kartu kredit dengan cara yang benar, maka tetap gunakan kartu debit Anda.

Yang paling penting adalah mengatur keuangan Anda, apa pun artinya bagi Anda dan dompet keuangan Anda.

Jadi, itu mungkin berarti menghindari penggunaan kartu kredit jika Anda memiliki masalah dengan belanja impulsif. Mengisi dengan sengaja kartu kredit anda adalah cara terbaik untuk menggunakan kartu kredit.

5. Tidak punya banyak kartu kredit

Memiliki jumlah kartu yang terbatas adalah cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Ini akan mengurangi godaan belanja impulsif, dan ini dapat membantu Anda membangun kredit yang baik.

Selain itu, membuka beberapa kartu dalam waktu singkat dapat berdampak negatif pada skor kredit Anda.

Jadi, pilih kartu kredit yang terbaik menurut anda dan tidak membuka terlalu banyak rekening.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak untuk keuntungan finansial Anda

Cara menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab sangat bermanfaat bagi keuangan Anda.

Ini dapat mencegah Anda dari menimbun utang dan bunga, mendapatkan imbalan untuk hal-hal seperti miles perjalanan, dan membantu Anda membangun skor kredit.

Juga, kartu kredit memudahkan dalam pembelian online dan saat bepergian jauh lebih aman daripada menggunakan kartu debit.

Yang perlu anda perhatikan adalah batasi penggunaan kartu kredit anda dengan mempertimbangkan kemampuan anda membayar lunas tagihan bulanannya sehingga kondisi keuangan anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.