Belajar Di Rumah Selama Pandemi Ala John Dewey

5 Cara Belajar Di Rumah Selama Pandemi Ala John Dewey
5 Cara Belajar Di Rumah Selama Pandemi Ala John Dewey

Belajar di rumah selama pandemi cenderung lebih banyak dilakukan secara mandiri di rumah guna menghindari penularan virus korona.

Banyak anak yang mengeluhkan ini sangat sulit karena tidak tahu sama sekali dengan materi yang diberikan oleh guru lewat jaringan grup medsos atau zoom meeting.

Namun, sebenarnya pelan tapi pasti anak – anak bisa menemukan apa yang menjadi kesulitannya dari pengalaman dan aktivitas pribadi mereka.

Menurut ahli filsafat John Dewey, pendidikan diperoleh dari belajar yang berasal dari pengalaman keseharian mereka. 

Jadi, belajar di rumah selama pandemi tidak harus sebatas membuka buku, bertanya dan melihat soal jawaban saja tetapi dari lingkungan sekitar yang berhubungan dengan materi pelajaran.

Bagaimana cara belajar selama pandemi ala John Dewey?

1. Anak yakin bahwa buku adalah sumber ilmu, pahami berulang 

Saat menemukan materi yang sukar maka sebaiknya anak mulai untuk membuka buku atau pengetahuan yang mendukung pelajaran tersebut.

Baca minimal 3 kali untuk menemukan sebuah pemahaman yang sejati, artinya jika anak telah paham maka dasarnya makin mudah untuk melanjutkan materi lainnya. 

Jika masih belum paham, ulangi membaca hingga 5 kali bahkan lebih. 

2. Coba, korelasikan dengan kehidupan sehari-hari 

Setiap ilmu pasti ada korelasi dengan kehidupan sehari-hari seperti matematika berhubungan dengan jam harian, ipa atau sains berhubungan dengan hal alam dan zat yang dimakan, akuntansi berhubungan dengan sistem jual beli dan ilmu politik berhubungan dengan pemilihan umum kepala negara, birokrasi dan sebagainya.

Baca juga  Now You Know – 20 Januari: Pelarangan Terbit 7 Surat Kabar dan Pelantikan Obama Menjadi Presiden USA

Saat anak mampu mengkorelasikan atau menghubungkan dengan lingkungan sekitar maka dia akan mudah untuk memahami penalaran materinya. 

3. Banyak mencari referensi sumber 

Makin banyak sumber valid untuk dipelajari makin bagus untuk menggali informasinya. Semakin banyak potensi hafal dan pahamnya.

Jika anak malas untuk mencari sumber belajar maka resikonya dia akan sulit untuk memahami setiap materi yang diberikan. 

4. Disiplin dalam belajar

Belajar menurut john dewey harus disiplin agar bisa memenuhi kriteria sikap yang baik. Sikap disiplin belajar bukanlah dari seringnya membuka buku tetapi mengatur waktu terbaik dalam sehari agar ada perkembangan belajar.

Contoh, hari Senin anak setidaknya bisa belajar tentang sub bab 1, kemudian diulang kembali pada hari kedua di jam yang sama. 

5. Buktikan teori dengan praktek

Eksperimen itu penting, sesekali harus dipraktekkan agar anak yakin bahwa teori yang dia pelajari valid. Sehingga, nalar anak bisa berkembang dengan apa yang ada di depannya.  

Pendidikan menurut john dewey adalah mengutamakan dari pengalaman keseharian dan berusaha menjaga disiplin ilmu yang diperoleh.

Hasilnya, anak akan lebih kritis dan mampu menemukan sebuah analisa yang tidak hanya tahu dari teori saja. Praktekkan belajar di rumah selama pandemi di atas yuk, hasilnya akan mudah dan anak tidak menjadi kaku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *