Organisasi Muhammadiyah Berdiri, Kebakaran di Stasiun Bawah Tanah London

Organisasi Muhammadiyah Berdiri, Kebakaran di Stasiun Bawah Tanah London
Organisasi Muhammadiyah Berdiri, Kebakaran di Stasiun Bawah Tanah London

Halo sobat Mibi, ada dua peristiwa menarik disimak untuk memperluas pengetahuan dan wawasan kita pada hari ini tanggal 18 November antara lain pendirian organisasi Muhammadiyah berdiri dan Kebakaran di stasiun bawah tanah yang mengakibatkan 30 orang meninggal.

Organisasi Muhammadiyah Berdiri

Salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu organisasi Muhammadiyah hari ini didirikan 109 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 18 November 1912 oleh seorang tokoh dari Yogyakarta K.H. Ahmad Dahlan.

Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan sebagai respon pribadinya yang melihat pada waktu itu banyak umat muslim yang mengamalkan ajarannya pada hal-hal mistik, sehingga tergerak untuk mengajak kembali kepada ajaran berdasarkan Qur’an dan Hadist, seperti yang dikutip dari Kompas.

Dikutip dari laman Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan mendapatkan banyak pengetahuan ketika beliau mulai belajar pada ulama-ulama yang bermukim di Mekkah seperti Kyai Nawawi dari Banten, Kyai Mas Abdullah dari Surabaya dan juga dari pembaru-pembaru islam waktu itu, sehingga sekembalinya ke tanah air dibawalah ide dan gagasan pembaru tersebut.

Penamaan Muhammadiyah ditujukan sebagai orang-orang yang mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW,  yang tujuannya “…agar supaya dapat menjalani kehidupan dunia sepanjang kemauan agama Islam.

Dengan demikian ajaran Islam yang suci dan benar itu dapat memberi nafas bagi kemajuan umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya” seperti dikutip dari laman Muhammadiyah.

Dari laman Wikipedia dijelaskan bahwa Muhammadiyah juga yang dikenal sebagai Hogere School Moehammadijah dan kemudian berganti nama Kweek School Moehammadijah yang sekarang dikenal dengan nama Madrasah Muallimin Muhammadiyah yang dikhususkan untuk laki-laki.

Baca juga  Gempa Bumi dan Tsunami di Sumatera Bagian Barat, Suriname Merdeka dari Belanda dan Peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Begitu juga dengan didirikannya Madrasah Muallimat Muhammadiyah yang keduanya sekarang masih ada di Yogyakarta dan dibawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pada awalnya memang pengaruh gerakan Muhammadiyah baru hanya dirasakan disekitaran Yogyakarta, Surakarta, Pekalonganyang cabang-cabangnya didirikan tahun 1922.

Namun ketika Abdul Karim Amrullah mulai membawa Muhammadiyah ke Sumatera Barat 1925, gelombang penyebarannya semakin pesat yang tidak hanya di Sumatera namun mulai bergerak ke Sulawesi dan Kalimantan. Organisasi Muhammadiyah tersebar ke seluruh Indonesia pada tahun 1938.

Kebakaran Di Stasiun Bawah Tanah London

Sebuah tragedi kebakaran di stasiun bawah tanah London, King’s Cross pada 18 November 1987 telah menewaskan 31 orang begitu juga dengan beberapa korban luka-luka lainnya.

King’s Cross merupakan salah satu stasiun bawah tanah tersibuk yang melayani para penumpang dengan dua terminal dan beberapa persimpangan.

Dilansir dari beberapa sumber, beberapa orang di dalam stasiun itu mula-mula mencium bau asap dari bawah eskalator, dan melaporkannya kepada petugas, namun responnya tidak cepat untuk ditindak. Sehingga akibatnya pada malam hari terlihat kobaran api yang sudah membesar.

Dengan semakin membesarnya api, otomatis menutup jalur evakuasi yang seharusnya dipakai untuk menyelamatkan diri, dan api sudah sampai ke beberapa titik.

Dikarenakan terjadinya kebakaran dibawah permukaan, maka suhu naik dengan cepat dan membuat banyak orang terjebak, yang kemudian muncul ‘gelombang panas yang mengejutkan’.

Ada dugaan bahwa pemicu api berasal dari puing-puing dan ceceran minyak dibawah eskalator yang tidak dibersihkan. Dengan kebakaran itu, diidentifikasi sebanyak 30 orang meninggal yang merupakan penumpang dan juga seorang pemadam kebakaran, dan sisanya puluhan orang luka-luka.

Untuk memulihkan kembali semua sistem perkeretaapian di stasiun tersebut, pemerintah setempat menggelontorkan dana sebesar $ 465 juta. Pejabat yang bertanggungjawab atas kejadian itu akhirnya resmi mengundurkan diri yaitu Kepala Dinas Transportasi dan Kepala Stasiun Bawah Tanah London.

Baca juga  Bongkar ! Inilah Ilmu Menjadi Kaya Sama Pastinya Seperti Ilmu Eksakta

Atas tragedi ini, tercatat sebagai kebakaran yang terburuk dalam sejarah perkerataapian yang ada di seluruh Inggris, terutama kereta bawah tanah.

Info lain: Now You Know (17 November): Terusan Suez Resmi Dibuka dan Pelantikan Aktor Arnold Schwarzenegger Sebagai Gubernur California

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *