Ini Gaya Hidup Sehat yang Harus Digalakkan saat Pandemi

  • Share
gaya hidup sehat selama pandemi

Mikaylabinar.com– Gaya hidup sehat selama pandemi. Kehadiran Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia, hal ini telah mengubah rutinitas seluruh lapisan masyarakat.

Jika sebelumnya bisa beraktivitas dengan bebas di luar rumah, saat ini sebaliknya.

Anda harus rela lebih banyak berada di rumah untuk meminimalisir risiko tertular wabah Corona.

Namun, godaan saat terisolasi di rumah dan mudahnya dalam memesan berbagai jenis barang secara online menciptakan godaan tersendiri.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Anda bisa dengan mudah memesan layanan antar untuk berbagai jenis makanan secara online. Mulai dari camilan, junk food, hingga makanan instan dan masakan yang berkualitas rendah.

Kebiasaan baru yang muncul saat pandemi ini hanya demi memuaskan rasa penasaran dengan makanan yang ditawarkan secara online.

Padahal, sudah jelas jika jenis makanan tersebut bukan merupakan makanan yang menyehatkan. Ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas fisik setiap harinya membuat Anda mudah terkena obesitas.

Gaya dan Pola Hidup Sehat

Pada masa pandemi seperti saat ini, penting bagi semua orang untuk menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap fit. Jika tidak, ada kemungkinan Anda akan mudah terserang berbagai penyakit mulai dari yang sepele hingga yang berat.

Untuk itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih memperhatikan kesehatan menjadi faktor utama yang harus digalakkan.

Beberapa gaya hidup sehat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Jaga Asupan Makanan

Gaya hidup yang harus selalu dijaga adalah memperhatikan asupan makanan. Sebenarnya, hal ini tidak hanya dilakukan pada masa pandemi saja.

Saat keadaan sudah normal kembali pun, asupan makanan tetap harus mengikut pola hidup yang sehat.

Namun, di masa pandemi seperti sekarang, banyak yang kurang disiplin dan mengatasnamakan makanan sebagai penghilang stres.

Sedangkan menjaga kesehatan sangat penting agar terhindar dari serangan berbagai macam penyakit, termasuk virus Corona.

Makanan yang perlu dikonsumsi diantaranya sayuran hijau tua, kacang-kacangan, buah-buahan segar, dan berbagai makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral serta hindari terlalu sering konsumsi daging.

Tambahkan Nutrisi Pilihan

Selain sayur dan buah segar serta kacang-kacangan, gaya hidup sehat yang harus selalu dijaga adalah menambah asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi susu atau produk olahan susu secara rutin.

Namun, tetap usahakan untuk memilih yang rendah lemak, mengandung kalsium, dan protein serta tanpa disertai dengan gula tambahan. Bila perlu, tambahkan pula dengan konsumsi suplemen yang sarat akan kandungan vitamin.

Aktif Bergerak

Berada terlalu lama di dalam ruangan membuat Anda malas untuk bergerak. Apalagi jika aktivitas sehari-hari mengharuskan Anda duduk dalam waktu yang lama.

Jika tidak aktif bergerak, Anda akan mudah terserang obesitas dan juga nyeri di beberapa bagian tubuh seperti, sakit pinggang, nyeri otot, dan sebagainya.

Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk sekadar menggerakkan anggota tubuh dengan olahraga ringan. Contohnya, aerobik, jumping-jack, push up, sit up, lari di tempat, dan beberapa latihan fisik lainnya.

Baca juga: Mengenal bidang orang kaya

Selain itu, Anda pun bisa berolahraga di luar ruangan dengan aman asalkan menghindari keramaian. Misalnya, bersepeda, jalan santai, atau jogging.

Namun, pastikan untuk segera membersihkan diri setelah berada di luar rumah untuk meminimalisir penularan virus Covid-19.

Tidur yang Cukup

Gaya hidup sehat berikutnya yang harus selalu diingat adalah beristirahat dengan cukup, misalnya tidur. Dengan memenuhi kebutuhan waktu istirahat tubuh, Anda akan merasa bugar kembali pada saat bangun tidur.

Kategori “tidur yang cukup” ini memang bervariasi, tergantung dari kondisi masing-masing individu. Namun sebagai gambaran, untuk orang dewasa dengan rentang usia antara 18-60 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 6-7 jam per malam.

Mematuhi Protokol Kesehatan

Walau dalam masa pandemi, masih banyak warga yang harus bekerja di luar rumah. Agar tidak tertular virus Corona, gaya hidup yang harus selalu diingat adalah mematuhi protokol kesehatan.

Caranya adalah dengan selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Selain itu, jangan lupa untuk membawa hand sanitizer dan desinfektan instan

Bawa Peralatan Makan Pribadi

Sebelum wabah Corona melanda, Anda dan sebagian besar masyarakat bisa dengan bebas mengkonsumsi makanan. Namun saat ini, ada standar kebersihan yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat untuk makan.

Sebaiknya, biasakan untuk membawa peralatan makan pribadi kemanapun Anda pergi. Selain kebersihannya lebih terjaga, dengan cara ini Anda juga terhindar dari resiko terpapar Covid-19.

Disamping itu, biasakan pula untuk membawa tumbler berisi air putih agar terhindar dari dehidrasi sekaligus menghemat sehingga tidak perlu lagi beli air minum kemasan.

Quality Time

Untuk memelihara kesehatan secara menyeluruh, Anda bisa melakukan aktivitas positif bersama keluarga. Misalnya, relaksasi, meditasi, latihan yoga, perawatan diri, atau bercengkrama bersama keluarga.

Memiliki sikap positif dan optimis bisa jadi motivasi terbaik saat pandemi. Dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti di atas, Anda akan tetap sehat dan bugar serta meminimalisir dari terkena paparan virus Covid-19.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *