Zcash Coin Adalah Kripto dengan Opsi Privasi

Zcash adalah mata uang kripto dengan opsi pilihan privat dan transparan
Mengenal Zcash (ZEC) Mata Uang Kripto Dengan Opsi Privasi

Salah satu cryptocurrency yang menawarkan kerahasiaan penggunanya selain Dash coin (DASH) dan lebih privasi adalah Zcash (ZEC). Zcash coin adalah uang digital menggunakan kriptografi dengan menawarkan pilihan anonimitas kepada pengguna saat bertransaksi.

Sebelum Zcash, cryptocurrency sebagian besar dirancang untuk menjadi “nama samaran” seperti Bitcoin (BTC). Yang berarti data tentang jumlah pengguna yang ditukar, alamat tempat mereka mengirim dana dan alamat tempat mereka menerima dana selalu dicatat di blockchain untuk dilihat semua orang.

Jadi, meskipun Anda mungkin mendengar orang memuji cryptocurrency untuk privasi, ini tidak terjadi secara default. Data dapat (dan terkadang) ditautkan kembali ke individu yang melakukan transaksi, baik oleh perusahaan, pemerintah, atau pelaku kejahatan.

Zcash Diluncurkan pada tahun 2016 dengan menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi. Dan dirancang untuk mengenkripsi transaksi dan alamat data yang disimpan di blockchain-nya sehingga membuatnya lebih privasi.

Namun demikian, Zcash menyediakan pilihan bagi penggunanya untuk memilih tingkat anonimitas yang mereka inginkan dalam dua jenis alamat: alamat transparan (yang muncul di blockchain) dan alamat terlindung (yang tidak).

Pengguna juga dapat mengirim transaksi dalam dua jenis alamat untuk privasi tambahan.

Bagaimana cara kerja Zcash?

Alamat Zcash dibagi dalam dua pilihan yakni bersifat privat (z-addresses) atau transparan (t-addresses). Di antara kedua jenis alamat ini, ada empat jenis transaksi.

Transaksi secara privat muncul di blockchain publik, sehingga diketahui telah terjadi dan biaya telah dibayarkan.

Tetapi alamat, jumlah transaksi, dan kolom memo semuanya dienkripsi dan tidak terlihat oleh publik. Jenis enkripsi ini hanya dimungkinkan melalui penggunaan bukti tanpa pengetahuan.

Baca juga  Ada 5 Alasan Orang Berbisnis, Simak Ini Sebelum Memulai Bisnis

Pemilik alamat dapat memilih untuk mengungkapkan z-address dan detail transaksi dengan pihak ketiga yang tepercaya melalui penggunaan kunci tampilan dan pengungkapan pembayaran.

Transaksi secara transparan bekerja seperti Bitcoin: Pengirim, penerima, dan nilai transaksi dapat dilihat oleh publik.

Sementara banyak dompet dan bursa secara eksklusif menggunakan t-addresses hari ini. Banyak yang pindah ke alamat terlindung untuk lebih melindungi privasi pengguna.

Kedua jenis alamat Zcash dapat dioperasikan. Dana dapat ditransfer antara z-address dan t-address. Namun, penting bagi pengguna untuk memahami implikasi privasi dari melindungi atau menghilangkan informasi melalui transaksi ini.

Zcash beroperasi mirip seperti cryptocurrency lainnya yang dilengkapi dengan tambahan fitur privasinya.

Transaksi Zcash baik yang terlindung dan tidak terlindung (transparan) diverifikasi oleh node dan dicatat di blockchain.

Blok ditambahkan oleh jaringan komputer terbuka menggunakan algoritma yang disebut Equihash. Yang menghitung jumlah RAM yang dicurahkan penambang untuk mengamankan blockchain.

Desain ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak dari peralatan pertambangan khusus, dan memungkinkan komputer yang lebih kecil dapat bersaing lebih baik untuk mendapatkan hadiah.

Ciri khas lain dari Zcash yakni cryptocurrency-nya dapat diatur untuk didistribusikan.

Selama empat tahun pertama operasi blockchain, 80% dari hadiah bloknya diprogram untuk diberikan kepada para penambang. Dengan 20% dialokasikan untuk Perusahaan Koin Listrik, Yayasan Zcash serta beberapa karyawan dan pemangku kepentingan utama mereka.

Siapa yang menciptakan Zcash?

Mengutip situs Kraken, Sejarah Zcash bermula tahun 2013 dengan munculnya publikasi white paper Zerocoin  yang ditulis oleh profesor Matthew Green dan Eli Ben-Sasson

Penulis percaya bahwa desain Bitcoin membahayakan privasi pengguna, dan sebagai tanggapan, mereka menawarkan solusi baru.

Namun, proyek itu memiliki keterbatasan. Pertama, Zerocoin dirancang untuk Bitcoin, yang akan memerlukan sejumlah perubahan kompleks pada blockchain-nya.

Baca juga  Fungsi dan Manfaat Pasar Modal bagi Emiten dan Investor

Pekerjaan ini kemudian dikembangkan oleh kriptografer Zooko Wilcox pada tahun 2015 ketika ia mendirikan sebuah startup untuk mengeksplorasi bagaimana ide-ide di balik Zerocoin dapat digunakan untuk membuat cryptocurrency baru.

Kemudian lahirlah Zcash yang diumumkan pada tahun 2016 dan dirilis ke publik pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Mengapa ZEC memiliki nilai?

ZEC memiliki kode dari modifikasi Bitcoin sehingga menjadikannya sebagai uang digital layaknya Bitcoin.

ZEC di program dalam jumlah terbatas yakni 21 juta ZEC dan untuk mendapatkannya para penambang harus memecahkan teka-teki kode program dan menambahkan blok ke blockchain Zcash

Fitur privasi menjadikannya daya tarik bagi para investor karena menganggap kripto yang menawarkan privasi sebagai bagian dari kelas aset crypto yang lebih besar. Dan karenanya mengalokasikan sebagian dari portofolio mereka untuk peluang ini

Tesisnya adalah, ketika pasar cryptocurrency tumbuh, lebih banyak pengguna dan aplikasi akan mengintegrasikan atau mencari alternatif seperti blockchain Zcash yang memberikan privasi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *