Mengenal Mata Uang Kripto Dash Coin (DASH)

Mengenal Mata Uang Kripto Dash Coin (DASH)
Mengenal Mata Uang Kripto Dash Coin (DASH)

Mata uang kripto Dash coin adalah termasuk di antara sekelompok proyek awal untuk menyalin dan memodifikasi kode Bitcoin dalam upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Dash mengembangkan teknologinya secara signifikan setelah peluncurannya di tahun 2014, menambahkan fitur-fitur baru dengan maksud untuk membuat transaksi bekerja lebih seperti pembayaran online tradisional.

InstantSend, misalnya, memungkinkan pengguna untuk mentransfer DASH tanpa menunggu transaksi dikonfirmasi di blockchain Dash.

Sebagai gantinya, pengguna dapat mengirim cryptocurrency ke node khusus (disebut Masternodes) yang akan mengunci dana sebelum merekamnya di blok yang akan datang.

PrivateSend, fitur lain dari Dash, memungkinkan pengguna untuk mengirim transaksi menggunakan layanan privat. Pengguna dapat mengirim DASH mereka ke Masternodes dengan mengaburkan jejak transaksi asli.

Saat ini, Dash bahkan sebagian dijalankan melalui serangkaian kontrak pada blockchain-nya yang membantu mengelola pengembangan, pemasaran, dan infrastruktur perangkat lunak.

Siapa yang menciptakan Dash?

Dash coin adalah uang kripto yang pada awalnya dinamakan Darkcoin dan dibuat oleh pengembang Evan Duffield pada Januari 2014.

Darkcoin, nama yang menonjolkan fitur privasi dan anonimitasnya, Duffield mengganti nama Darkcoin menjadi Dash, yang merupakan singkatan dari uang digital, pada tahun 2015.

Bagaimana cara kerja Dash?

Bagi mereka yang akrab dengan cryptocurrency proof-of-work (seperti Bitcoin atau Litecoin), tingkat pertama dari blockchain Dash beroperasi dengan cara yang hampir sama.

Lapisan ini didukung oleh penambang yang bersaing untuk membuat blok baru dan mengamankan blockchain.

Penambang mempertahankan riwayat transaksi blockchain Dash, sekaligus mencegah pengeluaran ganda.

Perbedaan antara Dash dan Bitcoin adalah bahwa ia memiliki waktu blok rata-rata 2,5 menit (dibandingkan dengan 10 menit) dan penambang hanya menerima 45% dari DASH yang dicetak di setiap blok (berlawanan dengan 100% pada Bitcoin).

Baca juga  Crypto Ethereum Adalah Lebih dari Sekedar Cryptocurrency

Jaringan MasterNode

Lapisan kedua dari blockchain Dash berisi sebagian besar inovasi utamanya, karena dioperasikan oleh node khusus, yang disebut Masternodes. Setiap node dapat menjadi Masternode selama memiliki 1.000 DASH.

Masternodes memiliki fungsi:

  • Memfasilitasi transaksi pribadi dan instan
  • Tolak blok yang terbentuk secara tidak benar dari penambang
  • Simpan salinan lengkap dari buku besar blockchain
  • Terima 45% dari hadiah blok
  • Beri suara tentang cara mengalokasikan sisa 10% dari hadiah blok

Siapapun memiliki kemampuan untuk mengusulkan fitur baru atau perubahan ke jaringan Dash, namun, keputusan akhir dibuat dengan pemungutan suara di antara Masternodes.

Jika jumlah suara ‘Ya’ melebihi jumlah suara ‘tidak’ lebih dari 10% dari jumlah total suara Masternode, maka fitur baru akan diterapkan.

10% terakhir dari hadiah blok dialokasikan ke sistem hibah, yang disebut perbendaharaan Dash. Dana ini disisihkan oleh DAO untuk mendanai proposal yang dipilih oleh Masternodes.

Mengapa Dash memiliki nilai?

Dash berbagi banyak karakteristik yang memberikan nilai mata uang kripto, termasuk daya tahan, portabilitas, dan kelangkaan.

Mirip dengan komoditas seperti emas, perak, dan Bitcoin, Dash memiliki persediaan yang terbatas. Hanya akan ada 18,9 juta DASH yang diperkenalkan ke ekonomi jaringan.

Dash diperkirakan akan mencapai pasokan maksimum pada tahun 2300. Segala bentuk uang tunai harus cukup tahan lama untuk digunakan secara universal.

Dash sepenuhnya digital – membuatnya pada dasarnya abadi kecuali kunci pribadi Anda hilang atau dicuri. Meski begitu, DASH ini akan selamanya berada di blockchain yang tidak dapat diakses atau dihabiskan.

Dash juga portabel, seperti halnya cryptocurrency lainnya, Anda dapat membawa DASH Anda di flash drive atau mentransfernya langsung melalui internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *