Tips Memotret Sunset dan Sunrise, Patut Dicoba!

Tips Memotret Sunset dan Sunrise, Patut Dicoba!
Tips Memotret Sunset dan Sunrise, Patut Dicoba!

Tips Memotret Sunset dan Sunrise– Ada waktu dalam hidup yang berlangsung singkat, di mana Anda harus mengejarnya meskipun Anda dapat mengharapkannya.

Saat itulah hanya terjadi 2 kali sehari. Ini adalah matahari terbit dan terbenam. Mengambil foto saat sahur atau senja terkesan mudah/mudah, namun jika kita ceroboh saat mengambil foto, maka tentu hasil yang didapat kurang maksimal.

Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Tenang! Berikut akan dijelaskan 6 tips memotret sunset dan sunrise yang baik:

1. Lakukan Perencanaan

Meski terkadang gambar matahari terbit dan terbenam bisa diambil secara spontan tanpa berpikir terlalu lama, namun bisa dipastikan yang terbaik selalu dihasilkan dari perencanaan.

Perhatikan tempat-tempat yang baik untuk foto matahari terbenam Anda sehari atau lebih sebelum Anda mengambil foto.

Carilah tempat-tempat menarik di mana Anda tidak hanya dapat melihat jalur matahari memancarkan cahayanya ke bawah,

Tetapi Anda juga dapat menciptakan peluang foto dengan memasukkan elemen close-up dan siluet ke dalam foto matahari terbenam Anda.

Ingat, mengambil foto matahari terbenam memiliki batas waktu. Jadi, pikirkan semuanya sebelumnya atau Anda akan benar-benar kehilangan foto matahari terbenam Anda.

Cari tahu kapan matahari akan terbenam dan cobalah untuk berada di sana setidaknya setengah jam sebelum waktu Anda.

Juga, pertimbangkan juga peralatan yang ingin Anda bawa, seperti tripod, lensa, dan baterai. Perencanaan yang sempurna membuat proses syuting berjalan dengan baik.

Baca juga  Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Beserta Kosakatanya

2. Tips Memotret Sunset dan Sunrise dengan Pakai cahaya rendah

Underexposure adalah teknik yang sangat penting untuk mengambil gambar matahari terbenam.

Cahaya rendah yang dihasilkan oleh matahari terbenam membuat warna cahaya yang dihasilkan terlihat lebih kaya dan lebih rinci.

Selain itu, cahaya rendah yang dihasilkan oleh matahari saat matahari terbenam memberikan aspek yang sangat dramatis ke seluruh area syuting.

Itu sebabnya Anda dapat menggunakan teknik underexposure menggunakan mode manual dan memilih pengaturan kecepatan rana yang cepat, atau Anda dapat mengambil foto menggunakan kompensasi pencahayaan yang tersedia.

Oleh karena itu,  jangan lewatkan setiap saat ketika matahari terbenam.

3. Pilih Terlebih Dahulu Bagian Latar Depan

Latar depan menyediakan ruang yang menarik untuk semua jenis foto, termasuk foto matahari terbenam.

Cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang bagus saat mengambil foto saat matahari terbenam adalah menemukan beberapa objek menarik di latar depan foto Anda. Misalnya, kolam, dermaga dan lain-lain.

Temukan sesuatu yang menarik untuk disandingkan /arm dengan close-up Anda untuk menambahkan hak istimewa ke foto Anda.

Ingat, jadilah fotografer kreatif yang menampilkan keunikan suatu tempat dan suasana dan biarkan penggemar fotografi teralihkan dalam karya yang Anda hasilkan.

4. Jangan letakan garis horizontal di bawah foto matahari

Secara umum, aturan praktis yang baik ketika Anda ingin mengambil foto matahari terbenam adalah menempatkan garis-garis horizontal di bagian bawah foto,

Jika matahari terbenam (foto matahari terbenam) yang muncul pada saat pemotretan terlihat indah / bagus, tetapi jika tidak, maka letakkan garis horizontal di bagian atas foto Anda.

5. Tips Memotret Sunset dan Sunrise dengan Mencoba mengambil gambar siluet

Hanya dengan mempercepat Shutter speed, Anda akan memiliki siluet. Kunci untuk mengambil gambar siluet yang baik adalah menemukan subjek dengan detail yang jelas dan halus yang akan membuat matahari bersinar melalui objek sehingga memiliki bentuk yang dapat dikenali.

Baca juga  10 Manfaat Pasta Gigi Yang Jarang Diketahui

Jika Anda memiliki sesuatu yang lebih besar untuk siluet Anda, maka ambil sedikit lebih jauh dari subjek Anda.

Foto siluet masih menjadi daya tarik untuk dijadikan close-up dalam foto sunset. Karena foto siluet bisa memberikan foto ceritanya sendiri.

Jadi, tidak hanya melihat foto pemandangan langit matahari terbenam, tetapi juga arahkan pengukuran kamera pada cahaya paling terang,

Kemudian arahkan fokus pada objek yang akan digunakan sebagai siluet. Itu bisa menjadi manusia atau segala sesuatu di sekitar Anda.

6. Mencari objek yang memvisualisaikan matahari terbenam

Carilah objek yang mencerminkan warna matahari terbenam. Misalnya, bangunan yang anda berada di belakang anda, kaca depan mobil, air yang tenang dan lain-lain.

Dengan refleksi, Anda dapat menggabungkannya dalam bentuk foto lanskap yang lebih besar atau membuat foto memegang masing-masing.

Jangan biarkan kreativitas Anda dibatasi oleh sinar matahari, tetapi gunakan sinar matahari yang ada untuk membuat gambar yang menakjubkan.

Nah, sebenarnya masih banyak selain 6 tips memotret sunset dan sunrise diatas, tapi yang telah disebutkan adalah bagian terpenting.

Namun ada juga yang tidak boleh anda lupakan saat ingin memotret, yakni peralatan memotret seperti tripod, baterai kamera/hp dan cek lensa anda dulu bagi pengguna kamera. Selamat mencoba.

Info lain: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *