Now You Know (27 November): Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional, Macy’s Thanksgiving Day Parade dan Penganugerahan Nobel Diwasiatkan Oleh Pendirinya

Now You Know (27 November): Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional, Macy’s Thanksgiving Day Parade dan Penganugerahan Nobel Diwasiatkan Oleh Pendirinya
Now You Know (27 November): Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional, Macy’s Thanksgiving Day Parade dan Penganugerahan Nobel Diwasiatkan Oleh Pendirinya

Hari ini tanggal 27 November telah tercatat dalam sejarah beberapa peristiwa penting dan menarik untuk diketahui bersama diantara lain Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional, Macy’s Thanksgiving Day Parade dan juga penganugerahan Nobel mulai ditandatangi oleh pendirinya.

Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional

Aura memang istilah untuk digunakan untuk beberapa kepercayaan yang dipahami sebagai karakter/ciri khas, perasaan atau suasana yang sedang meliputi manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

Namun ada juga yang meyakini bahwa aura itu dikaitkan dengan energi atau kekuatan yang adikodrati dimiliki setiap makhluk hidup.

Peringatan Hari Kesadaran Aura Internasional pada tanggal 27 November ini diperingati untuk menghormati setiap aura yang ada di sekililing manusia, karena semua makhluk hidup diyakini juga mengeluarkan energinya.

Dalam kepercayaan yang dianut agama Hindu maupun Budha, aura ini dapat menghubungkan setiap cakra yang ada dalam tubuh manusia untuk mengeluarkan energinya secara maksimal.

Mulanya adalan Cynthia Sue Larson yang memprakarsai peringatan ini sejak tahun 2002 untuk menghormati apa yang dipercayai oleh umat Hindu dan Budha.

Menariknya studi tentang aura juga sudah puluhan tahun lalu dilakukan yaitu tahun 1902 oleh WE Butler yang menghubungkan aura dengan kondisi fisik manusia melalui bukunya ‘Man Visible and Invisible’.

Dilansir dari beberapa asumber, aura diinterpretasikan dengan warna misalkan warna putih melambangkan kesetiaan dan semangat yang positif. Merah diyakini memiliki kepribadian yang menyala-nyala dan tidak ada takut.

Kuning diinterpretasikan memiliki harga diri dan percaya diri yang tinggi, oranye penuh imajinasi dan emosi, sedangkan hijau tertarik pada alam. Ungu digambarkan kepribadian yang sangat tangguh dan biru sebagai individu yang peduli.

Baca juga  Berikut Cara Melatih Leadership Supaya Tak Hanya Bermodal Posisi

Aura ini sangat diidentikkan dengan meditasi untuk dapat memahami aura apa dalam diri dan perlu latihan yang berulang-ulang kali. Karenanya setiap individu harus bisa bersikap mengucap syukur selalu, menyingkirkan sifat buruk, mengembangkan diri, bermeditasi rutin dan terus melakukan kegiatan dan bersosialisasi dengan orang-orang yang berpikiran positif.

Macy’s Thanksgiving Day Parade

Perayaan ini dirayakan untuk pertama kali berbarengan dengan America’s Thanksgiving Parade di tahun 1924 yang merupakan pawai tertua kedua di America.

Image: Axios

Perbedaan dengan Thanksgiving satunya adalah perayaan ini puncaknya adalah saat perayaan natal dimana Sinterklas didudukkan di singgasana yang telah dibuat sebelumnya dengan apik yang dijuluki sebagai ‘King of the Kiddies’ atau Raja Anak-anak.

Macy sendiri adalah sebuah toko penyedia pernak-pernik anak-anak. Perayaan-perayaan tahun-tahun berikutnya dilakukan dengan penerbangan sejumlah besar balon ke udara, selain dari pertunjukan Sinterklas di singgasana.

Semakin tahun semakin banyak warga yang ikut, menurut Wikipedia di tahun 1930 ada lebih dari 1 juta orang yang turut serta di pawai besar ini.

Menariknya selama Perang Dunia II, perayaan ini sempat terhenti beberapa tahun yang disebabkan karet dan helium untuk balon banyak digunakan bahan perang waktu itu.

Hingga kini parade ini masih dirayakan dengan semakin meriah dan mewah perayaannya yang juga menggandeng banyak perusahaan untuk ikut dalam pawai ini.

Penghargaan Nobel

Alfred nobel, Source: Wikipedia

Penghargaan ini termasuk salah satu yang paling bergengsi karen diberikan tiap tahun kepada mereka yang memberikan sumbangsih besar pada banyak temuan-temuan di bidang sains dan juga pada kemanusiaan terutama perdamaian.

Adalah Alfred Nobel seorang ilmuwan sekaligus pebisnis yang memiliki lebih dari 90 pabrik yang tersebar di Italia, Jerman, Skotlandia, Perancis dan lainnya.

Baca juga  Pulau Tasmania Ditemukan oleh Abel Tasman dan Karya Charles Darwin yang Kontroversial

Semasa hidup Nobel telah banyak melakukan penelitian yang berguna bagi umat manusia dan mengumpulkan sebanyak 355 paten.

Salah satu penemuan terbesarnya adalah dinamit dengan mencampurkan nitrogliserin dengan tanah halus Kieselguhr yang dirubah menjadi pasta dan dimasukkan ke dalam bor. Begitu juga detonator Ia temukan sebagai sumbat peledak.

Alfred meninggal dengan sebuah wasiat yang mengatakan bahwa temuan-temuannya untuk bisa dimanfaatkan dan dberikan sebagai hadiah kepada mereka yang melakukan penemuan di bidang fisika, kimia, filsafat, sasta dan perdamaian.

Surat wasiat ini awalnya ditentang oleh keluarga dan koleganya karena keberatan harta kekayaannya itu untuk dipakai kemanusiaan.

Namun akhirnya disetujui juga setelah mengerti bahwa penganugerahaannya itu untuk kebaikan umat manusia. Pada tahun 1901 diberikanlah penghargaan Nobel kepada para pemenang di bidang-bidang yang disebutkan diatas.

Info lain: Now You Know (26 November): Serangan Teroris Di Mumbai India, Penemuan Makam Tutankhamun Mesir dan Jembatan Kutai Kertanegara Ambruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *