10 Cara Tidur Berkualitas, Penting untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

  • Share
cara tidur berkualitas

Mikaylabinar.com– 10 cara tidur berkualitas untuk memulihkan tubuh menjadi segar. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat serta istirahat yang cukup

Pola dan porsi istirahat juga penting untuk diperhatikan dalam rangka menjaga kesehatan tubuh. Bahkan hal itu juga berpengaruh terhadap kesehatan mental, maka penting untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk bisa tidur dengan nyenyak. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah stress yang meningkat atau kondisi fisik yang terlalu lelah.

Sementara mereka menganggap sulit tidur bukan masalah yang serius. Padahal faktanya, sulit tidur nyenyak sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental dan tubuh.

Maka dari itu, perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Hindari Kafein Sebelum Waktu Tidur

Kafein dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin sehingga membuat mata bisa terjaga lebih lama. Zat pengontrol tidur dalam otak akan terblokir oleh kafein.

Karena alasan itulah, banyak orang percaya bahwa mengonsumsi minuman mengandung kafein akan membuat sulit tertidur. Sudah seharusnya tips ini menjadi perhatian dalam cara tidur berkualitas dan menghindari insomnia.

Pakai Perlengkapan Tidur yang Nyaman

Selain menghindari makanan atau minuman yang menyebabkan sulit tidur, perhatikan juga perlengkapan yang digunakan.

Usahakan memakai benda-benda penunjang istirahat yang menghadirkan kenyamanan. Mulai dari pakaian tidur, pilih bahan yang menyerap keringat dan bertekstur lembut.

Untuk alas tidur, gunakan kasur yang empuk dengan sprei halus serta bantal dan guling yang nyaman.

Hindari Cahaya Berlebihan

Menggunakan ruangan dengan minim cahaya bisa menjadi cara tidur berkualitas. Selain tidak baik bagi kesehatan saat tidur, cahaya yang berlebihan juga akan menyulitkan usaha untuk segera tidur nyenyak.

Jika tidak bisa benar-benar tanpa cahaya, setidaknya gunakan lampu tidur dengan cahaya temaram. Tempatkan lampu tidur pada posisi yang tidak langsung mengenai mata, agar lebih mudah fokus untuk tidur nyenyak.

Ciptakan Suhu Ruangan yang Sesuai

Kesulitan untuk tidur juga bisa dipengaruhi oleh suhu ruangan, baik yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Ketika suhu di luar ruangan sangat panas, maka bisa menggunakan pendingin udara di dalam ruangan.

Atur suhu yang bisa terasa nyaman pada tubuh. Ketika suhu di luar terlampau dingin, gunakan juga penghangat ruangan.

Pastikan Kondisi Tenang

Suasana sekitar sangat menentukan kualitas tidur. Kebanyakan orang akan sulit tidur saat suasana sekitar sedang sangat ramai atau bising.

Oleh karena itu, cara tidur berkualitas adalah dengan memilih tempat yang tenang. Saat merancang kamar tidur di dalam rumah, tidak ada salahnya memilih ruang yang paling jauh dari pintu utama agar tidak sering mendengar kebisingan.

Kurangi Porsi Tidur Siang

Sulit tidur di malam hari bisa juga disebabkan terlalu banyak tidur di siang hari. Tidur saat siang memang bagus untuk kesehatan, tetapi tidak boleh dilakukan terlalu lama.

Tidur siang yang bagus hanya cukup selama kurang lebih satu jam di sela waktu istirahat. Menjaga waktu tidur siang yang cukup akan mencegah insomnia di waktu malam.

Hindari Makan Berat Menjelang Tidur

Selain kafein dan alkohol, makanan berat harus sangat dihindari menjelang waktu tidur malam. Saat makan makanan berat dan perut kenyang, memang orang akan lebih mudah mengantuk dan cepat tertidur.

Tapi tidur yang dilakukan tidak berkualitas lantaran makanan berat yang dikonsumsi akan memperlambat kerja organ pencernaan saat malam. Akibatnya ketika bangun tidur di pagi hari, seseorang justru akan terasa letih.

Hindari Aktivitas Berat di Malam Hari

Tidak hanya makanan berat, aktivitas berat pun perlu dihindari saat malam. Anggapan bahwa semakin lelah tubuh seseorang maka semakin nyenyak tidurnya ternyata tidak benar.

Justru menguras energi hingga teramat lelah akan menggagalkan cara tidur berkualitas. Terlebih bagi yang belum terbiasa melakukan aktivitas fisik yang berat, malah akan merasakan kelelahan yang berlebihan saat bangun di pagi hari.

Berlatih Relaksasi dan Pernapasan

Daripada melakukan aktivitas berat, sebaiknya waktu menjelang tidur diisi dengan latihan relaksasi dan pernapasan.

Latihan ini terbukti membuat emosi lebih stabil dan kecemasan berkurang sehingga tubuh lebih siap untuk beristirahat.

Mulailah dengan berbaring dengan rileks dan lemaskan otot badan. Fokuslah pada pengaturan napas perut dan embuskan secara perlahan.

Rutinkan Kebiasaan Tidur di Jam yang Tepat

Mendapatkan tidur yang berkualitas juga harus disertai dengan konsistensi. Artinya bahwa tidur nyenyak harus menjadi rutinitas setiap hari.

Hindari begadang untuk apapun alasannya karena itu bisa jadi awal mula sulit tidur di hari berikutnya. Terapkan waktu tidur yang konsisten di malam hari dan begitu juga waktu bangun.

Dalam menerapkan cara tidur berkualitas, perhatikan pula apa yang menjadi masalah sehingga sulit tidur atau insomnia. Saat sudah menemukan masalahnya, solusi bisa dilakukan sambil melakukan tips berguna lainnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *